16 PIRAMIDA INI DITEMUKAN DI PEMAKAMAN KUNO

 
16 Piramida Ini Ditemukan Di Pemakaman Kuno

Mahessa83-Sisa-sisa dari 16 Piramida telah ditemukan di bawah tanah pada sebuah Pemakaman Kuno dekat kota Gematon, Sudan.

Piramida-piramida ini didirikan sekiatar 2.000 tahun yang lalu pada saat kerajaan yang disebut "Kush" berkembang di Sudan. Bangunan ini sangat populer bagi kalangan Kushites sampai kemudian kerajaan mereka runtuh pada abad keempat masehi.

16 Piramida yang terletak di sebuah kuburan besar yang pernah di survey pada tahun 1993 ini dan kemudian di gali sejak tahun 1998 di Gematon. Menurut Derek Welsby seorang Kurator dari British Museum di London bersama-sama dengan timnya telah berhasil menggali enam piramida yang terbuat dari batu dan sepuluh terbuat dari bata lumpur.

Piramida terbesar yang di temukan di Gematon adalah setinggi 10,6 meter hingga 13 meter dari permukaan tanah.

Piramida-piramida ini dibangun oleh orang-orang kaya dan kuat pada masa itu. Tidak semua makam di pemakaman ini memiliki piramida. Beberapa terkubur dibawah struktur persegi panjang sederhana yang disebut "mastaba" sedangkan yang lainnya hanya dengan tumpukan batu diatasnya yang disebut "tumuli". Sementara beberapa makam lainnya tidak diberi tanda sama sekali.

Barang Dipemakaman

16 Piramida Ini Ditemukan Di Pemakaman Kuno
Dalam satu makam, arkeolog menemukan meja persembahan yang terbuat dari timah-tembaga Diukir tablies pada sebuah adegan yang menunjukkan seorang pangeran atau imam yang menawarkan dupa untuk dipersembahkan kepada Dewa Osiris penguasa dunia akherat. Dibalik Osiris adalah Dewi Isis yang juga ditampilkan menuangkan persembahan untuk Dewa Osiris.

Meskipun Dewa Osiris dan Dewi Isis berasal dari Mesir, mereka juga di hormati di Kush serta bagian lain dari zaman kuno.  Pada sebuah meja, korban adalah keluarga kerajaan atau seorang senior dalam keluarga kerajaan.

Sebagian besar isi makam telah dirampok oleh orang-orang pada zaman kuno maupun oleh orang-orang zaman modern. Satu-satunya piramida yang tetap utuh berisi 100 manik-manik fayans (fayans adalah sejenis keramik) dan sisa-sisa tiga bayi. Fakta bahwa bayi-bayi ini dikubur tanpa harta dan emas yang kemungkinannya telah ambil oleh para perampok kata Welsby.

Akhir Kerajaan

16 Piramida Ini Ditemukan Di Pemakaman Kuno

Kerajaan Kushite berdiri di wilayah Sudan antara tahun 800 SM hingga abad 4 masehi. Ada beberapa alasan yang menyebabkan kerajaan ini runtuh kata Welsby.

Salah satu alasan runtuhnya kerajaan ini adalah hilangnya beberapa sumber pendapatan,Sejumlah rute perdagangan yang melalui Kushite ditinggalkan kejalur yang lebih singkat selain itu ekonomi kekaisaran Romawi yang terus memburuk hingga perdagangan Kushite dengan Roma terputus. Sehingga para pemimpin di Kushite kehilangan pendapatan hingga kota kuno Gematon di tinggalkan serta bangunan piramida di Sudan dihentikan.

Angin pasir yang merupakan sebuah masalah pada penduduk Gematon lambat laun menutupi kota serta piramida-piramida  di Sudan. 

Sumber:LiveScience

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook