14 MANFAAT KURMA BAGI KESEHATAN TUBUH

14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh



14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Mahessa83-Buah Kurma bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi. Buah yang berasal dari Teluk Persia ini merupakan salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa. Selain sebagai makanan pembuka berpuasa, ternyata Kurma juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut 14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang perlu Anda ketahui.
Kurma (phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (aracaceae) dalam genus phoenix yang diyakini berasal dari Teluk Persia. 


14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Buah yang berbentuk lonjong-silinder ini mempunyai panjang 3-7 centimeter dan berdiameter sekitar 2-3 centimeter. Ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang  tergantung dari jenisnya. Kurma yang telah matang dibagi menjadi 4 golongan yaitu, kimrti (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut) dan tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan sinar matahari).

Kandungan Kurma kering (bagian yang dapat dimakan) mengandung nilai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Setiap 100 g (3,5 oz) mengandung,

KANDUNGAN GIZI BUAH KURMA (100 gr)
14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh
 Sumber: USDA National Nutrient Database for Standard Reference

14 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh



1. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Sembelit

Kurma adalah sumber serat pangan yang baik. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengonsumsi 20-30 gram per hari. Serat pangan terdiri dari dua jenis yaitu serat pangan larut dan serat pangan tak larut. Serat pangan tak larut berfungsi meningkatkan volume feses sehingga menurunkan waktu transit di usus dan lebih mudah dikeluarkan.

Penurunan waktu transit feses akan menurunkan waktu kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat-zat karsinogen dari feses. Serat pangan larut dapat membantu mengontrol diabetes dengan menurunkan peningkatan kadar gula darah. Selain itu serat pangan larut juga berperan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.


Sembelit atau sulit buang air besar biasanya terjadi jika tubuh kita kekurangan asupan serat. Kandungan yang tinggi pada Buah Kurma akan mampu mencegah Sembelit serta memperlancar saluran pembuangan air besar. Sementara untuk mengatasi Sembelit yang telah terjadi Anda perlu merendan terlebih dahulu Buah Kurma dengan air selama semalam, Kemudian minumlah sirup kurma tersebut untuk mengatasi Sembelit yang sedang Anda alami.

2. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Diare

Selain dapat mengatasi Sembelit, Kurma juga ternyata dapat digunakan untuk mengatasi Diare. Menurut penelitian Buah Kurma dapat memperbaiki kinerja usus dan menjaga kesehatan usus.

3. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Gangguan Usus

Kandungan nikotin pada Buah Kurma dianggap dapat menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Dengan mengkonsumsi Buah Kurma secara rutin akan mampu menghambat pertumbuhan mikro organisme yang dapat menyebabkan penyakit dan menstimulasi pertumbuhan bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Kandungan serat dan asam animodalam Buah Kurma sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses pencernaan makanan sehingga lebih efisien atau dengan kata lain ada banyak nutrisi yang akan di serap oleh sistim pencernaan.

4. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tulang

Kandungan mineral yang tinggi pada Buah Kurma mampu meningkatkan kekuatan tulang dalam melawan penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis.

5. Manfaat Kurma Untuk Mengatasi Anemia

Gejala Anemia atau kekurangan darah biasanya terjadi karena kurangnya asupan zat besi pada tubuh. Kandungan zat besi pada buah kurma sangat baik untuk dijadikan suplemen diet bagi penderita anemia serta mampu mengurangi gejala lelah dan lesu yang sering timbul pada penderita anemia.

6. Manfaat Kurma Untuk Mengatasi Alergi

Kandungan sulfur organik pada buah kurma mampu mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

7. Manfaat Kurma Dalam Menambah Berat Badan

Kandungan gula, protein, dan vitamin mampu memenuhi kebutuhan energi harian Anda. Dalam 1 kilogram kurma mampu menghasilkan energi sebesar 3000 kalori. Bila Buah Kurma dikonsumsi bersama dengan Buah Mentimun maka Anda akan mampu menjaga berat badan tetap normal.

8. Manfaat Kurma Dalam Meningkatkan Energi Tubuh

Kandungan gula alami yang tinggi dalam buah kurma seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa menjadikan buah ini merupakan camilan yang sangat baik saat Anda memerlukan tambahan energi dengan cepat. Biasanya orang akan mengkonsumsi camilan kurma saat sore hari dimana terasa ngantuk dan letih.

9. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Sistem Saraf

Kurma mengadung banyak vitamin B yang dikenal sebagai vitamin neurotropik yaitu vitamin yang mampu menjaga kesehatan sistem syaraf. Selain itu kandungan potassium dalam kurma merupakan bahan utama untuk menstimulasi sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak. Oleh sebab itu, kurma sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menua atau yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka.

10. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Jantung

Kurma kaya akan potassium yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya stroke. Mengkonsumsi buah kurma 2 kali seminggu mampu menjaga kesehatan jantung secara signifikan. 

11. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Sistem Reproduksi

Kandungan estradiol dan flavonoid pada kurma mampu meningkatkan kesuburan sistem reproduksi pria. 

12, Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah kurma secara teratur mampu mengurangi frekuensi rabun senja.

13. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Mabuk

Buah Kurma juga dapat menyadarkan Anda dari  mabuk karena alkohol dan mencegah rasa pening Anda keesokan harinya.

14. Manfaat Kurma Dalam Mengatasi Kanker Abdomen

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buah Kurma mampu mengurangi resiko dan dampak dari Kanker Abdomen. Karena Buah Kurma mampu bekerja sebagai Tonik untuk memulihkan energi secara cepat.

Itulan 14 Manfaat Kurma Buat Kesehatan Tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua. 


Sumber:javatalk.info, id.wikipedia
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook