FAKTA UNIK TENTANG AIR ZAM ZAM

Fakta Unik Tentang Air Zam Zam


Fakta, Unik, Tentang, Air, Zam,Zam

- Zam zam dalam bahasa Arab berarti banyak atau melimpah ruah. Bagi ummat Islam Air Zam zam dianggap sebagai Air Suci. Air yang berasal dari mata air yang letaknya disekitar Masjidil Haram, sebelah tenggara Ka'bah ini dengan kedalaman 42 meter.

Menurut riwayat Mata Air Zam zam ditemukan pertama kali oleh Siti Hajjar setelah berlari-lari antara Bukit Safa dengan Bukit Marwah mencari air. Atas petunjuk Malaikat Jibril, Tatkala Ismail Putra Siti Hajjar yang masih bayi mengalami kehausan di tengah Padang Pasir, sementara persediaan air tidak ada.

Tidak ada yang tahu pasti telaga Air Zam zam ini bisa mengeluarkan puluhan juta liter air pada Musim Haji, dan anehnya tidak pernah mengalami kekeringan. Ini adalah Kemaha Kuasaan_Nya.

Berapa banyak Air Zam Zam yang diambil setiap kali musim haji?

Menurut data secara acak Jamaah yang datang dari seluruh dunia pada musim haji dewasa ini berkisar dua juta orang. Masing-masing jamaah diberi 5 liter air zam zam ketika akan pulang kenegaranya masing-masing. Jika 2 juta orang masing-masing membawa 5 liter air sudah 10 juta liter air yang diambil dari mata air zam zam tersebut. Disamping itu ketika mereka berada di Mekkah dan kebanyakan jamaah tinggal selama 25 hari jika setiap orang menghabiskan 1 liter perharinya maka jumlahnya sudah 50 juta liter.

Fakta unik sumur air zam zam yang kami rangkum dari beberapa sumber :

Pada tahun 1971, seorang dokter dari Mesir mengatakan kepada koran di Eropa, bahwa air zam zam tidak sehat untuk di minum. Pendapatnya berdasarkan pada bahwa kota Mekkah itu ada dibawah permukaan laut. Air zam zam itu berasal dari limbah air penduduk kota Mekkah yang meresap kemudian mengendap terbawa bersama-sama air hujan dan keluar dari sumur air zam zam. 

Berita ini kemudian sampai ke telinga Raja Faisal yang kemudian memerintahkan kepada Menteri Pertanian dan Sumber Air untuk menyelidiki masalah ini dan mengirimkan sampel air zam zam ke laboratorium-laboratorium di Eropa untuk di uji. 

Tariq Husein seorang Insinyur Kimia yang bekerja di Institute Penyaringan Air Laut untuk di minum di Jeddah mendapat tugas untuk menyelidikinya. Pada saat memulai tugasnya Tariq belum punya gambaran bagaimana sumur air zam zam bisa menyimpan air yang begitu banyak seperti tidak ada batasnya. Ketika sampai di dalam sumur, Tariq amat terkejut ketika melihat bahwa ukuran kolam sumur itu hanya 18 x 44 kaki atau sekitar 4 x 5 meter. Tidak terbayang bagaimana sumur sekecil ini bisa mengeluarkan jutaan galon air setiap kali musim haji. Dan ini terjadi dari ribuan tahun yang lalu sejak zaman Nabi Ibrahim as. 

Penelitian menunjukkan bahwa mata air zam zam bisa mengeluarkan sebanyak 11-18 liter air perdetik dengan demikian setiap menit 660 liter air akan di hasilkan itulah yang mengejutkan.

Kemudian Tariq mulai mengukur kedalaman air sumur dan meminta assistennya masuk ke dalam air, Ternyata air sumur itu hanya mencapai sedikit diatas bahu assistennya yang tinggi tubuhnya berkisar 5 kaki 8 inci.

Lalu dia menyuruh assistennya untuk memeriksa apakah ada cerukan atau saluran pipa di dalamnya. Setelah diperiksa secara teliti dari tempat satu ke tempat lainnya ternyata dia tidak menemukan apapun.

Dia berpikir mungkin saja air sumur ini diambil dari luar melalui saluran pompa berkapasitas besar. Jika itu keadaannya Dia dapat melihat turun naiknya permukaan air secara tiba-tiba. Tapi dugaanya meleset dia tidak melihat adanya gerakan air yang mencurigakan, juga tidak menemukan adanya alat yang bisa mendatangkan air dalam jumlah besar.

Selanjutnya dia minta lagi kepada assistennya untuk masuk ke dalam sumur, lalu menyuruh berdiri dan diam di tempatnya sambil mengamati sekelilingnya. 

Perhatikan dengan cermat dan laporkan yang terjadi sekecil apapun, Setelah melakukan proses ini dengan cermat assisten ini kemudian mengangkat kedua tangannya sambil berteriak: "Alhamdulillah,,Saya menemukannya! Pasir halus menari-nari dibawah telapak kakiku dan air itu keluar dari dasar sumur".

Lalu assistennya diminta mengelilingi sumur ketika tiba saat pemompaan air (untuk disalurkan ke tempat distribusi air) terjadi bahwa Dia merasakan bahwa air yang keluar dari dasar sumur sama besarnya seperti sebelum pemompaan. Air yang keluar dari dasar sumur sama besarnya di setiap titik disemua daerah ini, ini menyebabkan permukaan air sumur tetap tidak ada guncangan yang besar.

Air Zam zam Mengandung Zat Anti Kuman

Hasil penelitian sampel air di Eropa dan Arab Saudi menunjukkan bahwa Air Zam zam mengandung Zat fluorida yang ada daya efektif membunuh kuman, sama seperti sudah mengandung obat.

Lalu perbedaan Air Zam zam dengan air sumur air lain di Mekkah dan sekitar Arab adalah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesium.

Isi kedua mineral itu lebih banyak pada Air Zamzam, mungkin sebab itulah Air Zam zam dapat menyegarkan bagi jamaah yang kelelahan.

Keistimewaan lain dan komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil selalu sama sejak terbentuknya sumur ini. Rasanya "Selalu Terjaga", diakui oleh semua jamaah haji dan umrah yang selalu datang setiap tahunnya. 

Nabi Muhammad bersabda: "Sesungguhnya, Air Zam zam ini air yang sangat diberkahi, itu adalah makanan yang mengandung gizi".

"Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya.Jika engakau minum dengan maksud ingin merasa kenyang, Maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ini adalah air tekanan tumit Jibril, Minuman dari Allah untuk Ismail". (HR. Daruqutni, Ahmad Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Rasulullah SAW pernah mengambil Air Zam zam dalam sebuah kendi dan wadah dari kulit. Kemudian membawanya kembali ke Madinah dan air zamzam itu digunakan Rasulullah SAW untuk memercikan kepada orang sakit dan kemudian disuruh untuk meminumnya.

Dalam penelitian yang dilakukan di laboratorium di Eropa, terbukti bahwa air zam zam memang lain dari yang lain. Isi airnya berbeda dengan sumur-sumur yang ada di sekitar Mekkah.

Harga kalsium dan garam magnesiumnya lebih tinggi dibandingkan sumur lainnya. berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan efek penyembuhan.

Air zam zam juga mengandung zat fluorida yang berkhasiat menghancurkan kuman-kuman yang ada dalam kandungan airnya. 

Yang menakjubkan adalah tidak ada sedikitpun lumut di sumur ini. Air sumur selalu bebas dari konstaminasi kuman. 

Ajaibnya lagi, pada saat semua sumur di sekitar Mekkah dalam keadaan kering, Sumur air zamzam tetap berair dan Sumur air zam zam tidak akan pernah kering sepanjang zaman.

Beberapa ulama fiqih merekomendasikan agar jamaah haji membawa air zam zam ketika pulang ke negaranya karena air zam zam bisa jadi sebagai obat penyembuhan.

Ini terbukti banyak jamaah dari negara ummat Islam manapun yang pernah merasakan keajaiban air zam zam ini.

Demikian Penelitian para ahli tentang Fakta Unik Tentang Air Zam zam.  Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.  


Sumber: Metafisika Alam dan Manusia             
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook