LIMA TEMUAN TERBESAR ROBOT CURIOSITY DI PLANET MARS

Lima Temuan Terbesar Robot Curiosity Di Planet Mars



Lima, Temuan, Terbesar, Robot, Curiosity, Di, Planet, Mars

Sejak mendarat di Planet Mars pada Agustus 2012 lalu, Robot Curiosity telah berhasil menemukan beberapa hal penting dalam dunia sains.

Hingga April 2013, Robot Curiosity telah berhasil menemukan 5 penemuan besar selama berada di Planet Mars. Pertama dibuka dengan pendaratan Robot Curiosity pertama kali di Planet Mars secara dramatis yang disebut "teror tujuh menit". Teknik pendaratan Curiosity di Mars merupakan hal baru dengan presisi yang belum pernah ada sebelumnya.

Kedua, hanya dalam waktu 7 pekan setelah pendaratan Curiosity berhasil menemukan Aliran Sungai Kuno. Penemuan ini mengindefikasikan bahwa sebagian wilayah Mars pernah didiami oleh mahluk hidup pada milliaran tahun lalu.

Ketiga, Curiosity sukses mengukur kadar radiasi Mars. Pengukuran ini membantu para pakar mengetahui dampak radiasi pada mikroba kuno dan manusia yang akan datang berkunjung.

Lima, Temuan, Terbesar, Robot, Curiosity, Di, Planet, Mars
Keempat, Curiosity berhasil menggali batuan Mars pada Feruari 2013. Robot senilai US$2,5 Milliar itu sukses mengorek batu yang dinamai "John Klein" sedalam 6,4 Cm.

Ini merupakan sejarah tersendiri karena Curiosity menjadi rover pertama yang menggali sampel batu dari planet lain.

Kesuksesan menggali John Klien berujung pada penemuan lainnya seperti : Unsur kimia pemegang kunci kehidupan, Unsur tersebut termasuk Sulfur, nitrogen, hidrogen, oksigen, fosfor dan karbon.

Dalam batu tersebut Curiosity juga menemukan mineral liat yang artinya pernah terjadi lingkungan yang cukup cair dengan tingkat keasaman netral dan tidak terlalu asin.

Bukti tersebut membuat tim penanggung jawab Curiosity menyatakan bahwa tempat mendaratnya di Mars pernah menjadi lokasi hidup Mikroba pada milliaran tahun yang lalu.

Sumber: http://nationalgeographic.co.id   

  


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook