10 KUIL HINDU PALING INDAH DI DUNIA

10 Kuil Hindu Paling Indah Di Dunia


- Kuil atau Candi adalah struktur bangunan yang digunakan untuk kegiatan keagamaan atau spiritual. Kuil juga dikaitkan dengan rumah tempat tinggal dewa.

Pada hari keagamaan umat Hindu seperti Nyepi, biasanya ummat Hindu berkunjung untuk melakukan ritual dan do'a keagamaan. Selain sebagai tempat peribadatan, kuil atau candi ini juga dijadikan tempat pariwisata karena struktur bangunannya yang sangat indah dan menakjubkan untuk dilihat.

Berikut 10 Kuil Hindu Paling Indah Di Dunia yang banyak mendatangkan turis mancanegara.  

1. Candi Prambanam



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia

Candi Prambanam atau Candi Jonggrang adalah komplek candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Komplek candi ini terletak di kecamatan Prambanam, Sleman dan Kecamatan Prambanam, Klaten.

Candi ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus candi paling indah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama dengan ketinggian mencapai 47 meter menjulang ditengah komplek gugusan candi-candi yang lebih kecil. 

Sebagai salah satu Candi Terindah di Asia Tenggara, Candi Prambanam menjadi daya tarik para wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang ke Candi Prambanam.


2. Angkor Wat



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia


Angkor Wat adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja. Kuil ini dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu 30 tahun. 

Angkor Wat terletak 55 Km di utara  kota modern Siem Reap. Candi ini berada di kawasan kelompok pecandian terpenting di Kamboja juga merupakan candi paling Selatan dari kelompok candi di kota Angkor.


3. Kuil Kanchipuram



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia


Kuil yang terletak di India Selatan  ini dikenal sebagai Kuil Kuno Hindu dan terkenal akan Sari Sutranya. Kanchipuram sendiri dapat diartikan "kota 1000 kuil" karena disini banyak terdapat kuil-kuil seperti kuil Varadharaja Perumal untuk dewa Wisnu dan kuil Ekabaranatha yang merupakan salah satu dari lima bentuk tempat tinggal dewa Siwa.  


4. Tanah Lot



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia


Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak diatas batu besar. Satu terletak diatas bongkahan batu dan satunya lagi terletak diatas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. 

Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal karena tempatnya yang paling Indah untuk melihat matahari tenggelam. 


5. Khajuraho



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia


Khajuraho adalah sekelompok candi Hindu dan Jainisme yang terletak di Khajuraho sebuah kota negara bagian Madhya Pradesh, distrik Chhatarpur, sekitar 620 Km sebelah tenggara India. Candi ini adalah salah satu daya tarik wisata paling populer di India. Khajuraho memiliki banyak bangunan kuil hindu dan Jainisme periode pertengahan yang terkenal akan patung-patungnya yang erotis. Kelompol monumen Khajuraho ini juga masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan dianggap sebagai salah satu "Tujuh Keajaiban India" 


6.  Kuil Brihadeeswara



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia


Kuil ini terletak di Thanjavur, India. dibangun oleh Raja Chola pada abad ke-11 masehi. Kuil ini merupakan kuil pertama di dunia yang keseluruhannya dibangun dari batu granit. Brihadeeswhara adalah contoh brillian dari gaya arsitektur kuil Dravida. Menara kuil ini memliki tinggi 66 meter yang merupakan menara kuil tertinggi di dunia.


7. Banteay Srei



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia


Banteay Srei adalah candi khmer yang dibangun pada abad ke-10 masehi. Candi ini diprsembahkan kepada dewa Siwa, dewa utama dalam agama Hindu. Candi ini terletak dikawasan kota purbakala Angkor di Kamboja. Candi ini terletak di dekat bukit Phnom Dei berjarak sekitar 25 Km timur laut gugusan utama bangunan yang merupakan kawasan ibukota kuno Yasodharapura dan Angkor Thom.

Banteay Srei dibangun dari batu pasir berwarna merah dengan ukiran yang halus dan rumit. Sangat indah, dilestarikan dan  dapat disaksikan oleh pengunjung hingga kini. Tak salah jika kuil ini dinamakan "permata dari Khmer" oleh kalangan wisatawan mancanegara.   


8. Kuil Viruphaksa



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia


Kuil Viruphaksa di kota Hampi, India dimulai sebagai kuil kecil dan tumbuh menjadi sebuah komplek besar dibawah penguasa Wijayanagara. Dyakini kuil ini telah berfungsi tanpa terputus sejak kuil kecil yang dibangun pada abad ke-7 masehi yang membuatnya menjadi salah satu kuil Hindu tertua yang masih berfungsi di India. Menara pintu masuk candi ini memiliki tinggi 50 meter.


9. Sri Ranganathaswamy



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia


Didedikasikan untuk dewa Ranganatha (salah satu bentuk dewa Wisnu), Sri Ranganathaswamy di Srirangam, India adalah sebuah kuil penting yang jutaan menerima pengunjung dan penziarah setiap tahunnya. Dengan luas 156 hektar, Sri Ranganathawamy adalah salah satu komplek keagamaan terbesar di dunia.    


10. Kuil Meenakshi Amman



10, Kuil, Hindu, Paling, Indah, Di, Dunia


Kuil Meenakshi Amman adalah candi Hindu bersejarah yang terletak di selatan sungai Vaigai di kota kuil dari Madurai, Tamil Nadu, India. Hal ini didikasikan untuk Parvati yang dikenal sebagai Meenakshi dan kekasihnya Shiva. Candi membentuk jantung dan jalur kehidupan kota tua 2.500 tahun dari Madurai dan merupakan simbol yang signitifkan bagi rakyat Tamil.

Semoga artikel 10 Kuil Hindu Paling Indah Di Dunia dapat menambah wawasan kita semua.

Dari berbagai sumber



Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook