7 PENEMUAN TEKNOLOGI YANG MERUBAH KEHIDUPAN DUNIA MODERN


Dibawah ini saya ingin informasikan 7 Penemuan Teknologi Yang Merubah Kehidupan Dunia Modern. Penemuan-penemuan ini juga merupakan dasar-dasar bagi para ilmuwan lainnya untuk menciptkan hal-hal yang baru. Yang manfaatnya sudah kita rasakan sekarang ini, dan sebagian penemuan ini merupakan kebutuhan primer saya dan juga anda.
1.Penemu Komputer

7, Penemuan, Teknologi, Yang, Merubah, Kehidupan, Dunia, Modern

Dia adalah Charles Babbage yang lahir 26 Desember 1792 adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan. Charles Babbage meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun, meninggalkan anak ; Benjamin Herschel Babbage (1815), Charles Whitmore Babbage (1817), Georgiana Whitmore Babbage (1818), Edward Stewart Babbage (1819), Francis Moore Babbage (1821), Dugald Bromheald Babbage (1823), Henry Prevost Babbage (1824), Alexander Forbes Babbage (1827), Timothy grant Babbage (1829). 

2. Penemu Internet

7, Penemuan, Teknologi, Yang, Merubah, Kehidupan, Dunia, Modern

Leonard Kleinrock (lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 13 Juni 1934 adalah seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai Bapak Internet. Seorang profesor ilmu komputer di UCLA Henry Samueli Sekolah Teknik dan Sains, ia membuat kontribusi penting beberapa bidang jaringan komputer, khususnya untuk sisi teoritis jaringan computer.

Ia dikenal karena kontribusinya dalam dunia jaringan. Karyanya yang paling terkenal dan signifikan adalah teori pertukaran paket melalui makalahnya pada tahun 1959 dan pada tahun 1961 tentang pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi. 

Pada tanggal 29 Oktober 1969 ia menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern yaitu Internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Leonard Kleinrockpun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital, dan membantu membangun ARPANET.

3. Penemu Robot

7, Penemuan, Teknologi, Yang, Merubah, Kehidupan, Dunia, Modern
  
Al Jazari (1136-1206) menciptakan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang akhirnya diketahui sebagai mesin robot. Al Jazari adalah seorang tokoh besar dalam bagian mekanik dan industri di abad ke-12. Lahir dari Al Jazira, yang berada diantara sisi utara Irak dan timur laut Syiria, tepatnya antara Sungai Tigris dan Efrat. Al-Jazari adalah pakar teknik yang luar biasa di masanya.

Identitas detailnya ialah Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari beliau tinggal di Diyar Bakir, Turki, selama abad kedua belas. Al-Jazari memperoleh julukan selaku Bapak Modern Engineering berkat temuan-temuannya yang beragam mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern masa kini, diantaranya combustion engine, crankshaft, suction pump, programmable automation, dan lainnya.

Beliau merupakan penyusun / penyusun Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pendidikan Ilmu Mekanik) tahun 1206. Beliau mendokumentasikan lebih dari 50 karya temuannya, komplit dengan rincian gambar-gambarnya, Bukunya ini berisi masalah teori serta praktik mekanik. Karyanya tersebut paling beda dengan karya ilmuwan yang lain, dikarenakan dengan piawainya Al-Jazari membeberkan secara details perihal yang terhubung dengan mekanika. Dan ialah kontribusi yang paling bernilai dalam sejarah teknik.

Donald Routledge di dalam bukunya Studies in Medieval Islamic Technology, mengatakan bahwa sampai zaman modern ini, tidak satupun dari sebuah kebudayaan yang mampu menandingi detailnya instruksi buat merancang, memproduksi serta menyusun beragam mesin seperti yang disusun oleh Al-Jazari.

4. Penemu Handphone

7, Penemuan, Teknologi, Yang, Merubah, Kehidupan, Dunia, Modern

Martin Cooper sang penemu telepon genggam ini sendiri tidak membayangkan bahwa telepon selular bisa sekecil sekarang ini sehingga dapat dibawa kemana saja sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan di zaman nirkabel sekarang ini. Martin Marty Cooper (lahir 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, USA) yang merupakan pemimpin tim insinyur dari Motorola yang mengembangkan perangkat genggam ponsel yang berbeda dari telepon mobil (Car Phone). Cooper adalah CEO dan pendiri ArrayComm, sebuah perusahaan yang bekerja dalam penelitian teknologi Smart Antena dan mengembangkan jaringan nirkabel, dan merupakan direktur Penelitian dan Pengembangan Motorola.

5. Penemu Remote Control

7, Penemuan, Teknologi, Yang, Merubah, Kehidupan, Dunia, Modern

Nikola Tesla (lahir di Smiljan, Kroasia, 10 Juli 1856 – meninggal di New York City, 7 Januari 1943 pada umur 86 tahun) adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Amerika Serikat.

Tesla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang teknisi terbesar dalam akhir abad ke-19 dan abad ke-20. Tesla merupakan seorang perintis elektromekanik, tanpa kabel, dan daya listrik. Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1891 selagi bekerja di negara tersebut.

Paten Tesla dan kerja teorinya merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik (bahasa Inggris: Alternating Current, AC) modern termasuk distribusi daya polyphase, dan motor AC, yang ia umumkan pada Revolusi Industri Kedua. Setelah pendemonstrasian komunikasi tanpa kabel pada 1893 dan memenangkan "Perang Arus", Tesla dianggap sebagai salah satu teknisi listrik AS terhebat.

6. Penemuan Jalan Aspal

Sejarah penggunaan aspal untuk pembuatan jalan di abad modern dapat ditelusur kembali pada masa abad ke 18. Seorang insinyur Inggris yang bernama John Metcalf (lahir 1717) harus membangun jaringan jalan di Yorkshire dengan total panjang hampir 300 km. Jalan dibuat dengan batuan berukuran besar diletakkan di bawah sebagai pondasi yang kuat, kemudian di atasnya diberi batu galian, lalu kerikil sebagai lapis penutup. Thomas Telford membangun jaringan jalan di Skotlandia pada tahun 1803-1821 sepanjang hamper 1.500 km. Telford menyempurnakan metode pembuatan jalan Metcalf, dengan mengganti batu galian dengan batu pecah. Ketebalan lapisan batu pecah juga sudah dihitung berdasar karakter lalu lintas yang akan melintasi.

7, Penemuan, Teknologi, Yang, Merubah, Kehidupan, Dunia, Modern


Pada saat yang hampir bersamaan, John Loudon McAdam secara terpisah membangun jalan-jalan masuk menuju Skotlandia mirip dengan cara Telford. McAdam juga menemukan tanah yang terikut dalam keadaan kering tidak akan turun ke dasar jalan. McAdam mengatur batuan sedemikian rupa sehingga bertemu antar sudutnya dan membentuk permukaan yang kuat / keras. Pada masa-masa berikutnya, metode konstruksi ini diperbaiki untuk mengurangi debu jalanan di musim kemarau dengan cara disiram ter panas. Metode ini disebut dengan lapis tarmacadam.

7, Penemuan, Teknologi, Yang, Merubah, Kehidupan, Dunia, Modern
Baru pada tahun 1870 campuran aspal digunakan untuk pembangunan jalan, yang dilakukan oleh seorang ahli kimia Belgia, yang bernama Pierre  J. DeSmedt, ketika membangun jalan di depan balai kota Newark, New Jersey, USA. Campuran yang digunakan adalah pasir dan aspal alam dari Trinidad. Hasil yang memuaskan membuat para kontraktor pembangun jalan segera memanfaatkan aspal sebagai bahan konstruksi pada proyek-proyek pembangunan jalan yang dikerjakan.

7, Penemuan, Teknologi, Yang, Merubah, Kehidupan, Dunia, Modern


7. Penemu Televisi


Televisi saya masukan dalam katagori ini karena saya nilai merupakan penemuan dasar dari teknologi-teknologi selanjutnya seperti Layar Monitor.
7, Penemuan, Teknologi, Yang, Merubah, Kehidupan, Dunia, Modern

John Logie Baird (lahir di Helensburgh, Skotlandia, 13 Agustus 1888 – meninggal di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun) adalah penemu yang pertama kali menunjukkan bahwa citra visual dapat ditransmisikan.

Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pewawat penerima yang berjarak beberapa meter. Pada Januari 1925 dia mendemonstrasikan televisi di depan umum di Royal Institute di London. Ini adalah peragaan televisi paling awal.

Pada tahun 1929, BBC melakukan siaran televisi perdana, menggunakan peralatan Baird.
Namun ketika itu ia belum memanfaatkan penggunaan tabung sinar-Katode, yang menjadi dasar televisi modern. Sehingga sistem buatannya kalah bersaing dengan sistem baru pada tahun 1933.

Itulah Tujuh Penemuan Teknologi Yang Merubah Kehidupan Dunia Modern saat ini. Yang pada masing-masing penemuan ini merupakan dasar untuk penemuan-penemuan selanjutnya. Apakah anda mau menambahkan yang lainnya?


Sumber: Wikipedia




Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook