PENEMUAN FOSIL YAWUNIK SPESIES BARU DARI MARBLE CANYON

Penemuan Fosil Yawunik Spesies Baru Dari Marble Canyon


Penemuan, Fosil, Yawunik, Spesies, Baru, Dari, Marble, Canyon

Mahessa83 - Sebuah fosil predator baru berhasil ditemukan dengan satu set senjata mematikan dengan wajah bermata empat yang mengungkapkan bahwa anthropoda awal adalah eksperimentalis ketika mereka datang menggunakan badan mereka.

Mahluk laut ini yang disebut sebagai Yawunik Kootenayi hidup pada 508 juta tahun yang lalu selama Periode Cambrian. Ketika kelompok hewan pertama muncul dalam ekosistem yang lengkap dengan panjang 15 centimeter.

Fosil yang menakjubkan yang ditemukan ini adalah spesies baru. Yang ditemukan di Marble Canyon di Kootenay National Park Brtish Colombia.   

Yawunik adalah salah satu spesies yang paling banyak di lokasi Marble Canyon. Sebagai hewan predator kemungkinan memegang posisi kunci dalam rangkaian makanan.

Yawunik termasuk dalam kelompok hewan yang disebut arthropoda leanchoiliid. Silsilah keluarganya meliputi Kalajengking, Laba-Laba, Kupu-Kupu, Semut, Lobster, Udang dan Kepiting    

Anthropoda ini memiliki exoskeloton tubuh keras dengan beberapa segmen. Masing-masing kaki memiliki dapat melakukan pekerjaan untuk makan, bernafas, penginderaan, atau bahkan untuk bersenggama. Tetapi tungkai depan Yawunik berbeda dengan yang ada sekarang, meskipun terlihat agak mungil tetapi dapat digunakan sebagai senjata untuk berburu dan memangsa lawannya.

Setiap bagian depan tubuhnya memiliki tiga cakar yang panjang. Dua diantaranya digunakan untuk menangkap makanan. Kaki Yawunik juga bisa dijadikan sensor untuk mendekteksi makanan dimalam hari yang ada di dekatnya. Yawunik juga bisa menyapu lengan ke belakang dan kedepan untuk menyerang lawannya saat berenang.

Fungsi ganda ini sangat istimewa, karena tidak ada pada jenisnya sekarang ini. Kerabat terdekat Yawunik pada saat ini mungkin seperti laba-laba, kepiting tapal kuda atau kalajengking. Cakarnya mirip dengan laba-laba, 


Setidaknya ada 200.000 fosil yang telah di temukan dari Burgess Shale ini sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1909. Beberapa hewan dari Marble Canyon menyerupai mahluk dari situs fosil yang lebih tua di China dan Australia daripada spesies yang ditemukan di tambang Burgess Shale.

Fosil-fosil adalah campuran dari bahan organik asli dan mineral yang menggantikan bagian dari anatomi Yawunik. Lokasi yang tepat dari Marble Canyon sangat dirahasiakan hal ini disebabkan untuk mencegah orang untuk mengambil fosil-fosil ini.  


Sumber: LiveScience.com   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook