8 PANTAI WISATA TANJUNG PANDAN BELITUNG PALING POPULER

8 Pantai Wisata Tanjung Pandan Belitung Paling Populer



 

Mahessa83-Banyak tempat tujuan wisata di negeri sendiri dan tak heran banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Indonesia untuk menikmati pemandangan alamnya yang sangat indah dan menakjubkan. Salah satunya tempat wisata yang ada di Pulau Pandan, Kabupaten Tanjung Pandan, Propinsi Bangka Belitung Indonesia. Tanjung Pandan juga merupakan tujuan wisata terpopuler pada tahun 2014 lalu. Berikut 8 Pantai Di Tanjung Pandan yang sangat Eksotik dan Menakjubkan.

1. Pantai Tanjung Tinggi


8 Pantai Wisata Tanjung Pandan Belitung Paling Populer

Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Bilik yang berjarak sekitar 2 kilometer dart Pantai Tanjung Kelayang ini terletak di Dusun Tanjung Tinggi, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi berbentuk teluk kecil sepanjang sekitar 1000 meter. Dengan pasir putihnya serta hamparan batu granit yang tersusun rapi seolah-olah kita berada dikawasan yang penuh dengan khayalan. Di bagian timur Pantai Tanjung Tinggi ini terdapat bebatuan yang membentuk lorong. Panorama Pantai Tanjung Tinggi memang sangat eksotis dan sangat menakjubkan. Selain memiliki panorama yang sangat indah, Pantai Tanjung Tinggi juga dijadikan kawasan memancing, diving, bermain jetsky, dan olahraga laut lainnya. Bahkan keindahan biota lautnya seperti terumbu karang dan ikan-ikannya dapat kita lihat dengan kasat mata dari atas kapal.  

Tidak hanya pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan, Di Pantai Tanjung Tinggi secara rutin diadakan ritual Buang Jong setiap tahunnya. Buang Jong adalah salah satu adat masyarakat sekitar untuk keselamatan para nelayan. Maka tidak diragukan lagi selain kita bisa menikmatai pemandangan alamnya di Pantai Tanjung Tinggi ini kita juga bisa melihat pagelaran adatnya.

Pantai yang berjarak sekitar 31 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan ini dapat ditempuh dengan mobil pribadi atau menyewa dari rental mobil yang banyak terdapat di kota Tanjung Pandan. Dengan biaya Rp. 250.000,- perhari. Beberapa penginapan juga banyak terdapat ditempat ini dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Pantai Penyabong


8 Pantai Wisata Tanjung Pandan Belitung Paling Populer

Pantai Penyabong adalah tempat tujuan wisata yang terdapat di Pulau Belitung. Tepatnya terletak di dusun Batu Lubang, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Belitung. 

Pantai ini memiliki keindahan alam yang hampir sama dengan yang ada di Pantai Tanjung Tinggi. Yang membedakannya adalah di Pantai Penyabong ini terdapat sebuah batu granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lainnya yang menjorok ke laut yang menyerupai dermaga alami. Selain itu ditempat ini banyak tumbuh Pandan Laut yang tumbuh berderet rapi di sepanjang bibir pantai. 

Selain itu pasir putihnya yang sangat indah, juga pantainya yang sangat landai, ombak laut yang sedang, air laut yang jernih dan bersih sehingga nyaman dan aman saat berenang,

3. Pantai Nyiur Melambai


8 Pantai Wisata Tanjung Pandan Belitung Paling Populer

Pantai Nyiur Melambai adalah salah satu pantai yang sudah sangat terkenal di Belitung Timur. Terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kota Belitung Timur. Propinsi Bangka Belitung.

Panorama di pantai ini sangat menakjubkan di pagi hari. Banyak pengunjung yang datang di pagi hari untuk menyaksikan matahari terbit (sunrise) terutama pada hari libur. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memanjang dan deretan pohon pinus yang menjadikan suasana di pantai ini begitu teduh dan sejuk.

4. Pantai Lengkuas


8 Pantai Wisata Tanjung Pandan Belitung Paling Populer

Salah satu andalan pariwisata di Bangka Belitung yaitu Pulau Lengkuas. Jika Anda pernah melihat filim Laskar Pelangi, Anda sudah menyaksikan keindahan pulau ini. Pulau Lengkuas merupakan salah satu pulau dari berbagai pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Pulau kecil dengan luas kurang dari satu hektar ini terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung . Di sekitar pulau banyak terdapat batu-batu granit yang bisa dicapai dengan berjalan kaki melewati lautan dangkal dengan kedalaman kurang dari 1,2 meter.

Pantai di Pulau Lengkuas ini sangat indah, air lautnya sangat bersih dan jernih bahkan Anda bisa dengan jelas menyaksikan ikan-ikan berenang di dalamnya. Sangat cocok untuk snorkeling. Pasirnya putih dan banyak ditumbuhi oleh pepohonan. 

Yang paling menarik di Pulau Lengkuas ini yaitu sebuah mercusuar tua yang telah dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1882. Walaupun usianya sudah sangat tua tapi sampai saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai rambu lalulintas kapal yang keluar masuk ke Pulau Belitung. Tinggi mercusuar ini kurang lebih 50 meter. Naiklah ke atas dan nikmati pemandangan Pulau Lengkuas yang jauh lebih indah dari atas mercusuar. Di Pulau Lengkuas ini hanya dihuni oleh tiga orang yang merupakan penjaga mercusuar. Para penghuninya sangat ramah kepada setiap pengunjung pulau. Berkunjunglah ke Pulau Lengkuas saat bulan Maret sampai November tiap tahunnya karena pada bulan-bulan tersebut ombaknya cenderung tenang.

5. Pantai Punai


8 Pantai Wisata Tanjung Pandan Belitung Paling Populer

Mayoritas pantai yang ada di Pulau Belitung merupakan pantai berpasir putih, salah satunya adalah Pantai Punai. Pantai Punai terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Pantai berpasir putih yang masih sangat alami ini memiliki bebatuan granit yang tersebar di pinggir pantai dari ukuran yang besar hingga kecil dan air laut yang biru jernih serta nyiur yang melambai di sepanjang pantai. 

Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur. Pantai Punai memiliki wilayah yang luas, gradasi air laut yang indah dan ombak yang tenang sehingga menjadikan pantai ini cocok sebagai tempat untuk bersantai, berenang, memancing bahkan menyelam. Tak jauh dari pantai ini terdapat pulau kecil bernama Pulau Punai yang dahulu merupakan tempat singgah para burung punai. Ketika air surut, wisatawan dapat menuju pulau kecil ini.
Pemandangan alam yang disuguhkan Pantai Punai memberikan kesan damai dan tenang bagi para wisatawan. Di sore hari, cakrawala Pantai Punai saat sunset juga merupakan pemandangan yang tak kalah indah. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga tak ada salahnya jika anda merencanakan berlibur ke pantai cantik yang satu ini.

6. Pantai Mudong


8 Pantai Wisata Tanjung Pandan Belitung Paling Populer

Pantai Mudong merupakan salah satu obyek wisata yang berada di perbatasan antara Kecamatan Manggar dengan Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Pantai ini juga sering disebut dengan nama Pantai Rekreasi Ghina. Terletak di bagian timur dari Pulau Belitung, pantai ini memiliki kondisi alam yang masih asri dan alami.

Sama seperti pantai lain yang berada di Pulau Belitung, pantai ini berciri khas dengan pasir putih dan air laut yang jernih, kontur pantai yang landai dan ombak yang kecil. Hal tersebut menjadikan pantai ini aman untuk berenang. Anda pun juga bisa memancing di pantai ini. Selain itu, pemandangan cakrawala di Pantai Mudong ini juga banyak disaksikan oleh banyak orang, menjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi pada sore hari. Pohon nyiur yang berderet melambai-lambai di pinggir pantai ini pun juga seakan ikut meramaikan suasana Pantai Mudong yang pernah menjadi tempat syuting soundtrack film Sang Pemimpi.

7. Pantai Keramat


8 Pantai Wisata Tanjung Pandan Belitung Paling Populer

Namanya memang Pantai Keramat namun tidak ada nuansa menyeramkan di lokasi obyek wisata yang satu ini. Obyek wisata yang terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung ini justru menyuguhkan keindahan alam pantai yang hampir sama dengan keindahan alam pantai lainnya yang berada di Pulau Belitung. 

Kebanyakan pantai di Pulau Belitung memiliki pasir putih yang halus, air laut yang jernih, kontur pantai yang landai dan ombak yang kecil. Begitu pula dengan Pantai Keramat ini juga memilki hal sama. Keadaan alam di lokasi pantai ini masih alami karena belum terjamah oleh banyak tangan jahil dan belum dikelola oleh pemerintah setempat. Pantai ini cocok untuk berenang maupun memancing.

Pantai ini dinamakan Pantai Keramat karena di jarak sepuluh meter dari bibir pantai ini terdapat gugusan batu yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Dahulu warga sekitar sering mengadakan berbagai acara ritual di gugusan batu ini. Gugusan batu ini pun oleh warga sekitar disebut dengan nama Batu Keramat. Keberadaan pantai yang berada di dekat Batu Keramat ini menjadikan pantainya dikenal dengan nama Pantai Keramat.

8. Pantai Teropong Bukit Samak


8 Pantai Wisata Tanjung Pandan Belitung Paling Populer

Pantai Teropong berada satu wilayah dengan Pantai Keramat yang terletak di desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur Propinsi Bangka Belitung. Dinamakan Pantai Teropong karena pada masa penjajahan Belanda terdapat sebuag teropong yang dipasang disebuah bukit oleh Tentara Belanda untuk mengawasi kapal-kapal pembawa minyak yang kelaur masuk dermaga Olivir.

Pantai Teropong ini memang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini sebenarnya memiliki pemandangan yang sangat indah terutama saat matahari terbit. Pemandangan Bukit Samak dengan pepohonannya yang rindang, air laut yang bitu dan jernih serta hamparan pasirnya yang putih berkilau akan semakin memanjakan mata saat semburat sang surya muncul dari peraduannya.    

Nah itulah 8 Pantai Yang Sangat Indah dan Menakjubkan di Tanjung Pandan, Propinsi Bangka Belitung. Semoga menjadi referensi anda untuk datang berlibur ke tempat-tempat ini.




     

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook