PENEMUAN 60 BANGUNAN BATU PRASEJARAH BERUSIA 7.500 TAHUN DI BULGARIA


Penemuan 60 Bangunan Batu Prasejarah Berusia 7.500 Tahun Di Bulgaria

Mahessa83-Sebuah kompleks kultur prasejarah yang mungkin memiliki dua lantai berusia 7.500 tahun telah ditemukan di desa Neolitik dekat desa Mursalevo, Bulgaria pada bulan Mei lalu. 

Para peneliti meduga bangunan ini dari zaman Palaeolithic yang merupakan bangunan batu prasejarah terbesar di Eropa. Bangun seluas lebih dari 200 meter persegi. Meskipun para arkeolog meduga bangunan ini memiliki dua lantai yang bisa mencapai luas 400 meter persegi.  Bangunan ini terbuat dari pial dan tanah liat dengan dinding tipis 20 cm. Semua bangunan ini memiliki 2 lantai dengan tinggi 8 meter. Ini membuktikan kemajuan teknologi yang tinggi pada waktu itu.

Sisa-sisa bangunan ini diperkirakan runtuh akibat adanya gempa bumi yang ditemukan di "pulau besar" dari Danau Durankulak 3,4 kilometer di utara timur dari Bulgaria.

Penggalian di situs yang dikenal sebagai "Dubrudzha Troy" dimulai pada tahun 1970 ketika sebuah artefak yang berasal dari tahun 10.000 SM ditemukan bersama dengan bukti penyelesaian Neolitik.

Penemuan 60 Bangunan Batu Prasejarah Berusia 7.500 Tahun Di Bulgaria

Bangunan ini dibangun pada zaman Chalcolithic atau Zaman Tembaga yang kemudian runtuh akibat adanya gempa. 

Petar Zidarov, seorang arkeologi dari New Bulgarian University di Sofia mengatakan kepada Bulgarian National Television," Tantangan yang dihadapi sekarang adalah untuk mengungkapan urutan lapisan atau tahap kehidupan disalah satu bangunan paling monumental yang pernah ada pada Prasejarah Eropa.

Bangunan 2 Lantai

Berbicara tentang teknologi pada masa itu, orang-orang yang tinggal ditempat ini tidak hanya ahli dalam membangun tetapi mereka adalah orang-orang pertama di dunia yang mulai mengenal logam seperti tembaga dan emas asli untuk membuat perhiasan dan menjualnya hingga pantai Mediterania. Tim peneliti juga menemukan bangunan disebelahnya dengan objek sebagai tempat pemujaan.

Sisa-sisa bangunan ini membentuk apa yang dianggap sebagai kota batu pertama di Eropa yang dibangun sekitar 5.500 BC ketika Neolitik Hamangia-Budaya Durankulak menguasai tempat ini.


Penemuan 60 Bangunan Batu Prasejarah Berusia 7.500 Tahun Di Bulgaria

Sebelumnya para arkeologi juga telah menemukan 1.400 kuburan terbesar dari zaman Palaeolithic-Neolithic berusia 5.300 BC dilokasi. 


Sumber:dailymail.


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook