INILAH 3 POHON TERTUA DI DUNIA

Inilah 3 Pohon Tertua Di Dunia  


Inilah 3 Pohon Tertua Di Dunia

Mahessa83-Mungkin banyak dari kita umur itu identik dengan manusia atau hewan. Tapi ternyata umur pada tumbuhan bisa berusia hingga ribuan tahun dan tetap tumbuh hingga sekarang.

Hingga tahun 2013, pohon tertua di dunia adalah Pohon Metusalah (Pinus Longaeva) di Great Basin Bristlecone, White Mountains of California yang telah berusia lebih dari 4.845 tahun yang juga oleh para peneliti berhubungan dengan pohon Pinus Longaeva yang belum bernama yang diperkirakan telah berusia 5.062 tahun di White Mountains.

Pohon tertua berikutnya adalah monumen nasional di Iran "The Zoroaster Sarv" (Sarv-e-Abarkooh) yang diperkirakan telah berusia 4.000 tahun. Pohon Cemara Mediterania ( Cupressus sempervirens) di Abarkuh, Yazd, Iran mungkin juga merupakan mahluk hidup tertua di Asia.

Pohon Yew (Taxus Baccata) yang hidup di sebuah desa  Llangernyw di North Wales diperkirakan telah berumur setidaknya sekitar 4.000 tahun atau mulai tumbuh sejak Zaman Perunggu di Inggris.

Di tempat lainnya, di Pegunungan Andes, Chili terdapat Pohon Cemara Patagonian (Fitzroya cupressoides) yang diperkirakan telah berusia 3.462 tahun. Spesies kuno yang kadang-kadang di sebut Alerce adalah pohon ketiga tertua di dunia.

Meskipun ini adalah pohon tertua di dunia, tetapi secara teknis mereka bukan organisme hidup tertua di dunia. Ada beberapa koloni klonal yang terdiri dari pohon genetik yang identik di hubungkan dengan sistem akar tunggal yang mungkin jauh lebih tua usianya.

Misalnya Pando atau Raksasa Gemetar adalah koloni klonal gemetar di Aspen (Populus tremuloides) yang diperkirakan telah berusia 80.000 tahun. Pohon ini terletak di Fishlake National Forest di selatan, Utah Tengah, Amerika Serikat.    


Sumber:LiveScience
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook