BAHAYA KECANDUAN HANDPHONE BUAT KESEHATAN

Bahaya Kecanduan Handphone Buat Kesehatan


Bahaya, Kecanduan, Handphone, Buat, Kesehatan

Telephone Selurar (Ponsel) atau Handphone (Hp) atau perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan yang sama dengan telephone konvensial saluran tetap, namun dapat dibawa kemana-mana (portable atau mobile).

Dewasa ini banyak kalangan remaja atau orang dewasa memiliki kecenderungan memiliki lebih dari satu alat yang satu ini. Selain sebagai alat komunikasi handphone juga banyak digunakan untuk bermain games dan browsing di internet. Sehingga banyak pengguna menjadi kecanduan dan tidak ingin jauh-jauh dari alat yang satu ini.

Kecanduan menggunakan handphone banyak sekali sebutannya. Ada yang menyebutnya Gadget Freak atau ada juga yang bilang Generasi Menunduk

Memang kehadiran smartphone wirh dumb battery ini sangatlah membantu. Namun jika keberadaanya sudah sangat merubah nilai kebersamaan dimana dunia hanya berada dipikiran saja maka sudah saatnya anda mengerti bahwa ada hal yang lebih penting untuk di kerjakan selain menunggu balasan message atau notifikasi dari berbagai social media yang anda punya.

Apakah Anda Nomophobia?

Nomophobia adalah jenis phobia yang ditandai ketakutan berlebihan jika seseorang kehilangan ponselnya. Orang yang mengidap nomophobia selalu hidup dalam kekhawatiran dan selalu was-was dalam meletakan ponselnya. Sehingga selalu membawanya kemanapun dia pergi. Penderita nomophobia bahkan dapat memeriksa ponselnya hingga 34 kali sehari dan sering membawanya bahkan ke toilet sekalipun. Ketakutan tersebut termasuk dalam kehabisan battery, melewatkan telephone atau sms dan melewatkan informasi penting dalam jejaring sosial.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh SecurEnvoy menemukan bahwa 66% dari pengguna ponsel memiliki nomophobia. Tetapi tingkat nomophobia tersebut berbeda-beda pada masing-masing orang. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa 77% kaum wanita lebih waspada dalam menyimpan handphonenya dibandingkan dengan pria yang hanya 66% saja. Sementara itu pria lebih memungkinan memiliki lebih dari satu ponsel dibandingkan dengan wanitanya.

Untuk mengetahui apakah kamu penderita nomophobia perhatikan tanda-tanda berikut ini:
  • Ketidakmampuan mematikan ponsel
  • Obsesif memeriksa panggilan, email, sms dan dari jejaring sosial
  • Terus menerus mengisi battery karena takut kehabisan
  • Membawa ponsel kemanapun pergi bahkan hingga ke kamar mandi    

Bahaya, Kecanduan, Handphone, Buat, Kesehatan

   

Bahaya, Kecanduan, Handphone, Buat, Kesehatan


Mungkin banyak dari sahabat yang mengalami hal-hal yang mmbuat kita seperti orang tolol karena sebuah handphone yang membuat anda bertanya-tanya seperti inikah dunia kita sekarang?

Berikut ini sebuah video dari youtube yang sangat menyentuh tentang penyandu handphone yang dibuat oleh Garry Turk dan membuat kita mengerti akan kesalahan dan penyakit nomophobia mereka. Silahkan diambil hikmahnya.


Seperti kata Albert Einstein "I Fear the day technology will surpass our human interaction the world will have generation of idiots". Angkat kepala anda dan lihat siapa yang sedang bicara dengan anda. Letakan sementara gadget anda dan lakukan lebih banyak hal diluar sana temukan orang baru yang bisa ajak berinteraksi sesungguh-sungguhnya di dunia nyata bukan dari layar ponsel. Semoga bermanfaat


Sumber: anehdunia.com
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook