NASA INGIN MENGIRIM WINDBOTS ROBOT BERTENAGA ANGIN KE JUPITER

NASA Ingin Mengirim  Windbots Robot Bertenaga Angin Ke Jupiter


NASA Ingin Mengirim  Windbots Robot Bertenaga Angin Ke Jupiter

Mahessa83-Para ilmuwan dari NASA akan segera mengirim robot yang bisa mengapung di atsmosfer untuk waktu yang lama tanpa bergantung pada sayap, motor atau balon udara panas. Para ilmuwan menyebut nama ini dengan sebutan "Windbots" yaitu mesin robot yang dapat memanfaatkan kekuatan angin di Jupiter dan gas super besar lainnya. 

Para peneliti ingin merancang robot yang dapat di dukung oleh Turbulensi, Yang mereka gambarkan sebagai angin yang sering berubah arah dan intensitas.

Dengan dana sebesar $ 100.000 mereka akan melanjutkan Konsep Program NASA;s Innovative Advanced Concepts (NIAC). Mereka akan menggunakan uang tersebut untuk membuat model robot. Dan melakukan pengujian untuk memastikan robot ini bekerja dengan baik. Windbots ini juga dapat digunakan di Bumi untuk masa-masa yang akan datang untuk memantau kondisi cuaca ekstrim seperti badai.

NIAC adalah bagian dari NASA Space Technology untuk tugus misi tertentu. Yang berinovasi mengembangkan tes dan peralatan hardware untuk digunakan dalam misi NASA di masa depan. Sedangkan California Institute of Technology mengelola JPL untuk NASA.

Meskipun tidak ada misis saat ini dijadwalkan untuk memanfaatkan windbots, Para peneliti berharap bahwa studi mereka akan membuka jalan baru untuk ilmu tentang atsmosfer di palnet yang penuh gas raksasa dengan menggunakan penjelajah robotik yang bermobilitas tinggi.

Seperti diketahui bahwa permukaan Planet Jupiter sangat berbeda dengan permukaan bulan dan Planet Mars. Planet Jupiter maupun Planet Saturnus memiliki permukaan padat dengan gas raksasa yang tidak memungkinkan untuk mendarat. Pada tahun 1995, Pesawat Ruang Angkasa NASA, Galileo hanya dapat bertahan 1 jam di Planet Jupiter akibat panas yang sangat tinggi   

Semoga saja penelitian ini akan berhasil guna lebih majunya ilmu pengetahuan terutama pengetahuan kita tentang Planet Jupiter.    


Sumber: jpl.nasa.gov 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook