6 CARA MENYENANGKAN MEMPERTAJAM DAYA INGAT OTAK

6 Cara Menyenangkan Mempertajam Daya Ingat Otak


6 Cara Menyenangkan Mempertajam Daya Ingat Otak

Mahessa83-Mengalami kesulitam mengingat nama sesuatu atau nama benda itu merupakan hal yang alami. Kedua memori jangka panjang dan memori jangka pendek Anda akan memburuk seiring bertambahnya usia anda. Berikut ini 6 Cara Menyenangkan Mempertajam Daya Ingat Anda atau memperlambat proses daya ingat anda yang perlu anda coba. 

1. Aroma Rosemary


Para ilmuwan telah menemukan bahwa Aroma Rosemary dapat mempengaruhi daya ingat anda secara signitifkan. Dalam sebuah penelitian di tahun 2003 lalu, Orang yang menggunakan aroma rosemary daya ingat otaknya lebih baik daripada orang yang menggunakan aroma lainnya seperti Lavender. Selain itu  orang yang menggunakan aroma rosemary lebih waspada untuk melakukan kontrol sedangkan yang menggunakan aroma lain dilaporkan merasa kurang waspada.

2. Makanan Sehat


Para ilmuwan mengatakan bahwa diet yang baik adalah salah satu perbedaan utama menjadi tetap lincah pada usia 70 tahun dan terlihat kuyu pada usia 40 tahun.

Untuk menjaga memori anda tetap baik, para ilmuwan merekomendasikan makan makanan yang mengandung atioksidan tinggi seperti Bluberry, Apel, Pisang, Sayuran Hijau, Bawang Putih dan Wortel.  

Antioksidan adalah molekul yang dapat menetralisir radikal bebas yang berada di aliran darah. Radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh karena faktor usia dapat membunuh sel-sel otak.

Kedua, sebagian besar otak dibangun dari lemak sehat seperti asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada banyak ikan dan kacang-kacangan. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat yang banyak mengandung flavanols dapat meningkatkan daya ingat dan kognisi. Meski demikian cokelat juga banyak mengandung gula dan lemak jenuh yang dapat membuat anda lesu.

3. Mengunyah Permen Karet


Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan daya otak anda. Sebuah studi di tahun 2002 di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan daya ingat jangka panjang dan jangka pendek daripada yang tidak menggerkan mulut sama sekali.

Para ilmuwan memiliki berbagai hipotesis untuk menjelaskan dorongan tersebut. Mungkin permen karet hanya mendapatkan jus Anda mengalir dengan meningkatkan denyut jantung Anda; atau mungkin mempengaruhi fungsi daerah otak yang disebut hippocampus dengan menyebabkan tubuh melepaskan insulin dalam persiapan untuk makanan. Apa pun alasannya, permen karet tampaknya memberikan keunggulan mental yang sedikit

4. Permainan Otak


Untuk menjaga otak Anda dalam bentuk, membuatnya berkeringat. Berpikir keras benar-benar mempertajam daya ingat Anda dan kognisi, dan sebagai bukti untuk ini telah mengumpulkan, sejumlah besar "kebugaran otak".Sebuah program yang disebut Lumosity, dikembangkan dengan bantuan ahli saraf dan psikolog kognitif dari Stanford University dan University of California di San Francisco, secara khusus dirancang untuk membantu orang tua meningkatkan memori mereka, konsentrasi, kewaspadaan dan bahkan suasana hati. Pendaftaran online gratis memberikan Anda akses ke lebih dari 30 pertandingan. 

Dan tentu saja, selalu ada brainteasers klasik seperti Sudoku dan teka-teki silang yang menantang kekuatan Anda, logika dan pengetahuan recall dan akan membantu menjaga mereka.

5. Tidur


Ketika Anda tidur, otak Anda memutar kembali kenangan hari, dan mengkonsolidasikan mereka untuk penyimpanan jangka panjang.Itulah yang penelitian pada tikus laboratorium menunjukkan, anyway. Sementara tikus tidur, dua daerah otak - hippocampus dan korteks prefrontal medial, daerah yang terlibat dalam pengambilan kenangan dari masa lalu (baik pada manusia dan tikus) - berjalan melalui versi melesat-up dari acara hari itu. Proses ini diyakini penting untuk konsolidasi dan rapi mengajukan diri kenangan yang baru dibentuk.
 
Sebagai akibat wajar, melewatkan tidur malam akan menyebabkan file memori baru Anda untuk ikut campur atau hilang, dan mereka akan hampir mustahil untuk mengambil nanti.


6. Olahraga


Latihan fisik tidak hanya melatih otot, Penelitian menunjukan pusat memori di otak yang disebut hippocampus akan menyusut seiring bertambahnya usia. 

Dalam sebuah studi yang dipimpin oleh Arthur Kramer dari University of Illioms pada orang yang berusia 60 tahun dengan melaukuan jalan kaki selama 40 menit per minggu cukup untuk meningkatkan denyut jantung mereka.  Lain 60 peserta tidak toning latihan, seperti latihan beban, sesi yoga dan peregangan, untuk jumlah waktu yang sama. Setelah setahun toning, hippocampus anterior peserta ini 'kehilangan sedikit lebih dari 1 persen dari volumenya, secara rata-rata. Sebaliknya, setahun latihan aerobik menyebabkan sekitar peningkatan 2 persen dalam volume hippocampus anterior, membalikkan hippocampus alami penuaan oleh sekitar dua tahun. 

Para ilmuwan percaya manfaat otak ini mungkin timbul karena olahraga dapat meredakan stres ringan yang dapat memicu daya kerja ke otak. Karena aliran darah lebih besar ke otak untuk menghantar nutrisi dan oksigen ke otak. 
    

Sumber: LiveScience
 

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook