PENEMUAN BURUNG LANGKA DI SULAWESI DI TELITI OLEH PARA AHLI DUNIA

Penemuan Burung Langka Di Sulawesi Di Teliti Oleh Para Ahli Dunia


Penemuan, Burung, Langka, Di, Sulawesi, Di, Teliti, Oleh, Para, Ahli, Dunia

Sejak 15 tahun yang lalu penduduk desa di Sulawesi, Indonesia melihat keberadaan burung langka ini. Mereka melaporkan bahwa spesies burung ini tidak pernah dilihat sebelumnya. Burung yang memiliki ekor pendek dengan paruh yang sangat kuat serta bersayap pendek dari rata-rata lebar sayap pada umumnya.

Sejak tahun 1997 para peneliti belum mampu mengindenfikasi jenis burung ini dikarenakan keberadaannya sangat sulit di temui. Hingga pada tahun 2012 para peneliti berhasil menemukan dua spesies burung ini di Sulawesi Tengah untuk mengindensifikasikannya bahwa burung ini masuk dalam spesies baru burung-Gray Streaked Flycatcher Muscicapa griseisticta). 

"Burung ini memiliki suara yang keras jika di bandingkan dengan spesies burung di Asia pada umumnya", jelas peneliti Pam Rasmussen Assisten ilmu pengetahuan binatang menyusui dan burung Universitas Michigan. "Kami beruntung dapat membuat rekaman burung ini berkicau pertama kali". Walaupun spesies ini belum punah tapi dikhawatirkan akan cepat punah karena diburu.

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut disimpulkan bahwa spsies burung ini sangat mirip denagn spesies flycatcher coklat Asia (M. dauurica siamensis) dan dengan demikian para peneliti menamakan spesies burung ini Navjot Sodhi untuk menghormati ahli burung terkenal dari National University of Singapore 

Sumber: dumb-out.net   


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook