6 MANFAAT MAKANAN PROBIOTIK DAN PREBIOTIK BAGI KESEHATAN TUBUH

6 Manfaat Makanan Probiotik Dan Prebiotik Bagi Kesehatan Tubuh  


6 Manfaat Makanan Probiotik Dan Prebiotik Bagi Kesehatan Tubuh

Mahessa83-Probiotik adalah istilah kesehatan yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh. Probiotik ini sering di rekomendasikan oleh Dokter terutama oleh ahli nutrisi. Mikroorganisme ini bisa berupa bakteri, ragi atau mikrofungi. Pada umumnya probiotik yang dikonsumsi masyarakat adalah bakteri, misalnya dari keluarga Lactobacillus, Bifidobacterium dan Enterococcus, dalam bentuk minuman fermentasi seperti yoghurt dan makanan fermentasi seperti acar dan asinan, atau dari hasil industri bioteknologi, yang diaplikasikan ke dalam suplemen berbentuk padat atau cair.

Sedangkan Prebiotik adalah makanan yang tidak dapat dicerna oleh usus yang berfungsi sebagai suplemen untuk pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan. Sumber alami Prebiotik berasal dari produk susu yang mengandung  FOS (Frukto Oligosakarida) dan GOS (Galakto Oligosakarida). Selain itu Prebiotik jenis Inulin (serat karbohidrat oligosakarida), juga terdapat dalam buah-buahan, kacang polong-polongan, biji utuh sereal misalnya gandum, sayur-sayuran misalnya asparagus, brokoli, dan bumbu-bumbu masak misalnya bawang putih, bawang merah, dan bawang prei.
 
Makanan Probiotik dan Prebiotik yang telah banyak dikenal luas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan menambah vitalitas. Seperti membantu meningkatkan penyerapan zat besi, menyingkirkan zat beracun dalam tubuh, membantu proses pencernaan makanan, merangsang terbentuknya zat-zat yang berfungsi untuk kekebalan tubuh, memproduksi beberapa jenis vitamin B dan mendesak pertumbuhan bakteri Patogen di dalam usus.

Makanan Probiotik dan Prebiotik ternyata juga sangat berperan membantu mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut 6 Manfaat Makanan Probiotik Dan Prebiotik Bagi Kesehatan Tubuh seperti yang di laporkan oleh Udoctor.

1. Mencegah Diare

Menurut Allan Walker, M.D, seorang Profesorbagian Pediatri di Sekolah Kedokteran Havard, AS dalam sebuah Alternative Medicine, Memberikan makanan Probiotik pada anak-anak dapat membantu mengurangi Diare jika meminum susu (lactose intolerance), asam, eksem dan rinitis hingga 50% pada anak-anak yang menderita Diare kronis bisa lebih cepat sembuh bila diberi Yogurt yang mengandung Probiotik.

2. Mencegah Infeksi Jamur (Candida Albicans).

Jika Jamur Candida tumbuh di luar kontrol maka akan terjadi Infeksi Jamur pada tubuh. Makanan Probiotik yang mengandung Bakterui Baik (Lactobasillus Acidophilus) mampu melepas hidrogen proksida untuk menciptakan lingkungan asam yang dapat membunur Jamur Candida.

3. Mencegah Tulang Keropos

Beberapa jenis bakteri probiotik bisa memproduksi Vitamin K yang berperan penting dalam memetabolisme tulang. Sebab salah satu terjadinya Tulang Keropos (osteoporosis) adalah karena penggunaan antibiotik yang membunuh probiotik penghasil Vitamin K.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah Dan Trigliserida.

Kadar Kolesterol Dan Trigliserida darah yang berlebihan akan menyebabkan terjadinya Penyakit Jantung dan gangguan pada Pembuluh Darah. Dalam hal ini Probiotik mampu membantu menyerap dan mengeluarkan kadar kolesterol pada saluran pencernaan.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa jenis Bakteri Baik seperti Lactobasillus Acidophilus dan Lactobasillus Bulgarius memiliki efek anti tumor, Sedangkan beberapa jenis Probiotik bisa memecah nitrosamin yaitu zat yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker) yang dihasilkan oleh senyawa nitrat yang berasal dari bahan pengawet yang digunakan pada daging olahan seperti kornet.

6. Mengatasi Radang Usus

Pada umumnya penderita Radang Usus mendapatkan antibiotik untuk membunuh bakteri Helicobacter Pylori. Cara ini memang efektif namun selain membunuh bakteri, Antibiotik juga dapat membunuh bakteri baik yang tubuh kita perlukan sehingga menimbulkan diare sebagai efek sampingnya. Mengkonsumsi Probiotik bersamaan dengan Antibiotik dapat menyeimbangkan flora usus di samping mencegah Diare.

Untuk memenuhi kebutuhan Probiotik bagi tubuh Anda sebaiknya Anda sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Probiotik seperti: Yogurt, Tempe, Ssusu Kedelai, Teh Kombucha, Kefir, Susu, Acar, Kimchi dan makanan dari Jerman Sauerkraut.

Sedangkan Prebiotik banyak terdapat pada Keju, Asinan, Miso (Sup Jepang), Cokelat Hitam dan Minyak Zaitun. 

Nah itulah 6 Manfaat Makanan Probiotik dan Prebiotik Bagi Kesehatan Tubuh kita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan menjadikan tubuh kita tetap sehat sepanjang hari.   



Beberapa jenis bakteri probiotik bisa memproduksi vitamin K yang berperang penting dalam metabolismetulang. Sebab salah satu penyebab terjadinya keropos tulang (osteoporosis) adalah karena penggunaan antibiotik uang membunuh probiotik penghasil vitamin K. - See more at: http://udoctor.co.id/gaya-hidup-sehat/makanan-probiotik-dan-prebiotik-:-dari-diare-sampai-kanker-read-574.html#sthash.8RVT3iq7.dpuf

       
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook