10 LUBANG PALING MENAKJUBKAN DI BUMI

10 Lubang Paling Menakjubkan Di Bumi 


Mahessa83-Banyak tempat-tempat di dunia yang memiliki lubang, baik lubang kecil maupun lubang raksasa akibat kejadian alam atau buatan manusia. Lubang-lubang yang terjadi akibat alami terjadi akibat bencana alam. Sedangkan lubang buatan manusia lebih diberatkan untuk mencari sumber alam yang ada di dalam bumi. Seperti penggalian lubang untuk dibuat pertambangan seperti: Tambang Diavik di Kanada, Tambang Berlian Mirny di Siberia atau Tambang Emas Grasberg di Indonesia. Berikut 10 Lubang Paling Menakjubkan Di Bumi yang disebabkan oleh kejadian alam maupun buatan manusia. 

1. Great Blue Hole, Belize


Great Blue Hole, Belize

Great Blue Hole ini terletak di Barrier Reef Reserve System Belize sekitar 60 mul dari kota Belize yang diyakini sebagai lubang terbesar di dunia dengan kedalaman 125 meter dan mempunyai lebar sekitar 300 meter.

Lubang ini terjadi diakibatkan peningkatan permukaan air laut yang terjadi sekitar 65.000 tahun yang lalu.

Bebrbentuk lingkaran yang sangat sempurna, menjadikan lubang ini sangat populer dikalangan wisatawan yang sering mengunjungi tempat ini. Yang sangat menarik dari tempat ini adalah arena scuba diving yang mempesona bagi para penyelam untuk menyaksikan banyaknya spesies hewan langka dan bentuk kehidupan lain yang hanya ada di area ini.

2. Tambang Diavik, Kanada


Tambang Diavik, Kanada

Tambang Diavik terletak sekitar 300 km sebelah utara dari Yellowknife, Kanada. Tambang Diavik dapat menghasilkan 8 juta karat berlian per tahunnya. Tambang ini sangat besar dan sangat jauh dari darah lainnya sehingga mempunyai bandara sendiri dengan landasan yang cukup besar yang bisa menampung pesawat boeing 737.

3. The Burning Gate, Turkmenistan


The Burning Gate, Turkmenistan

The Burning Gate terletak di Gurun Turkmenistan. Kawah Gas Bumi atau The Burning Gate dapat mengeluarkan cahaya yang dapat dilihat beberapa mil jauhnya pada malam hari. Kawah besar ini diakibatkan hasil dari kecelakaan eksplorasi gas Soviet pada tahun 1950-an.

4. Glory Hole, California, AS


Glory Hole, California, AS

Glory Hole ini terletak di Bendungan Monticello, California Utara yang juga merupakan bendungan terbesar di dunia. Saluran berbentuk corong ini memungkinkan air untuk melewati bendungan saat mencapai kapasitas 48.400 kaki kubik per detik (1370 / s). Jarak saluran ke titik pintu keluar yang terletak di selatan ngarai adalah sekitar 700 kaki. Jenis katup pada dasarnya adalah corong semen raksasa berdiameter 72 kaki dan terus menyempit huingga 28 kaki.

5. Bingham Canyon Mine, Utah, AS


Bingham Canyon Mine, Utah, AS

Bingham Canyon Mine di Utah AS adalah penggalian terbesar yang dibuat manusia si Bumi. Hal ini bisa terlihat dari lapisan multi warna besar dan tonjolan tandus di sisi Pegunungan Oquirr yang terletak di sisi barat dari Lembah Salt Lake. 

Sekarang Bingham Canyon Mine menjadi lubang tambang terbuka terbesar di dunia buatan manusia. Tambang ini  selebar 2 ½ mil, dan dengan kedalaman ¾ mil.   

Kennecott yang mengelola tambang ini merupakan produsen tembaga terbesar kedua di Amerika Serikat yang dapat menyediakan 15 persen kebutuhan tembaga negara.

6. Tambang Berlian Mirny, Siberia


Tambang Berlian Mirny, Siberia

Tambang Berlian Mirny merupakan tambang berlian terbesar di dunia. Tambang sedalam 525 meter dengan diameter 1.200 meter merupakan penggalian terbesar kedua di dunia buatan manusia setelah Bingham Canyon Mine.

7. Kimberley Big Hole, Afrika Selatan


Kimberley Big Hole, Afrika Selatan

Kimberley adalah tempat tambang berlian De Beers Consolidated yang merupakan tambang terkaya di dunia. Kimberley juga masih dianggap sebagai ibukota industri belian dunia. 

Tempat ini mulai dibangun pada tahun 1871 ketika sebuah berlian ditemukan di sebuah bukit kecil Colesberg Koppie. Lubang tambang sedalam 1100 meter dengan diameter 200 meter menciptakan apa yang dikenal dengan sebutan "Big Hole" yang dapat menghasilkan 14,5 juta karat berlian.

8. Well Of Chand Baori, India


Well Of Chand Baori, India

Well Of Chand Baori, India dibangun pada abad ke-10 sebagai solusi mengatasi masalah air di daerah tersebut. Iklim kering memaksa penduduk setempat untuk menggali lebih dalam untuk mendapatkan sumber air yang dapat diandalkan. Chand Baori sedalam 30 meter memiliki 13 lantai dan 3.500 anak tangga.   

9. Shinkhole, Guatemala


 Shinkhole, Guatemala

Shinkhole adalah sebuah lubang wastafel sedalam 200 kaki disebuah gedung berlantai 3. Kawah besar ini muncul di tengah Ibukota Amerika Guatemala City yang diakibatkan tanah longsor dilanda hujan deras selama Badai Tropis Agatha.

10.Tambang Emas Grasberg, Indonesia


Tambang Emas Grasberg, Indonesia

Tambang Grasberg, di Tembagapura (Papua, Indonesia). Tambang ini adalah tambang emas TERBESAR di dunia, dan merupakan tambang tembaga KETIGA terbesar di dunia.

Berapa luas dan kedalaman lubang tambang ini? Luas eksplorasi tambang Grasberg (blok A & b...lok sekitar 212,343 hektar. Luas kedalaman lubangnya MELEBIHI 230 kilometer persegi. Tambang Grasberg memiliki cadangan 2,5 milyar Ton Metrik. Berdasarkan produksi tahun 2008, tambang Grasberg dapat memproduksi EMAS 14,58 Ton per-hari, PERAK 55,00 Ton per-hari, dan TEMBAGA 14297,75 Ton per-hari.


Sumber:oddee, kaskus
      

 



   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook