VIGANELLA DESA UNIK YANG TIDAK PERNAH MENDAPATKAN SINAR MATAHARI

Viganella Desa Unik Yang Tidak Pernah Mendapatkan Sinar Matahari  


Viganella Desa Unik Yang Tidak Pernah Mendapatkan Sinar Matahari

Mahessa83-Viganella adalah sebuah desa kecil di Italia yang terletak dibagian bawah lembah yang dalam sekitar 130 km sebelah utara dari kota Milan, Italia. Desa yang terletak di dasar lembah ini tidak mendapatkan sinar matahari langsung selama berabad-abad karena letaknya di salah satu sisi gunung yang curam sehingga terhalang oleh bayangan gunung yang menutupi seluruh bagian desa. Sinar matahari yang datang benar-benar terhalang oleh bayangan gunung selama tiga bulan lamanya selama musim dingin. Pada bulan November, Matahari benar-benar menghilang sampai datang musim panas di bulan Februari.   

Selama berabad-abad para warga di desa Viganella mengalami nasib yang sama. Sampai kemudian seorang arsitek insinyur datang dengan ide cemerlang yang akan membangun sebuah cermin besar di atas bukit untuk memantulkan sinar matahari ke arah desa.

Viganella Desa Unik Yang Tidak Pernah Mendapatkan Sinar Matahari

Pada tahun 2005, Dengan mendapat dukungan dari walikota Viganella, Pierfranco Midali yang memberikan dana sebesar $ 100,000 pembangunan kontruksipun di mulai. 

Pada bulan November 2006, sebuah cermin besar dengan diameter 40 meter persegi dengan berat 1,1 ton dipasang diatas bukit dengan ketinggian 1.100 meter di lereng yang berlawanan dengan gunung.

Viganella Desa Unik Yang Tidak Pernah Mendapatkan Sinar Matahari

Cermin ini bermanfaat untuk menerangi seluruh desa dengan sinar matahari langsung. Cermin yang di operasikan dengan sistem komputer ini akan bergerak mengikuti arah matahari sepanjang hari. Dengan cara ini sinar matahari akan masuk ke wilayah desa setengah mil persegi jauhnya dan akan menyinari desa selama 6 jam dalam sehari.

Cermin Viganella telah menarik jutaan orang di seluruh dunia sejak dipasang 9 tahun lalu.


Sumber: oddee

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook