10 GURUN PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

10 Gurun Paling Menakjubkan Di Dunia


10 Gurun Paling Menakjubkan Di Dunia

Mahessa83-Gurun adalah suatu daerah yang menerima hujan cukup sedikit kurang dari 250 mm pertahun. Gurun-gurun ini mempunyai kemampuan yang sangat kecil atau tidak sama sekali untuk adanya kehidupan. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun. 

Banyak kejadian-kejadian aneh dan langka yang terjadi di gurun menjadikan tempat ini menjadi sangat menakjubkan. Seperti Gurun Atacama yang masuk Guinnes Book of World Record sebagai tempat terkering di dunia,  turunnya salju di Gurun Taklamakan, Danau dengan airnya yang asin di Gurun Salar de Uyumi, Bolivia atau Gurun Pasir berwarna putih di Farafra, Mesir.  Simaklah 10 Gurun Paling Menakjubkan Di Dunia yang dapat kami rangkum berikut ini.

1. Gurun Taklamakan, Asia Tengah


Gurun Taklamakan, Asia Tengah
Taklamakan adalah sebuah gurun terbesar di dunia yang terletak di Asia Tengah. Gurun pasir seluas 270.000 km2 di Cekungan tarim dengan panjang 1,000 km serta lebar 400 km. Pada tahun 2008, Gurun Taklamakan mengalami Hujan Salju terbesar dengan suhu terendah setelah 11 hari lamanya berturut-turut turun salju.  

2. Gurun Lencois Mranhenses, Brasil


Gurun Lencois Mranhenses, Brasil
Rasanya luar biasa, tetapi di negara yang terdiri sekitar 30% dari air tawar dan tempat hutan hujan terbesar di dunia, kita dapat menemukan "gurun". Terletak di Negara Bagian Maranhão, di pantai utara dari Brasil, Taman Nasional Lencois Maranhenses adalah daerah seluas 300 kilometer persegi (155.000 ha)  bukit pasir putih dan laguna biru, membentuk salah satu tempat yang paling indah dan unik di Dunia. Bukit pasirnya  lebih dari 50 km (31 mil)  menciptakan pemandangan yang mengingatkan sprei putih, jika dilihat dari atas.


3. Gurun Salar de Uyuni, Bolivia


Gurun Salar de Uyuni, Bolivia
Salar merupakan salah satu ikon gambar Bolivia, padang pasir garam besar di tengah Altiplano. Ini adalah luas, gurun hampir datar yang mencerminkan matahari sedemikian rupa untuk menciptakan efek cermin dengan langit. Ada beberapa danau di gurun dengan warna aneh dari deposit mineral di wilayah tersebut.

Pada 40.000 tahun yang lalu, daerah itu adalah bagian dari Danau Minchin, sebuah danau raksasa prasejarah. Ketika danau kering, itu tinggal dua danau modern yaitu Danau Poopo dan Danau Uru Uru, dan dua gurun garam utama, Salar de Coipasa lebih besar Uyuni. Uyuni kira-kira 25 kali ukuran Bonneville Salt Flats di Amerika Serikat. Hal ini diperkirakan mengandung 10 miliar ton garam

4. Gurun Farafra, Mesir



Gurun Farafra, Mesir

Daya tarik utama dari Farafra adalah Gurun Putih (dikenal sebagai 'Sahara el Beyda,' dengan kata 'sahara' yang berarti gurun). Gurun Pasir Putih, Mesir terletak 45 km (30 mil) utara dari Farafra. Gurun memiliki warna putih, cream dan memiliki formasi kapur batu besar yang telah dibuat sebagai hasil dari badai pasir.

5. Gurun Atacama, Cile


Gurun Atacama, Cile
Gurun Atacama menempati jumlah terbesar dari wilayah Chili terletak di utara paralel ke-29. Daerah yang terletak di pantai antara Arica dan Antofagasta muncul dalam Guinness Book of World Records sebagai tempat terkering di dunia. Namun demikian, ke selatan dari Tropic of Capricorn, padang pasir menjadi lebih ramah terhadap makhluk hidup. Kabut pesisir, "camanchacas", di selatan lebih banyak dari Antofagasta dan membawa kelembaban yang diperlukan untuk pemeliharaan vegetasi pemandangan pantai. Banyak tanaman bertahan terutama karena "Camanchaca", dan penghematan keras air, pada musim kemarau normal, yang menyebabkan mereka untuk menunda fungsi penting seperti pertumbuhan, untuk mendukung kelangsungan hidup dan reproduksi.

6. Gurun Nabib, Namibia



Gurun Nabib, Namibia

Gurun Namib terletak di Selatan Afrika. yang kurang luas daripada Sahara tapi sangat mengesankan. Ini merupakan bagian dari Taman Nasional Namib-Naukluft dengan tetangga Angola. The Sossusvlei pasir adalah yang tertinggi di dunia, beberapa menjulang setinggi 300 m dan jika Anda cukup beruntung, Anda dapat tersandung di gurun Namib adalah satu-satunya gurun di dunia yang memiliki gajah. Rupanya gurun tertua di dunia, banyak sekali jenis tanaman dan hewan hanya dapat ditemukan di sini. Namib telah terpesona ahli geologi selama bertahun-tahun tapi masih sangat sedikit dipahami hingga hari ini. Lepas pantai, angin selatan yang kuat dengan kabut dan arus yang kuat menyebabkan pelaut kehilangan jalan mereka; pantai utara telah bernama 'Skeleton Coast' karena jumlah kapal karam ditemukan di sana, beberapa di antaranya dapat ditemukan sebanyak 50 m pedalaman, seperti padang pasir perlahan mengambil alih lautan ketika bergerak ke arah barat.

7. Gurun Simpson, Australia


Gurun Simpson, Australia
Australia adalah rumah bagi empat gurun besar, yang dipopulerkan oleh Mad Max, Gurun Sturt Stoney, Gurun Tanami, Gurun Great Victoria dan Gurun Simpson, yang juga dikenal sebagai 'The Big Red' karena keberadaan bukit pasir merah. Gurun Simpson merupakan erg yang berisi terpanjang bukit pasir paralel di dunia. Bukit berorientasi utara-selatan ini statis, diadakan di posisi oleh vegetasi. Mereka bervariasi di ketinggian 3 meter di barat sekitar 30 meter di sisi timur. Dune paling terkenal, Nappanerica, atau, lebih populer, Big Red (dinamai oleh Simpson Desert oleh wisatawan Dennis Bartell). 

8. Gurun Hitam, Mesir



Gurun Hitam, Mesir

Terletak 100 km sebelah timur laut dari Putih gurun, Gurun Hitam adalah wilayah pegunungan berapi berbentuk dengan jumlah besar batu hitam kecil. Batu-batu berbaring di tanah oranye-coklat, sehingga tidak cukup sebagai hitam seperti banyak orang mungkin berharap untuk. Terutama setelah mengunjungi gurun putih, yang memiliki formasi yang benar-benar putih, banyak orang akan membayangkan sebuah gurun dramatis seperti ini. Memanjat salah satu dari banyak mengintip lembut, pemandangan dari atas benar-benar indah.

9. Gurun Antartika


Gurun Antartika
Antartika adalah tanah ekstrem. Ini tidak dihuni sepanjang tahun oleh manusia karena itu terlalu dingin. Pada tahun 1983 ilmuwan mencatat suhu ekstrim dingin serendah -129 Fahrenheit. Ini juga merupakan tempat terbasah di Bumi, tetapi sekaligus yang kering. Alasan itu adalah "basah" bukan karena curah hujan; sejak Antartika ditutupi oleh 98% es, secara teknis sangat basah. Namun karena itu juga tempat terdingin di dunia, sangat sedikit curah hujan - kurang dari 2 inci per tahun. Yang membuat Gurun Antartika. Gurun es brutal dingin dengan parit besar penuh bahkan lebih.

10. Gurun Sahara, Afrika Utara



Gurun Sahara, Afrika Utara

Sahara, dengan ukuran 8,6 juta km², adalah padang pasir terbesar di dunia, yang meliputi sebagian besar Afrika Utara. Sekitar 4 juta orang tinggal di sana. Panjang maksimum adalah 4.800 km, berjalan dari barat ke timur, dan sampai 1.200 km dari utara ke selatan. Sahara meliputi sebagian besar Mauritania, Sahara Barat, Aljazair, Libya, Mesir, Sudan, Chad, Niger dan Mali, hingga Maroko dan Tunisia.

Gurun Sahara sangat kering tapi ada curah hujan tahunan di sebagian besar wilayah, meskipun hanya beberapa lusin milimeter.
 
 



Sumber:oddee
    

     

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook