PENEMUAN POTONGAN PAPAN PERMAINAN DI PEMUKIMAN BENTENG ROMAWI


Penemuan Potongan Papan Permainan Di Pemukiman Benteng Romawi

Mahessa83-Sekitar 1.900 tahun yang lalu, sekelompok Tentara Romawi tinggal di suatu tempat dekat benteng yang sekarang di kenal dengan kota Gernsheim, Jerman yang terletak disepanjang Sungai Rhine sekitar 50 km selatan Frankfurt. Tak lama setelah para tentara meninggalkan benteng, disekitar tahun 120, kelompok lain membangun desa untuk dijadikan pemukiman.

Para peneliti menemukan sisa-sisa kuno pada air sumur, mutiara dan jepit rambut adalah bukti bahwa sekelompok warga desa mendirikan sebuah pemukiman di atas benteng militer di zaman Romawi Kuno.

Menurut pemimpin penggalian Thomas Maurer, Seorang arkeolog dari University of Frankfurt mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa,"Kita sekarang tahu bahwa dari abad pertama hingga abad ketiga, penyelesaian vilagelike penting atau "Vicus" telah ada di sini".

Setelah penggalian disekitar benteng yang dilakukan tahun lalu, Para peneliti akan kembali pada musim panas ini untuk mencari bukti penyelesaian Romawi. Upaya mereka berhasil. Mereka menemukan bukti peninggalan desa bagian dari bangunan yang dibangun diatas fondasi benteng.


Penemuan Potongan Papan Permainan Di Pemukiman Benteng Romawi

Upaya penggalian yang dilakukan pada tanggal 3 Agustus  2015 hingga awal November nanti para peneliti telah menemukan dasar dari bangunan batu yang terawat baik, lubang-lubang api, dua sumur dan beberapa lubang bawah tanah. Mereka juga telah menemukan pecahan keramik dan jepitan rambut yang terbuat dari tulang, beberapa mutiara, bagian dari beberapa papan permainan seperti dadu dan mahkota dengan aptung perempuan kata Maurer dalam pernyataannya.

Siapa yang tinggal disana?

Meskipun mereka membangun pemukiman diatas bagian benteng, Penduduk desa mungkin tahu keberadaan prajurit, kata para peneliti. Bahkan kemungkinan besar para penduduk adalah sebagian besar anggota keluarga tentara dan pedagang yang membuat perdagangan bisnis dengan militer.

Desa kecil ini berhasil hidup makmur setelah tentara pergi. Karena bangunan batu yang dibangun pada abad kedua masehi selama Pax Romana periode tahun 206 relatif sedikit konflik di Kekaisaran Romawi.

Para penduduk mungkin mempunyai asal usul dari Galia-Jerman atau orang Roma dengan kewarganegaraan Romawi yang telah tinggal dari propinsi yang jauh untuk tinggal di sana. Hal ini dengan ditemukannya beberapa bukti seperti potongan-potongan kain tradisional dan koin yang ditemukan disana. Satu koin dari Bitinia, di barat laut Anatolia atau sekarang negara Turki yang mungkin telah menjadi souvenir.

Benteng Sebelah

Benteng Romawi ini pernah ditempati 500 tentara yang tinggal disana antara tahun 70 sampai tahun 120 M kata para peneliti. Ketika tentara pergi, 

Roma membuat benteng ditempat ini untuk memperluas insfrastruktur dan membantu menguasai daerah yang lebih luas lagi di sebelah timur Sungai Rhine sekiatar tahun 70 M.

Saat ini Gernsheim adalah kota yang sibuk yang dapat mengancam ekspansi sisa-sisa Romawi, kata para peneliti. Tahun ini para peneliti telah berhasil menggali area situs seluas 600 meter persegi.    

Sumber:LiveScience
 

 


 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook