MENGENAL 7 LEGENDA PEMUSIK DUNIA SEPANJANG MASA

Mengenal 7 Legenda Pemusik  Dunia Sepanjang Masa


Mahessa83-Dalam dunia seni suara kita mengenal banyak penyanyi kelas dunia yang sangat melengenda. Meskipun mereka telah tiada tetapi karya-karyanya tetap terdengar sepanjang masa. Mereka mulai dari penyanyi reagge seperti Bob Marley, penyanyi rock n' roll Elvis Presley atau raja pop dunia Michael Jackson.
Berikut 7 Legenda Penyanyi Dunia Sepanjang Masa yang tidak akan mudah tergantikan. Siapa saja para penyanyi dunia tersebut? Simak ulasannya dibawah ini, 

1. John Lennon

Mengenal 7 Legenda Pemusik  Dunia Sepanjang Masa

John Winston Ono Lennon atau dikenal sebagai John Lennon pria kelahiran Liverpool, Inggris pada 9 Oktober 1940 meninggal pada 8 Desember 1980 di New York City, Amerika Serikat adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, instrumentalis, penulis dan aktivis politis yang dikenal orang diseluruh dunia sebagai pemimpin dari grup musik legendaris The Beatles. Lennon dan Paul McCartney membentuk partnership pencipta lagu yang paling sukses dan berhasil hingga saat ini. Setelah bubarnya The Beatles pada tahun 1970, Ia sukses dengan karier solonya. Salah satu hits yang paling terkenal hingga kini adalah lagu Imagine. Lagu yang kemudian menjadi salah satu himme perdamaian dunia.

Lennon juga menunjukkan sifatnya yang pemberontak dan selera humornya yang sinis dalam film-film seperti A Hard Day's Night (1964), dalam buku yang ditulisnya seperti In His Own Write, konferensi pers dan wawancara. Ia menggunakan kepopulerannya untuk kegiatannya sebagai aktivis perdamaian, seniman dan penulis.

Lennon dua kali menikah, yaitu dengan Cynthia Powell pada tahun 1962 dan seniman Jepang, Yoko Ono pada tahun 1969. Ia memiliki dua orang anak, Julian Lennon (lahir tahun 1963) dan Sean Taro Ono Lennon (lahir tahun 1975). Ia meninggal di New York pada usia 40 tahun, ditembak oleh Mark Chapman, penggemarnya yang gila.

2. Elvis Presley


Mengenal 7 Legenda Pemusik  Dunia Sepanjang Masa

Elvis Aaron Presley pria yang lahir di Tupelo, Mississippi, Amerika Serikat pada 8 Januari 1935 dan meninggal di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat pada 16 Agustus 1977 adalah seorang penyanyi rock ' n roll legendaris dan terpopuler yang berasal dari Amerika Serikat. Ia juga seorang produser musik dan aktor yang berjuluk "Raja Rock n' Roll" . Berkat lagu-lagunya yang memadukan irama rock n' roll dengan lagu-lagu ballad dunia rock n' roll memperoleh fondasi komersial yang selanjutnya dapat dikembangkan oleh para musisi rock n' roll. Pada masa kejayaannya konser-konser Elvis dihadiri massa (kebanyakan remaja) dalam jumlah yang sangat besar. Gaya, sifat dan cara berpakainnya menjadi simbol musik rock n' roll dan banyak ditiru oleh penggemarnya.

3. Frank Sinatra


Mengenal 7 Legenda Pemusik  Dunia Sepanjang Masa

Francis Albert Sinatra (lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat, 12 Desember 1915 – meninggal di Palm Springs, California, Amerika Serikat, 14 Mei 1998 pada umur 82 tahun) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat dan aktor pemenang Piala Oscar.

Memulai karier musiknya di era musik Swing bersama Harry James dan Tommy Dorsey, Sinatra menjadi penyanyi solo yang sukses di era tahun 1940-an. Ia menjadi idola remaja saat itu yang menjuluki diri mereka "bobby soxers". Karier profesionalnya terkesan macet di awal era tahun 1950-an, tapi langsung meledak kembali setelah ia memenangkan Piala Oscar sebagai pemeran pembantu terbaik dalam film "From Here to Eternity".

Sinatra kemudian dikontrak oleh Capitol Records dan meluncurkan beberapa album yang dipuji para kritikus musik, seperti In the Wee Small Hours, Songs For Swingin' Lovers, Come Fly With Me, Only the Lonely dan Nice 'n' Easy. Ia meninggalkan Capitol Records untuk mendirikan perusahaan rekaman sendiri, Reprise Records (yang sukses dengan album-albumnya Ring-A-Ding-Ding, Sinatra at the Sands dan Francis Albert Sinatra & Antonio Carlos Jobim), melakukan tur internasional. Sahabat baiknya antara lain The Rat Pack (Dean Martin, Sammy Davis, Jr., Peter Lawford dan Joey Bishop) dan Presiden John F. Kennedy di awal era tahun 1960-an.

Ketika Sinatra berusia lima puluh tahun pada tahun 1965, ia merekam album retrospeksi berjudul September of My Years dan memenangkan Grammy Award Best Album Of The Year. Lagu-lagunya "Strangers in the Night" dan "My Way" meledak di pasaran di dekade 1960. Ia berupaya untuk bertahan di tengah-tengah perubahan selera dalam musik pop. Tapi dengan menurunnya penjualan album-albumnya, setelah terlibat dalam beberapa film yang gagal di pasaran dan mid-life crisis yang dialaminya (kematian ibunya dan penggantian keadaan fisik) ia memutuskan untuk pensiun dari dunia seninya pada tahun 1971.

Keluar dari masa pensiunnya pada tahun 1973, Sinatra kembali merekam beberapa album. Salah satu lagunya yang menjadi hit adalah "(Theme From) New York, New York". Ia kembali tur menyanyikan lagu-lagunya baik di Amerika Serikat maupun di negara-negara lain hingga beberapa tahun sebelum ia meninggal pada tahun 1998.

4. Bob Marley


Mengenal 7 Legenda Pemusik  Dunia Sepanjang Masa

Robert Nesta Marley"Bob" Marley pria kelahiran Nine Mile, Saint Ann, Jamaika, 6 Februari 1945 – meninggal di Miami, Florida, Amerika Serikat, 11 Mei 1981 ) adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan musisi reggae berkebangsaan Jamaika. Bob Marley sampai saat ini dikenal di seluruh dunia sebagai musisi reggae yang paling tersohor dalam dunia musik reggae. Dia diakui perannya dalam memopulerkan dan menyebarkan musik Jamaika dan Gerakan Rastafari ke seluruh dunia.

Bob Marley menikahi Rita Marley pada Februari 1966. Dan Rita-lah yang memperkenalkan Bob pada Rastafarianism. Pada tahun 1969, Bob, Tosh dan Livingston secara penuh telah memeluk Rastafarian, yang sangat memengaruhi musik mereka dan reggae pada umumnya. selama empat tahun terakhir.

Bob Marley mengawali karirnya dengan the Wailers, grup yang dia bentuk bersama Peter Tosh dan Bunny Livingston pada tahun 1963.

The Wailers berkolaborasi dengan Lee Scratch Perry, menghasilkan hit-hit unggulan seperti Soul Rebel, Duppy Conquerer, 400 Years dan Small Axe. Kolaborasi tersebut berakhir pahit karena Perry menjualnya di Inggris tanpa persetujuan the Wailers. Namun peristiwa tersebut berbuah manis, Chris Blackwell, pemilik Island Records mengontrak the Wailers dan memproduseri album mereka CATCH A FIRE dan BURNIN.

Pada tahun 1976, Bob Marley hijrah ke Inggris. Kreatifitasnya tak mereda, EXODUS berhasil nangkring di British charts selama 56 minggu. Kesuksesan ini diikuti album berikutnya, yaitu KAYA. Kesuksesan tersebut mampu mengantarkan musik reggae ke dunia barat untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1977, Bob Marley divonis terkena kanker kulit, namun disembunyikan dari publik. Bob Marley kembali ke Jamaica tahun 1978, dan mengeluarkan SURVIVAL pada tahun 1979 diikuti oleh kesuksesan tur keliling Eropa.

Bob Marley melakukan 2 pertunjukan di Madison Square Garden dalam rangka merengkuh warga kulit hitam di Amerika Serikat. Namun pada tanggal 21 September 1980, Bob Marley pingsan saat jogging di NYC's Central Park. Kankernya telah menyebar sampai otak, paru-paru dan lambung. Penyanyi reggae inipun akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di Miami Hospital pada 11 Mei 1981 di usia 36 tahun, dengan meninggalkan seorang istri dan 5 orang anak.


5. Jimmy Hendrik

Mengenal 7 Legenda Pemusik  Dunia Sepanjang Masa

James Marshall "Jimi" Hendrix pria kelahiran Seattle, Washington, Amerika Serikat, 27 November 1942 – meninggal di London, Inggris, 18 September 1970) adalah musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika. Ia sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock.

Dipandang terutama sebagai pemain rock, tetapi latar belakang, teknik, dan pilihan – pilihan nadanya tipikal blues. Terpengaruh antara lain oleh BB King dan Muddy Waters. Pernah bekerja dengan berbagai tokoh soul/R&B termasuk Little Richard, Curtis Knights, Ike Turner, sampai ia ‘ditemukan’ oleh pemain bas Animals, Chas Chandler yang membawanya ke Inggris. ‘Jimi Hendrix Experience’ dibentuk pada tahun 1966 dengan Noel Redding sebagai pemain bass dan Mitch Mitchell sebagai drummer. Hit awalnya akhirnya membawanya ke para pendengar Amerika. Pertunjukan live yang patut dicatat di antaranya Monterey Pop Festifal, Woodstock, dan Isle of Wight Festifal (dua pertunjukan terakhir terjadi setelah Redding mengundurkan diri pada 1969). Meninggal saat tidur, tercekik oleh muntahannya sendiri pada tanggal 18 September 1970.

Gaya Permainan

Sensasional adalah kata yang paling pas. Bending gila – gilan, tukikan whammy bar, feedback terkontrol (dan yang tidak terkontrok), semuanya dimainkan pada volume yang amat sanagt keras. Komposisinya yang lebih tenang menonjolkan nada – nada lembut dengan menggunakan hammer-on, dan dinamika distorsi yang diatur oleh petikan pick. Hampir selalu menngunakan tangga nada minor pentatonic, namun solo dan riff-nya yang juga menonjolkan tangga nada mator pentatonic, Mixolydian, dan natural minor.
 

Teknik yang Bisa Dicuri
 

Teknik penuh aksi yang bisa menghibur penonton mana pun (misalnya, memainkan gitar di belakang kepalamu, membakar gitar, perilaku tak senonoh dengan whammy bar, dan lain – lain) dianngap asusila oleh kebanyakan penggemarnya, jadi berhati – hatilah menggunakannya. Tapi jurus – jurus teknis apa pun siap dimanfaatkan. Coba mainkan trill sambil menggerakkan whammy bar, gerakkan wah – wah sambil memainkan lick solo yang cepat; matikan akord yang ‘tak bertitinada’ sebagai efek perkusif.

Peralatan

Biasanya memainkan Strat yang dipakai secara kidal dan digantung terbalik, melalui ampli Marshall. Dia juga menggunakan berbagai stompbox yang dimodifikasi oleh empu efek Inggris, Roger Mayer.


Album Penggertak

Mulailah dengan album Experience tahun 1967 Axis: Bold As Love, namun pada akhirnya kamu harus membeli semua albumnya (namun jangan dekati rilis ulang rekaman awal tahun ‘60an, dalam rekaman itu Jimi lebih sering tampil sebagai pemain rhythm cabutan).


Momen Terbaik

Secara musical, momen terbaiknya mungkin adalah versinya atas lagu Dylan ‘All Along The Watchower’ (pengontolan bending yang luar biasa, tone yang sempurna, phrasing yang indah). Tapi para penggertak sebaiknya mengenal rekaman live ‘Star Spangled Banner’ yang legendaris, dimana jimi menggunakan gitar untuk menirukan tembakan roket, peluncuran bom, dan sebaginya. Terdenagr buruk sekali, namun tentu saja kamu tidak boleh ketahuan mengakui hal ini.

6. Michael Jackson


Mengenal 7 Legenda Pemusik  Dunia Sepanjang Masa

Michael Joseph Jackson pria kelahiran  Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958 – meninggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 25 Juni 2009) adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai the "King of Pop" dan memopulerkan gerakan dansa "Moonwalk" yang telah menjadi ciri khasnya. Albumnya yang dirilis pada tahun 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Ia memulai karier bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi the Jackson 5) sebelum meluncurkan album solo pertamanya Got to Be There pada tahun 1971. Sebagai anak ketujuh dari keluarga Jackson, dia memulai debut di musik profesional pada umur 11 tahun sebagai anggota dari Jackson 5.

Pada awal tahun 1980-an, dia menjadi figur yang sangat dominan dalam musik pop dan musisi Afrika-Amerika pertama yang mempunyai crossover kuat di MTV. Popularitas dalam musiknya menanjak saat ditayangkan di MTV, antara lain "Beat It," "Billie Jean," dan "Thriller" dianggap telah mengubah video klip menjadi sebuah bentuk karya seni dan sebagai alat promosi untuk memopulerkan sebuah channel tv. Video-video seperti "Black or White" dan "Scream" membuat Jackson menjadi andalan utama MTV pada tahun 1990-an. Lewat penampilan panggung dan video-video klipnya, Jackson memopulerkan sejumlah teknik menari seperti robot dan moonwalk. Suara dan gaya vocal Jackson memengaruhi dan diikuti oleh banyak penyanyi hip hop, pop dan R&B.

Penghargaan-penghargaan yang telah dia raih termasuk beberapa kali Guinness World Records—termasuk thriller sebagai album terlaris di dunia— 13 Grammy Awards, 13 buah single nomor 1 dalam solo kariernya dari musisi pria lainnya dalam Hot 100 era—dan penjualan 750 juta unit di seluruh dunia. Hidup Jackson sangat terkenal di seluruh dunia, didampingi dengan kariernya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. Dalam beberapa tahun dia sering disebut-sebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia.

7. BB King


Mengenal 7 Legenda Pemusik  Dunia Sepanjang Masa

Lahir sebagai Riley B. King di Mississippi, Amerika Serikat pada 16 September 1925 (BB dipakai pada tahun 1950 singkatan dari Blues Boy). Hits pertamanya adalah sebuah lagu klasik dari Luwell Fusion yang berjudul "Three O'Clock Blues" Lagu tersebut mencapai puncak tangga R&B saat itu. Mulai saat itu ia terus membuat rekaman sebagai musisi solo, plus kolaborasi klasik pada tingkat yang sudah bisa diprediksikan – Buddy Guy, Albert Collins, John Lee Hooker, Eric Clapton, dan lain – lain. Nyaris bisa dipastikan bertanggung jawab atas penemuan teknik vinbrato blues/rock. Kemungkinan adalah pemain elektrik blues yang paling berpengaruh sepanjang masa.

Gaya Permainan

Orang ini bermain dengan lembut. Sangat lembut. Keseluruhan gaya lead-nya menggunakan bending dan vibrato dan jarang ia memainkan rhythm – dia pernah berkata kepada Edge dari U2 “Saya kurang mahir memainkan akord”. Bisa manggung dari awal sampai akhir memainkan gitar yang sama sekali tidak disetem, dengan menggunakan bending yang super akurat untuk membuat tiap dawai mencapai tingkat nada yang benar – benar pas.

Teknik yang Bisa Dicuri

Mainkan sebuah lick tiga nada seakan – akan itu adalah nada terakhir yang akan kamu mainkan. BB selalu berkata ‘katakan lebih banyak dengan sedikit bahan.’ Tetaplah bermain dalam bentuk minor pentatonic yang aman, tapi mainkan secara perlahan, dengan sengaja, dan secara akurat. Jangan bermain di bawah fret kesepuluh. Teruslah berkutat di atas fret 12. Jangan lupa kenyitkan dahi dengan kombinasi luapan kesukacitaan dan kepiluan ketika kamu melakukan bending pada nada – nada tinggi.


Peralatan

Sejak 1958, dia menggunakan Gibson ES335 yang akhirnya sinonim identik dengan dirinya. Dia selalu menamakan gitarnya ‘Lucille’ seperti nama seorang wanita yang tanpa sadar menjadi penyebab sebuah perkelahian di bar pada tahun 1949.


Album penggertak

BB berada di puncaknya ketika dia sedang manggung, jadi album ive apa pun akan bermanfaat. Singing blues is King ’67 dan Live at the Regal ’65.


Momen Terbaik

Bisa diperdebatkan, tapi kalau kamu mengankat hit tahun 1969-nya ‘The Thrill is Gone’ kamu akan baik – baik saja. BB dianggap sebagai ‘raksasa’ di antara para gitaris, namun kamu akan jarang menemukan orang yang bisa menyebutkan lebih dari tiga track lagu yang pernah direkamnya.


Itulah Ketujuh Legenda Pemusik Dunia Sepanjang Masa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.
   

Sumber:
- id.wikipedia
- asiaaudiovisualrb09mochammadrifkiafsar
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook