PENEMUAN NASKAH ALQUR'AN BERUSIA 1.500 TAHUN


Penemuan Naskah Alqur'an Berusia 1.500 Tahun

Mahessa83-Sebuah salinan Alqur'an yang diperkirakan berusia 1.500 tahun ditemukan yang mungkin berasal semasa Nabi Muhammad SAW masih hidup.

Tim peneliti dari University of Birmingham, Inggris yang menguji radiokarbon pada teks tersebut bahwa Naskah Alqur'an yang terbuat dari bahan kulit hewan tersebut berasal dari tahun AD 568 dan AD 645.

Direktur Koleksi Khusus Universitas Birmingham, Susan Worall mengatakan, "Penanggalan radiokarbon telah menunjukkan hasil yang menarik, yang memberikan kontribusi kepada kita tentang salinan paling awal yang di tulis pada Alqur;an".

Nabi Muhammad SAW diperkirakan hidup antara tahun 570 sampai 632 masehi dan menurut tradisi ummat Islam, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dan ditulis dalam Alqur'an antara tahun 610 sampai tahun 632 AD.

Tanggal radiokarbon dari naskah Alqur'an menunjukkan dari bahan hewan itu diperkirakan dibuat 2 dekade setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Perkamen ini mungkin dibuat dari kulit anak sapi, kambing atau domba, kata para peneliti. Kulit pertama-tama dibersihkan dari bulu-bulu dan sisa daging dan kemudian dibentangkan dengan bingkai kayu. Seperti kulit ditarik, kemudian permukaan kulit digores oleh pisau yang melengkung, dibasahi dan dikeringkan begitu seterusnya sampai ketebalan dan kepadatan perkamen sesuai yang di inginkan.

Penelitian uji kabon ini menggunakan radiokarbon -14, suatu cara yang umum untuk mengetahui usia kertas kuno atau Perkamen. Isotop karbon atau atom karbon dari berbagai berat melayang dalam proporsi yang relatif konstan dalam atsmosfer bumi.dan semua makhluk hidup memiliki rasio yang sama karbon stabil untuk radioaktif karbon-14. Ketika suatu organisme mati, karbon radioaktif meluruh pada tingkat diprediksi dari waktu ke waktu, yang berarti peneliti dapat memeriksa kadar sisa karbon-14 untuk membuat perkiraan usia.

Teks Kuno

Naskah Alqur'an ini mencakup dua daun perkamen dan berisi bagian dari surah bab 18-20, ditulis dengan tinta dalam bentuk awal dalam tulisan Arab yang di sebut Hijazi. Naskah telah benar terikat dengan daun naskah serupa Quran yang tanggal ke akhir abad ke-7. Teks yang disimpan di University of Birmingham Mingana Koleksi naskah Tengah Timur, yang diselenggarakan di Perpustakaan Penelitian Cadbury.

Meskipun sebagian besar dari Wahyu dari Allah SWT yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW dalam hati Beliau, Tetapi banyak juga yang di tulis pada perkamen, batu, daun kelapa dan tulang belikat Unta, kata para peneliti. Khalifah Abu Bakar, Sahabat Nabi Muhammad SAW yang memerintahkan semua koleksi dari bahan Alqur'an untuk disatukan dalam sebuah buku.

Sedangkan Khalifah Usman bin Affan menyebarkan Alqur'an yang telah disatukan tersebut ke kota-kota utama di bawah kekuasaan Islam sekitar tahun 650 masehi.   

Hingga saat ini ummat muslim di seluruh dunia percaya bahwa Alqur'an yang mereka baca saat ini adalah teks yang sama yang dibawa oleh Khalifah Usman bin Affan dan menganggap sebagai catatan yang tepat dari wahyu yang disampaikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

"Ini memang merupakan penemuan yang sangat menarik, "kata Muhammad Isa Walley, kurator utama untuk naskah Persia dan Turki di Perpustakaan Inggris. "The Muslim Communitywas tidak cukup banyak untuk persediaan kulit binatangselama puluhan tahun, dan untuk menghasilkan Mushaff lengkap atau Copy Alqur'an diperlukan banyak sekali dari mereka.

Dan Penemuan Naskah Alqur'an Berusia 1.500 tahun ini merupakan suka cita bagi hati ummat muslim di seluruh dunia, ungkap Waley.


Sumber: LiveScience
           

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook