15 MAKANAN PALING ANEH DI DUNIA


1. Tarantula 


15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia


Makanan Tarantula di Kamboja, Makanan aneh ini sangat berlimpah di Kamboja.
Berbicara soal makanan khas, tarantula rupanya adalah kuliner yang paling tersohor di Kamboja.Tarantula di Kamboja dimasak dengan cara digoreng dengan gula, garam dan bawang putih. Inilah tarantula goreng!

Tarantula goreng dapat Anda temui di kota-kota di Kamboja, tapi paling mudah ditemui di wilayah Skuon. Jaraknya hanya 1 jam naik bus dari pusat Kota Phnom Penh.

Di pasar-pasar atau di jalanan di Skuon, Anda begitu mudah menemui pedagang gerobak yang menjual tarantula goreng. Warnanya hitam dan bentuknya masih jelas. Saat digigit, kebanyakan turis merasa seperti memakan udang yang rasanya garing dan gurih.

Harganya hanya beberapa sen Kamboja saja. Tapi kalau tak mau repot, beberapa restoran di Phnom Penh juga menawarkan menu tarantula goreng. Hanya saja, harga satu tarantula bisa di atas USD 1 atau sekitar Rp 11 ribu. Pasti terbesit di benak Anda, mengapa tarantula menjadi makanan khas di Kamboja?

Pada tahun 1970-an saat masa pemerintahan Khmer Merah, masyarakat Kamboja menderita kelaparan parah. Ketika itulah, mereka memakan apa saja demi menyambung hidup, termasuk memakan tarantula. Tak hanya orang dewasa, tapi anak-anak kecil juga melahap tarantula untuk mengganjal perut mereka.

Sampai sekarang, rupanya masyarakat Kamboja masih menyukai tarantula goreng sebagai camilan mereka. Hal tersebut pun menjadi daya tarik bagi turis untuk datang ke Kamboja dan memakannya. Tapi, hanya turis yang berani saja lho...

2. Herring Mentah


15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia




Herring Mentah ini dimakan di Belanda.
Herring adalah makanan khas negara belanda ini sudah ada 6 abad yang lalu. Jika anda sedang traveling ke negara kincir angin ini, sebaiknya anda mencicipi kuliner ini.
Herring merupakan sajian ikan mentah ala belanda. Ikan ini berukuran kecil (tidak sekecil teri) memiliki warna putih seperti perak. Ikan ini biasanya dijumpai di Laut Utara dan Timur, dekat dengan negara tetangganya, Denmark dan Norwegia.

3. Serangga

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Bau Serangga ini di makan di Papua, Indonesia. Bagi kelompok masyarakat tertentu, terutama di Afrika dan beberapa kelompok di Asia, konsumsi larva dan serangga dewasa ternyata memberikan sumbangan zart gizi yang sangat berarti. Di Eropa dan Amerika, perburuan serangga untuk dimakan ternyata juga dilakukan, tetapi tujuannya sebagian besar adalah untuk gaya hidup. Banyak orang di negara-negara maju tersebut menyukai gaya hidup di alam bebas atau alam liar termasuk cara mendapatkan makanannya. Bagi mereka, serangga merupakan makanan favorit yang sering diburu.

4. Bola Mata Tuna

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Bola mata tuna ini di kosumsi di Jepang dan China. Tak perlu banyak dijelaskan, dari penampilannya saja kuliner ini sudah menjijikkan. Jika beberapa kuliner menjijikkan lainnya masih memoles diri agar tak kelihat ekstrem, maka masakan ini sebaliknya. Kamu benar-benar akan melihat bola mata ikan tuna utuh yang bisa membuat perutmu bergejolak.

Jika kamu berpikir negara gila mana yang menyediakan masakan macam ini? Maka tengoklah ke Jepang dan China sana. Di berbagai pasar tradisional atau pasar ikan grosir, mata-mata ikan tuna dijual secara segar siap untuk dimasak.

5. Kumbang

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Kumbang ini dimakan di China. Bagi kebanyakan orang, memakan jangkrik, kaki seribu, kalajengking, kumbang, laba-laba,bintang laut, ulat sutra atau kadal merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah terbayangkan bahkan menjijikkan. Jika pun harus memakannya, sepertinya diperlukan nyali ekstra untuk mengatasi rasa takut dan jijik. Namun tidak demikian halnya dengan sebagian masyarakat China yang terbiasa memakan apapun, termasuk serangga dan reptil yang dimakan sebagai cemilan dengan penuh kenikmatan.

6. Kepiting

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Kepiting tapal kuda dimakan di China. Daging dan telur Kepiting Tapal Kuda bisa dikonsumsi. di China dan Masyarakat Melayu di Kota Tinggi, Johor (Malaysia) menyediakan masakan asam pedas dan sambal tumis belangkas. Namun di dalam belangkas terdapat sejenis racun yang bisa memabukkan. Hanya bagian tertentu saja boleh dimakan dan hanya seorang yang sudah terbiasa dan ahli saja yang mengetahui cara menyajikan makanan laut dari Kepiting Tapal Kuda ini.

7. Gurita Mentah

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Gurita mentah dimakan di China dan Korea.
Apakah anda pernah mendengar sannakji? Sannakji merupakan makanan yang sedang populer di korea saat ini. Negara ini selalu menjadi panutan oleh pecintanya dalam beberapa tahun belakangan mulai dari musiknya, gayanya dan sekarang makanan dari korea pun sangat hangat di perbincangkan oleh dunia.

Makanan ini di sebut sannakji yaitu sajian mentah yang terbuat dari nakji, bahasa korea untuk gurita ukuran kecil atau sedang. Kuliner ini cukup mengerikan karena sannakji di makan dalam keadaan hidup-hidup, cara penyajianya pun gurita yang masih hidup di potong kecil-kecil lalu di bubuhi wijen, serutan daun bawang dan di tambah dengan saus ringan. Gurita yang di sajikan masih hidup, hal ini akan membuat tentakelnya masih aktif bergerak di dalam piring penyajian. Bahkan sannakji terkadang juga di sajikan secara utuh jika ukuran guritanya tidak terlalu besar.

8. Jangkrik

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Jangkrik ini dimasak untuk dimakan.
Hewan bernama jangkrik (gryllus sp) lebih banyak beken sebagai salah satu bahan pakan ayam atau burung. Lebih dari itu, jangkrik sering dipelihara anak-anak ataupun di rumah-rumah sebagai hewan aduan ataupun sebagai pengusir tikus.

Namun, banyak penelitian menyebutkan bahwa kandungan gizi dalam daging jangkrik ternyata bermanfaat bagi manusia. Kandungan proteinnya tiga kali lipat kandungan daging ayam, sapi dan udang.

Jangkrik juga mengandung protein omega 3, omega 6 dan omega 9 yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, konsumsi jangkrik dipercaya dapat menambah stamina tubuh, menambah gairah seksual, serta mampu menunda menopause bagi wanita.

Tak heran jika jangkrik kemudian marak dibudidayakan. Apalagi pada tahun 1998 ketika budidaya jangkrik dan cacing sedang booming. Saat ini, sebagian besar hasil budidaya jangkrik untuk pasokan pakan ternak.

9. Kedelai Busuk

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Kedelai Busuk di kosumsi diberbagai belahan Asia.
siapa sih yang nggak tahu tempe? Makanan yang harganya murah banget, enak, bergizi, dan jadi favorit orang-orang Indonesia ini adalah salah satu contoh makanan yang harus dibusukkan dulu lho. Jadi, tempe ini dibuat dari fermentasi biji kedelai.

10. Janin telur bebek 

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Janin telur bebek dimakan disebagian Asia Tenggara.
Mengonsumsi telur bebek adalah hal biasa. Bahkan telur bebek bayak disukai karena ukurannya yang besar dan nikmat. Tapi, bagaimana jika Anda menyantap embrio bebek?

Di Filipina, embrio bebek menjadi santapan yang lezat dan populer. Makanan ini disebut balut. Balut sendiri adalah telur bebek yang sengaja dierami tapi tidak untuk ditetaskan. Selain bebek, ayam juga bisa digunakan

11. Sup Sarang Burung Walet

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Sup sarang burung Walet dimakan di China. Komposisi Air Liur Walet Glikoprotein, untuk meregenerasi sel-sel tubuh dan kulit. Lemak Air Karbohidrat Protein 17 asam amino esensial, semi-esensial, dan non-esensial. 6 Mineral penting: kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan natrium. Zat Azitothymidine, senyawa turunan yang dihasilkan dari protein yang terkandung di dalam air liur burung walet dapat melawan penyakit AIDS.  

Kaya akan protein, zat besi, kalsium, dan zat gizi lain, sarang burung walet baik dikonsumsi untuk semua kalangan, tua dan muda, pria dan wanita, orang sakit, perokok, ibu hamil, calon pengantin, dan anak-anak. Sup sarang burung walet telah dikonsumsi sebagai makanan gourmet kesehatan (terapi/obat) selama berabad-abad. Air liur yang terkandung dalam sarang walet mengandung zat protein tinggi yang kaya akan glikoprotein.

12. Ikan Kod

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Sperma ikan Kod dimakan diberbagai belahan Asia. Sperma ikan kod atau shirako sangat disukai oleh orang Jepang. Sebenarnya, shirako adalah kantung sperma yang terdapat di semua jenis ikan. Shirako bertekstur creamy dan seperti custard. Orang Jepang biasa menikmatinya dengan cara dikukus dan digoreng.

13. Ulat Mopane

15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Ulat Mopane dimakan di Bostwana.   Ada orang yang merasa jijik makan ulat. Tetapi, bagi banyak orang lainnya, mahluk lunak tak bertulang ini menjadi santapan yang lezat, dan bahkan menjadi makanan kesukaan di beberapa negara Afrika.

Ya, itulah ulat yang bakal menjadi ngengat Kaisar (bahasa Inggris, emperor moth, Latin, imbrasia belina). Di sana, mahluk ini umum dikenal dengan nama ulat Mopane, sesuai dengan nama habitat yang paling disukainya, yaitu pohon Mopane.

14. Belalang


15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Jika berani mencoba kuliner tak lazim, coba sempatkan mencicip kuliner unik ini. Belalang goreng di Gunungkidul dipercaya rasanya enak dan kaya protein.

Di sepanjang jalan menuju Pantai Indrayanti, Gunungkidul, saya melihat beberapa orang berjualan di pinggir jalan. Yang menarik adalah yang dijual, sebuah makanan yang bagi saya agak geli membayangkannya yaitu Walang Goreng alias belalang goreng.

Belalang memang boleh dimakan, namun karena tak lazim membayangkannya saja bikin geli. Setiap orang yang belum pernah mencicipi kuliner ini pasti ragu untuk memakannya termasuk juga saya.

15. Kadang Kering Sanshouo


15, Makanan, Paling, Aneh, Di, Dunia

Kadal Kering dijadikan sup di Jepang.
Menggunakan salamander, yaitu binatang sejenis kadal dengan tubuh lebih ramping dan ekor panjang yang dipanggang, makanan ini bahkan dianggap aneh oleh masyarakat Jepang. Makanan ini berupa salamander yang dipanggang dan disajikan dengan saus manis. Sekilas cara memasaknya hampir sama dengan yakitori. Namun rasanya, jauh dari rasa burung atau ayam bakar.


Sumber: oddee.com

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook