PENEMUAN NENEK MOYANG UDANG BERUSIA 485 JUTA TAHUN

Penemuan Nenek Moyang Udang Berusia 485 Juta Tahun



Penemuan, Nenek, Moyang, Udang, Berusia, 485, Juta, Tahun


- Tim peneliti berhasil menemukan fosil Nenek Moyang Udang sepanjang 7 meter di laut Maroko yang diperkirakan berusia 485 tahun.

Menurut Journal Nature edisi terbaru mereka disebut anomalocaridids yaitu mereka hidup seperti ikan paus balin dibandingakn dengan udang yang kita kenal sekarang ini.

Penulis Peter Van Roy dari Yale University dan Ghent University serta rekannya Allison Daley dan Derrek Bringgs menuliskan sisa-sisa  anomalocaridid Aegirocassis benmoulae ini bisa tumbuh hingga 7 meter.

Sisa-sisa spesies yang digali disebuah situs di Maroko, Anatomi ini menunjukkan bahwa ketika hidup, ia akan pasif menyaring keluar plankton dan makanan lainnya di dalam air. Suatu struktur penyaringan khusus untuk menyaring makanan.

Dalam study ini menunjukkan bagaimana metode kuno pemberian makan dilakukan  seperti ini yang terjadi pada kerang, bunga karang, paus balin, hiu, burung flamengo, bebek dan hewan lainnya yang ada penyaring makanannya. 

Binatang laut yang ditemukan ini biar bagaimanapun adalah nenek moyang udang, krustasea lainnya seperti serangga dan laba-laba.

Jika anda melihat lebih dekat pada gambar diatas, Anda akan melihat bahwa masing-masing segmen batangnya memiliki penutup yang memiliki kemiripan baik saat berjalan. Tutup pada insangnya juga terlihat sama dengan binatang yang ada saat ini seperti pada laba-laba dan krustasea.

Para ilmuwan telah menemukan keluarga yang lebih tua dari hewan-hewan purba pada 500 juta tahun yang lalu. Bentuk mereka lebih kecil dan tidak sesuai dalam menyaring makanan tidak seperti yang ada pada nenek moyang udang ini.

Udang yang ada sekarang ini makan plankton juga tetapi mereka juga memakan cacing laut dan beberapa kerang kecil. Mereka kadang-kadang mencicipi ikan atau kepiting  mati. Ketika tidak ada makanan lagi mereka juga saling memakan teman mereka untuk bertahan hidup. 

Van Roy dan rekannya mengatakan bahwa ada penyaring makanan besar yang ditemukan saat ini. Menunjukan bahwa kehidupan di laut Maroko kaya akan Makanan sebelum zaman Dinosaurus.

Sumber: Discovery.com   

  





Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook