DIET MEDITERANIA DAPAT MENGURANGI RESIKO KANKER PAYUDARA

Diet Mediterania Dapat Mengurangi Resiko Kanker Payudara  


Diet Mediterania Dapat Mengurangi Resiko Kanker Payudara
Mahessa83-Sebuah studi baru dari Spanyol mengatakan diet mediterania dapat mengurangi resiko kanker payudara. Dalam studi tersebut para peneliti menemukan bahwa wanita yang diminta untuk mengikuti Diet Mediterania yang kaya akan Minyak Zaitun extra-virgin, 68% dapat mengurangi resiko kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang disarankan hanya untuk mengurangi jumlah lemak dalam diet mereka.

Dalam studi tersebut 4.152 wanita pasca menopause yang belum pernah menderita Kanker Payudara diminta untuk mengikuti salah satu dari tiga diet. Diet Mediterania yang kaya akan minyak zaitun murni , Diet Mediterania yang kaya akan kacang-kacangan dan yang ketiga adalah Diet Kontrol, dimana para wanita disarankan untuk mengurangi jumlah lemak yang mereka makan. Setelah 5 tahun berjalan, 35 wanita dalam penelitian ini berhasil terkena resiko kanker payudara.

Wanita dalam kelompok minyak zaitun extra-virgin adalah yang paling mungkin tidak terkena kanker payudara. Para peneliti juga mengamati sedikit penurunan resiko untuk wanita dalam kelompok kacang-kacangan,  

Diet Mediternia mengandung banyak komponen yang telah diusulkan memiliki efek anti tumor. Dr. Miguel Martinez Gonzalez, seorang profesor kedokteran Preventif di Universitas Navarra, Spanyol mengatakan kepada LiveScience, "Minyak Zaitun Extra-Virgin khususnya kaya akan senyawa yang disebut polifenol yang telah diuji dalam laboratorium yang memiliki efek anti kanker,".

Pada studi ini menemukan bahwa semakin besar presentase kalori yang berasal dari minyak zaitun extra-virgin dalam diet wanita, semakin rendah resiko terkena kanker payudara untuk setiap tambahan 5% dari kalori minyak zaitun extra-virgin akan mengurangi terkena penyakit kanker payudara sebesar 28%. 

Namun para peneliti belum menemukan resiko yang lebih rendah yang mungkin dapat diturunkan oleh minyak zaitun extra-virgin atau minyak yang bekerja dalam kombinasi dengan sisa makanan.

Diet Mediterania, kaya akan tanaman, ikan dan minyak zaitun. Rendah akan daging dan produk susu yang telah terbukti dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker. Menurut penelitian ini pada sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa diet dapat membantu menangkal penurunan kognitif.

Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan penurunan resiko kanker payudara pada wanita yang melakukan Diet Mediterania kata Martinez Gonzalez.

Studi ini memiliki keterbatasan, termasuk sejumlah kecil kasus kanker payudara, dan bahwa semua peserta berkulit putih, wanita pasca-menopause yang berisiko penyakit jantung, Katz menulis dalam editorialnya. Langkah berikutnya akan melakukan penelitian yang lebih besar di tempat-tempat di mana diet Mediterania tidak begitu biasa dimakan, katanya Live Science. Namun, ia mendorong perempuan untuk mencoba diet: "Meskipun tidak ada diet yang sempurna, diet Mediterania [kaya] minyak zaitun mungkin baik untuk kesehatan Anda," kata Katz.
Martinez-Gonzalez setuju. Perempuan harus didorong untuk makan minyak zaitun lebih extra-virgin, salad dengan sayuran segar dan memiliki buah untuk hidangan penutup, katanya.Konsumsi perempuan dari daging merah dan daging olahan, makanan penutup manis, soda dan makanan cepat saji harus dikurangi, katanya.


Sumber:LiveScience 
  Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook