PENEMUAN MANUSIA PURBA HOMO NALEDI DI AFRIKA SELATAN


Penemuan Manusia Purba Homo Naledi Di Afrika Selatan

Mahessa83-Para ilmuwan berhasil menemukan 1.500 tulang milik dari 9 orang manusia purba dari bayi hingga orang dewasa pada sebuah gua di Afrika Selatan baru-baru ini. Spesies dari jenis Homo Naledi ini belum jelas bisa berada di dalam gua. Di perkirakan usia kerangka yang belum ditentukan asalnya ini antara 20.000 tahun hingga 2 juta tahun.

Penemuan Manusia Purba Homo Naledi Di Afrika Selatan

Penemuan ini berkat informasi dari Cavers dua tahun yang lalu dimana Ia melihat tengkorak manusia melalui celah dinding kapur di dalam gua. Tulang-tulang ini terletak dibagian rising Gua Bintang di propinsi Gauteng, Afrika Selatan, salah satu tempat Situs Warisan Dunia Cradle of Humankind  di dalam ruang terpencil yang hanya ada tanjakan dan celah yang sangat curam. Ruangan sempit yang hanya berdiameter 40ft (12 meter) dengan panjang 9 meter dan lebar beberapa kaki saja seperti yang dilaporkan oleh National Geographic.

Kondisi tulang-tulang ini sangat luar biasa, Bahkan tulang pada bagian telinga terlihat sangat halus dan masih dalam keadaan utuh.

Menurut pemimpin penelitian Human Origins, Profesor Chris Stringer di Museum Sejarah Alam, London mengatakan, "Lokasi gua yang sangat sulit dimana tulang-tulang itu di temukan menunjukkan bahwa mereka mungkin telah disimpan disana oleh manusia lain". 

Penemuan Manusia Purba Homo Naledi Di Afrika Selatan

Temuan ini telah memberikan tantangan bagi ilmuwan internasional  yang telah bertugas menganalisis umur dari tulang-tulang tersebut. Dr Stringer menambahkan,"Beberapa fitur dari Homo Naledi seperti tangan, pegelangan tangan dan kaki sangat mirip dengan manusia modern".

Para ilmuwan mengharapkan dengan ditemukannya spesies Homo Naledi ini akan menjelaskan transisi dari Australopithecus ke manusia dan membantu untuk mengungkap bagaimana manusia masuk kedalam kerangka alam selama evolusi mereka.

Australopithecus muncul sekitar empat  juta tahun yang lalu yang memiliki otak tidak lebih besar dari kera.

Spesies kerangka yang ditemukan di Ethiopia pada tahun 1974. Yang berusia sekitar satu juta tahun berlalu sebelum Homo erectus, atau manusia modern, mulai muncul dan banyak evolusi bagaimana manusia dimainkan dari waktu ke waktu ini masih diselimuti misteri.

Para ilmuwan mengakui bahwa itu bisa mengambil beberapa dekade sebelum mereka dapat mengidentifikasi siapa Homo Naledi sebenarnya dan bagaimana ia berevolusi secara lengkap.


Penemuan Manusia Purba Homo Naledi Di Afrika Selatan


Fosil-fosil dari spesies Homo Naledi ini akan dicetak dan akan dipamerkan di Human Evolution Galeri Museum pada akhir bulan November 2015. Pada pameran ini mereka akan disandingkan dengan kerangka dari spesies Australopithecus untuk membandingkan karateristik spesies kuno dan mengungkap bagaimana manusia telah berevolusi selama jutaan tahun.
 

Sumber: dailymail.co.uk   

   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook