MENIKMATI AIR TERJUN SENDANG GILE SEBELUM MENDAKI GUNUNG RINJANI

Menikmati Air Terjun Sendang Gile Sebelum Mendaki Gunung Rinjani


Menikmati, Air, Terjun, Sendang, Gile, Sebelum, Mendaki, Gunung, Rinjani
Air Terjun Sendang Gile, Pulau Lombok

Air Terjun yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Air Tejun Sendang Gile berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang merupakan pintu masuk untuk pendakian ke Gunung Rinjani. Itu pula yang menyebabkan Air Terjun Sendang Gile menjadi sejuk dan alami karena berasal dari mata air di puncak Gunung Rinjani.

Untuk mencapai Air Terjun Sendang Gile anda harus melewati dua ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter. Serta jembatan berlubang melewati sebuah lembah yang menempuh waktu sekitar 15 menit. Anda juga bisa melewati jalan lain melalui menyelusuri pinggir lembah yang agak curam dan mengikuti saluran irigasi serta melewati jembatan yang terbuat dari rotan.

Oleh masyarakat setempat Air Terjun ini disebut sebagai Batu Ko (batu kerbau) konon  menurut ceritanya Air Terjun ini adalah tempatnya bidadari mandi ketika turun ke bumi. Ada juga yang berpendapat nama air terjun ini berasal dari nama orang yang menemukannya saat memburu singa yang masuk ke hutan ini setelah mengacaukan sebuah kampung. Oleh penduduk kampung setempat di sebut Singa Gila atau sengang gile. Seiring berubahnya zaman lambat laun pelafalan tersebut menjadi Sendang Gile. Para penduduk percaya mandi ataupun membasuh muka dapat membuat wajah menjadi lebih muda satu tahun dari usia sebenarnya.

Air terjun yang berada 600 meter di atas permukaan laut dan mempunyai ketinggian 31 meter ini memiliki dua tingkatan. Tingkatan pertama muncul dari atas tebing dan jatuh kedasar kolam dibawahnya. Sedang pada tingkat kedua air jatuh dari kolam dan meluncur kebawah yang membentuk sungai dibawahnya.

Jarak dari Air Terjun ke kota Mataram sekitar 60 Km. Untuk menuju Desa Senaru dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat. Dua rute dapat dilalui oleh para pengunjung yaitu memalui Pusuk atau dari Pantai Senggigi. Jika menggunakan kendaraan umum dapat menempuh jalur dari Bayan kemudian di sambung melalui Ojek ke Senaru.

Jika ingin meyewa kendaraan, anda dapat menghubungi rental-rental mobil yang banyak terdapat di kota Mataram. Para pengunjung akan dikenakan tiket masuk ke Air Terjun Sendang Gile sebesar Rp. 5.000,- per orangnya. Di tempat wisata ini telah disiapkan penginapan-penginapan sederhana dan pelayanan jasa pendakian yang memadai.   


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook