MISTERI ADAM BRIDGE JEMBATAN PURBA TERTUA DI DUNIA


Misteri Adam Bridge Jembatan Purba Tertua Di Dunia

Mahessa83-Adam Bridge atau Rama Bridge merupakan salah satu "Mysterious Places in the World". adalah rangkaian batu kapur buatan (bukan karena peristiwa alam) Jembatan Purba misterius sepanjang 18 mil (30 km) yang menghubungkan pulau Mannar (Srilangka) dengan pulau Pamban (India). Jembatan purba ini diperkirakan telah berusia lebih dari 1.000.000 tahun. Citra dari Jembatan Adam ini sangat mudah terlihat dari atas permukaan air laut karena letaknya yang tidak terlalu dalam. yaitu hanya tergenang 1-2 meter jika air laut sedang surut. Status dari jembatan purba ini masih sebuah misteri hingga saat ini. Dan menurut tafsiran para ahli, diperkirakan Jembatan Adam ini erat kaitannya dengan wiracarita terkenal India, Ramayana. 

Jembatan itu pertamakali disebutkan dalam wiracarita berbahasa Sangsekerta, Ramayana gubahan Walmiki. Dunia barat menemukannya pertama kali dalam buku "Karya bersejarah di abad ke-9" oleh Ibnu Khordadbeh, dalam buku tentang jalan dan negara sekitar (850 M). Merujuk pada tempat yang disebut Set Bandhai atau Jembatan Laut. 

Misteri Adam Bridge Jembatan Purba Tertua Di Dunia

Menurut wiracarita Ramayana jembatan itu dibangun oleh pasukan manusia monyet (wanara) dibawah pengawasan Rama. Dan dalam pewayangan Jawa disebut "Situbanda" atau "Situbandalayu". Maksud dari pembangunannya itu sendiri adalah sebagai tempat penyeberangan menuju kerajaan Alengka dalam misi untuk menyelamatkan Dewi Sinta, dimana pada saat itu Dewi Sinta sedang berada dala masa penculikan oleh Raja Alengka yaitu Rahwana.

Menurut sejarah Hindu, sejarah dunia terbagi menjadi 4 masa. yaitu Satyayuga (1.728.000 tahun), Tretayuga (1.296.000 tahun), Dwaparayuga (864.000 tahun) dan Kaliyuga (432.000 tahun). Tahap sekarang menurut kalender mereka adalah Kaliyuga. Kisah Ramayan dalam kalender Hindu terjadi pada masa Tretayuga. Berati menurut catatan dalam epos tersebut usia dari Jembatan Adam adalah berkisar 1.700.000 tahun. 

Berikut cuplikan videonya :



Karena memisahkan laut India dan Sri Lanka, wilayah itu disebut Sethusamudram yang berarti "Jembatan Laut". Petanya dibuat oleh pembuat peta Belanda pada tahun 1747, tersimpan di Perpustakaan Saraswati Mahal di Tanjore, menunjukkan wilayah ini sebagai Ramancoil, dari bahasa Tamil "Raman Kovil" (Kuil Rama) Peta lain disusun oleh J. Rennel tahun 1788 diambil dari perpustakaan yang sama, menyebut daerah ini sebagai Kuil Rama

Peta lainnya terdapat di atlas sejarah Schwartzberg dan sumber-sumber lain menyebut daerah ini dengan berbagai nama seperti koti, Sethubandha dan Sethubandha Rameswaram. Ramayana gubahan Walmiki menyatakan pembangunan jembatan ini di bawah komando Rama dalam ayat 2-22-76.

Peta pertama yang menyebut daerah ini Jembatan Adam (Adam's bridge) dibuat oleh pembuat peta dari Inggris pada tahun 1804, merujuk kepada legenda Islam, yang menyatakan bahwa Nabi Adam menggunakan jembatan untuk mencapai Puncak Adam di Sri Lanka, dimana ia berdiri bertobat dengan satu kaki selama 1.000 tahun , meninggalkan tanda berupa lubang besar menyerupai tapak kaki. Baik puncak maupun jembatan diberi nama menurut legenda ini.


Sumber: id.wikipedia
    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook