9 PENEMUAN ROBOT KARYA PUTRA INDONESIA

9 Penemuan Robot Karya Putra Indonesia

- Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didifinisikan terlebih dahulu (kecerdasan buatan).  

Berikut 9 Penemuan Robot Karya Putra Indonesia yang sangat luar biasa

1. Robot Tempur

9, Penemuan, Robot, Karya, Putra, Indonesia


Berukuran 1,5 X 0,5 M dengan berat 100 Kg, Robot ini mempunyai mesin penggerak 2 roda dan mampu mengangkat beban hingga 150 Kg. Kecepatan maksimal bisa mencapai 60 Km/jam.

Meski dinyatakan belum sepenuhnya sempurna, Namun robot tempur ini mempunyai kemampuan yang setara dengan robot tempur import. Selain dapat dikendalikan dari jarak jauh, Robot ini dilengkapai kamera pengintai sebanyak 6 unit. Dan sensor ultrasonic yang berguna untuk mengenali setiap hambatan yang di hadapi.

2. Robot Penjinak Bom


9, Penemuan, Robot, Karya, Putra, Indonesia

Robot ini dinamakan Morolipi v1.0. Sebuah mobil Penjinak Bom yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di tahun 2004. Kemudian dilanjutkan hingga tahun 2008.

Spesifikasi Robot Morolipi v1.9 

1m X 1m x 90 cm dengan bobot 80-100 Kg
Mampu berjalan dipermukaan datar atau menanjak melewati anak tangga dengan kecepatan 3 meter/detik tanpa menggunakan energi karena menggunakan kopling elektrik.Memiliki 2 ruas lengan dengan panjang 70 cm dan dapat bergerak bebas ke lima arah, berputar bebas hingga 360 derajad dan juga dapat menekuk.

Fasilitas :
  • Terdapat Gripper sebagai alat penjepit dan pemotong kabel dibagian ujung lengannya.
  • Didukung oleh Camera, Sensor Inframerah, pengontrol artikulator yang dapat mengirim detail gambar ke komputer.
  • Dikendalikan dari jarak maksimal 6 Km dengan menggunakan Joystick 
  • Memiliki rangkaian elektronik penggerak mulai dari kontak dengan roda penggerak, Lengan, Kopling elektronika mekanisme melewati tangga, serta pengontrol supervisor untuk memudahkan pengoperasian.
  • Dapat memotong kabel berukuran 2 mm yang mengalirkan arus listrik sebelum sampai ke bahan peledak.
Robot Morolipi v1.0 menggunakan power accu listrik, Memiliki 4 roda vespa 8 inci plus sabuk roda untuk membantu menaiki tangga tanpa terpeleset. Harga lebih murah 50% dibandingan dengan Robot Import.

3. Robot Pengambil Air Minum

9, Penemuan, Robot, Karya, Putra, Indonesia

Michael Limanto, Gerald Sebastian dan Patrick Wicaksono, Siswa SMP Penabur Gading, Serpong berhasil membuat Delta Easy Water Supply. Mendapat ide dari orang tuanya tatkala pulang kantor menyuruhnya mengambil air minum ayahnya "Mengapa Dispensernya saja yang jalan sendiri" kata Michael pencetus ide  awal, Kemudian dia bergabung dengan dua rekannya untuk membuat implementasinya.

4. Robot Stick Ekstrim

9, Penemuan, Robot, Karya, Putra, Indonesia

Meskipun terbuat dari Stick Es Krim dan Barang Bekas lainnya, Namun robot-robot tersebut memiliki kemampuan yang luar biasa. Robot ini dibagi dua katagori yaitu Robot Sumo dan Robot KetapelRobot Sumo merupakan Robot Aduan, Sementara Robot Ketapel mempunyai kemampuan melempar beban terjauh.

5. Robot Pemadam Api

9, Penemuan, Robot, Karya, Putra, Indonesia

Robot Pemadam Api atau Mobil Pemadam ini buatan Mahasiswa Unikom. Robot ini dilengkapi sensor untuk mendektesi api. Jika ada Api, Robot ini langsung bergerak mencari asal api dan memadamkannya melalui Kipas yang terpasang di Badan Robot.

6. Robot Pemain Angklung

8, Penemuan, Robot, Karya, Putra, Indonesia

Karismanto, Siswa SMP Negeri 14 Bandung  dan Krisna Diastama Siswa SD Islam Ibnu Sina, Berhasil menciptakan Klunbot yaitu sebuah Robot yang bisa memainkan musik Angklung.

Dalam menciptakan Robot Pemain Angklung Krisna menggunakan Robot Lego Mindstorm untuk membuat si robot bekerja. Ia menerjemahkan nada-nada musikal menjadi bahasa program. Ia melakukanya dengan Pernagkat Lunak LeJOS yang biasa digunakan pada Lego. Bahas program inilah yang kemudian diterima oleh bagian penerjemah pesan yang terhubung melalui bluetooth dan selanjutnya ke penggerak.

Ide untuk menciptakan Klungbot  didapatkan ketika Ia menonton pertunjukkan Angklung. Ia berkomentar "betapa rumitnya memainkan musik Angklung itu, Butuh banyak orang dan koordinasi yang rumit hingga ketukkan dan ndanya pas. Dengan menggunakan Klungbot, Musik angklung bisa dinikmati dengan mudah dan tanpa proses yang rumit untuk memainkannya.

Selain menciptakan Klungbot, Krisna juga menciptakan robot pemain alat musik berbahan botol yang di isi air dan robot pemain drums. Kedua alat musik tersebut bisa dimainkan secara bersamaan dengan Klungbot sehingga bisa memproduksi musik seperti musik simphony.

7. Robot Penari Jaipong

9, Penemuan, Robot, Karya, Putra, Indonesia

Robot Penari Jaipong, buatan PENS ini sangat unik. Begitu lagu "Bubuy Bulan" diperdengarkan, maka robot ciptaan mahasiswa yang di ikutkan dalam KRSI ini menari sesuai alunan musik Jaipong.      

8.  Robot Penari Pendet

9, Penemuan, Robot, Karya, Putra, Indonesia


Robot Penari Pendet,yang bernama Putu Ayu dalam ajang KRSI yang diadakan oleh dikti robot. Karena keunikannya robot buatanyg juga buatan robotik PENS-ITS Lewat lima mahasiswanya, yakni Endy, Prasetya Hutomo, Andrew, Garry Hadinata, serta Charles Arista Salim, mereka berhasil meraih juara II dalam Melalui berbagai tahap seleksi,Robot ini punya kemampuan kemampuan membedakan sensor suara, land tracer, gerakan tari pendet, dan punya 22 sendi Robot ini juga memiliki beberapa kelebihan. Selain bisa berjalan sembari menari Pendet, ketika berhasil melewati setiap rintangan,

9. Recorobo


9, Penemuan, Robot, Karya, Putra, Indonesia

Technovision Recorobo adalah Robot cerdas yang bisa bicara. Recorobo sangat bersahabat, menyapa pengunjung untuk mengucapkan kata "Selamat Datang". "Silahkan mengambil Brosur" serta bermacam-macam sapaan lainnya. 

Nah itulah 9 Penemuan Robot Karya Putra Indonesia. Semoga ini menjadi motivasi buat kita untuk lebih maju lagi dalam berkarya.






 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook