PENEMUAN FOSIL GAJAH PURBA DI BLORA

Penemuan Fosil Gajah Purba Di Blora


Penemuan, Fosil, Gajah, Purba, Di, Blora
Penemuan Fosil Gajah Purba Blora di Pamerkan di Museum Geologi Bandung

Tim Vetebrata Badan Geologi Indonesia yang diketuai oleh Iwan Kurniawan berhasil menemukan fosil gajah purba di Blora, Jawa Tengah, Indonesia. "Hal ini merupakan suatu prestasi yang jarang terjadi", ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada Peringatan HUT Museum Geologi ke-80 di Bandung.

Tim peneliti yang terdiri dari Fachroel Aziz, Iwan Kurniawan, Dadang dan Gert Dirk Van Den Bergh menemukan fosil gajah purba yang di perkirakan berusia sekitar 800.000 hingga 200.000 tahun tersebut di Dusun Sunggun, Desa Mendalem, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia. Temuan Tim Vetebrata Museum Geologi Bandung ini merupakan penemuan Fosil Gajah Purba terlengkap selama 100 tahun terakhir dan fosuilnyapun relatif masih utuh. 

Dengan bertambahnya Fosil Gajah Purba Elephas hysudrindicus, yang di temukan di Blora, Jawa Tengah, akhir Maret 2009 lalu menambah tiga fosil sebelumnya yaitu Sinastodon Bumiajuensis berusia sekitar 1,5 juta tahun, Stegodon Trigonocephalus berusia 1,2 juta tahun dan Elephas Maximus, Gajah Asia yang hingga kini spisiesnya masih ada. 

"Badan Geologi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Blora dan Pemerintah Propuinsi Jawa Tengah sepakat menyatakan temuan ini sebagai asset nasioanl milik bangsa Indonesia" Ujar Bapak Menteri ESDM.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi R. Sukhyar memaparkan bahwa dari sisi keilmuwan penemuan fosil gajah purba di Blora ini berperan penting dalam memberikan pencerahan terhadap usaha mengungkapkan Missing Link Evolusi Gajah Purba di Asia Tenggara, Perubahan iklim, serta vegetasi pada periode tersebut. Selanjutnya Tim Peneliti akan melanjutkan penelitian untuk melacak jejak migrasi Gajah Purba dan kemungkinan jejak Manusia Purba di Indonesia.  


Sumber: esdm.go.id

    


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook