BORNEO WILD ADVENTURE AMUNTAI BERSAMA SAHABATKU DAIHATSU TERIOS



Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios



Mahessa-83-Kalimantan atau disebut juga Borneo adalah pulau ketiga terbesar di dunia yang terletak di negara Indonesia dengan luas 743.330 km² juga dikenal sebagai "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Pada zaman dahulu, Borneo yang berasal dari nama Kesultanan di Brunei adalah nama yang dipakai oleh Kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut nama pulau ini secara keseluruhan. Sedangkan Kalimantan adalah nama yang digunakan oleh penduduk kawasan pulau ini yang sekarang masuk kedalam wilayah Indonesia. Wilayah utara pulau ini (Sabah, Sarawak dan Brunei) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam sedangkan untuk Indonesia wilayah Utara adalah propinsi Kalimantan Utara. Dalam arti luas "Kalimantan" meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo, Sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios

Borneo adalah sebuah tempat yang sangat menakjubkan untuk dijadikan tempat berpetualang. Hutan yang lebat (Namun belakangan ini semakin berkurang akibat maraknya penebangan pohon), Sungai-sungai yang panjang dan gunung-gunung yang menjulang tinggi serta tempat bagi habitat alami bagi hewan-hewan seperti orang utan, badak borneo, landak, rusa, tapir dan beberapa spesies yang terancam punah menjadikan tempat ini sebagai ajang Borneo Wild Adventure Bersama Daihatsu yang sangat di idam-idamkan oleh banyak petualang seperti penulis dan Anda pecinta alam Indonesia.

Daihatsu dengan New Daihatsu Terios nya bekerjasama dengan viva.co.id akan memberikan impian saya yang sejak lama ingin bisa bertualang dan menikmati keindahan alam pulau Borneo yang sangat menakjubkan. Di sini saya khususnya di Kalimantan Barat kita akan bisa menikmati dan merasakan aneka kuliner seperti:

Lemang: Kue yang terbuat dari pulut/ketan yang dimasukkan kedalam batangan bambu. Lemang ini adalah makanan khas Kalimantan Barat yang hingga kini masih dilestaruikan.

Jimut: Makanan tradisional masyarakat Dayak Mualang yaitu daerah Belitang kabupaten Sekadau yang terbuat dari bahan tepung yang dibentuk bulatan sebesar bola pingpong.

Lempok: Makanan khas yang dibuat dari bahan Durian ini mungkin akan bisa kita jumpai di propinsi Pontianak.

Tehpung: Makanan tradisional dari suku Dayak Uut Danum yang terbuat dari bahan beras ketan/pulut yang telah ditumbuk hingga halus yang kemudian di goreng ini merupakan makanan yang disajikan untuk upacara adat disana.

Sedangkan jika kita berada di Kalimantan Selatan, Tentu saja saya akan mencari makanan-makanan seperti:

Patin Baubar: Patin segar yang dimasak yang dimasak dengan tungku yang berasal dari bara api tempurung kelapa. Tentu saja hal ini akan menghadirkan aroma tersendiri untuk menambah cita rasa. Patin Baubar ini sangat cocok bila disandingkan dengan nasi putih hangat dan Terong Baparung (Terong yang dibakar diatas bara api dan dikasih santan) ditambah sambal acan (sambal terasi) pasti sangat nikmat dan membangkitkan selera.

Manday: Makanan yang terbuat dari kulit tiwadak (cempedak) yang sangat lama diawetkannya dengan menggunakan garam uyah bacurai/garam tanpa yodium yang di diamkan dalam suatu tempat yang tertutup rapat. Semakin lama pengawetannya semakin enak rasanya. Manday sendiri bisa dimasak dengan cara di goreng ataupun di oseng-oseng dibuat menjadi Manday Batanak (ditambah santan dan ikan pepuyu kecil).

Iwak Pakasan: Berbahan dasar ikan Haruan (Ikan Gabus), Ikan Pepuyu, Ikan Mangki, dan Ikan Sepat. Pembuatannya yaitu ikan dibersihkan dan diberi garam seperti pada Manday. Kemudian ikan diberi samu (beras yang di sangrai dan ditumbuk halus namun masih berbentuk) Ikan kemudian didiamkan beberapa waktu beberapa bulan bahkan tahunan. Dimasak dengan menggunakan Bawang Goreng.

Gangan Humbut: Rasanya yang manis mampu menciptakan selera ketika ditemani sepiring nasi putih hangat, iwak saluang goreng plus sambal terasi. Itupun sudah cukup untuk membangkitkan selera orang tak bernafsu makan. Humbut sendiri berasal dari bagian inti dari pohon nyiur (kelapa). Makanan ini sering disajikan sebagai menu wajib jika ada orang hajatan perkawinan.

Dalam Borneo Wild Adventure ini saya juga ingin mengetahui adat istiadat Kalimantan Tengah seperti:

Upacaara Tiwuh, yaitu upacara adat suku Dayak yang dilaksanakan untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke Sandung yang sudah di buat. Upacara Tiwuh adalah upacara yang sangat sakral bagi suku Dayak. Pada acara tersebut sebelum tulang-tulang orang yang sudah meninggal di antar dan ditempatkan di Sandung akan di iringi dengan tariansuara gong ataupun hiburan lainnya.Sampai akhirnya tulang-tulang tersebut diletakan kedalam Sandung semuanya.

Ritual Nahunan,  Merupakan upacara khas suku Dayak Kalimantan yakni upacara memandikan bayi secara ritual menurut kebiasaan suku Dayak Kalimantan Tengah. Maksud utama dari pelaksanaan Nahunan adalah prosesi pemberian nama sekaligus pembaptisan menurut Agama Kaharingan(agama orang dayak asli dari leluhur) kepada anak yang telah lahir. 

Dengan ditemani Sahabatku Daihatsu New Terios yang dikenal sebagai Sahabat Petualang yang akan terus menemani penulis menjelajahi lebatnya Hutan Kalimantan dan indahnya panorama alam untuk melihat tempat-tempat yang eksotik bagaikan di surga.

Bertualang Ke Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu New Terios

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios

Amuntai merupakan ibukota dari Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terletak di pertemuan antara sungai Negara, sungai Tabalong, dan sungai Balangan yang berjarak 190 km sebelah utara kota Banjarmasin ibukota propinsi Kalimantan Selatan.
Disini kita cukup banyak memiliki lokasi yang dapat dijadikan tempat objek wisata, baik itu Wisata Alam, Wisata Buatan, Wisata Religius, Wisata Sejarah, Wisata Budaya maupun Wisata Adat. 

Wisata Sejarah Candi Agung


Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios

Candi Agung yang berada di kota Amuntai merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di Amuntai. Objek ini terletak di desa Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah.

Candi Agung Amuntai merupakan peninggalan Kerajaan Negaradipa Khuripan yang dibangun oleh Empu Jatmika pada abad 14 masehi. Dari kerajaan ini akhirnya melahirkan Kerajaan Daha di Negara dan Kerajaan Banjarmasin. Menurut cerita Kerjaan Hindu Negaradipa berdiri pada tahun 1438 dipersimpangan 3 aliran sungai. Yaitu sungai Tabalong, sungai Negara dan sungai Balangan. Cikal bakal Kerajaan Banjar yang diperintah oleh Pangeran Surinata dan Putri Junjung Buih dengan kepala pemerintahan Patih Lambung Mangkurat. Yang kemudian kerajaan ini berkembang menjadi kota Amuntai hingga saat ini.
Candi yang kondisinya masih sangat kokoh ini banyak ditemukan peninggalan sejarah yang usianya sekitar 200 tahun SM. 

Lomba Renang Kerbau Rawa

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios

Menyaksikan Lomba Renang Unik yaitu Lomba Renang Kerbau Rawa menjadi atraksi yang sangat menarik saat melintasi Amuntai dengan Daihatsu New Terrios. Perlombaan Kerbau Rawa ini sama persis dengan Karapan Sapi di Madura. Bedanya disini lomba diadakan ditempat basah berawa. 

Lomba ini biasanya diselenggarakan pada setiap Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dibeberapa lokasi yang telah disiapkan. Tetapi, bukan hanya atraksi lomba kerbau rawa yang menjadi daya pikat wisatawan khususnya wisatawan mancanegara ke daerah itu, yang menarik mereka jusru menyaksikan usaha peternakan kerbau itu yang dinilai rada unik. Berdasarkan catatan, kerbau rawa (Bubalus carabanensis) yang pula disebut sebagai kerbau (hadangan) kalang, karena kehidupan kerbau-kerbau ini berada di atas kalang di atas rawa. 

Wisata Kerajinan

Tempat wisata pasar kerajinan dan sentra industri meubel yang berlangsung subuh Kamis merupakan kegiatan transaksi hasil-hasil kerajinan para pengrajin yang ada di Hulu Sungai Utara. Pada kegiatan pasar subuh ini banyak pedagang perantara yang melakukan transaksi dan membawa hasil-hasil kerajinan ini keluar daerah/pulau. 
KAMIS pagi merupakan hari pasar khusus untuk barang kerajinan dari para pengrajin. Walaupun dinamakan pasar, tidak ada pengelola atau pemungut retribusi di kawasan itu. Bahkan, parkir kendaraan pun tidak ada yang memungut.

Kabupaten Hulu Sungai Utara setelah berpisah dengan kabupaten baru Balangan kini memang praktis tak memiliki sumber daya alam. Dengan lepasnya Balangan yang kaya batu bara, Amuntai kini benar-benar bergantung pada keterampilan sumber daya manusia, khususnya di bidang kerajinan.
 


Monumen Kota Bebek Alabio

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios

Kota Amuntai juga dikenal sebagai Kota Agrowisata Bebek Alabio. Oleh karena itu, di tengah kota terdapat sebuah patung bebek sebagai landmark kota ini. Namanya Monumen Bebek Alabio. Menurut beberapa orang yang pernah merasakan masakan Bebek Alabio, rasanya tiada tara.
   
Pasar Itik Alabio

RABU dini hari, Pasar Itik Alabio di Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, sudah menggeliat. Lalu lintas mulai padat. Sepeda onthel, sepeda motor, mobil angkutan desa, mobil pikap, truk, gerobak, perahu, dan manusia lalu lalang membawa tiga jenis barang dagangan: itik, telur itik, dan pakan itik.

Nama itik alabio yang tersohor di seluruh Nusantara karena produktivitas telurnya itu memang berasal dari nama pasar itik di tepi sungai itu. Bagi masyarakat Hulu Sungai Utara (HSU), itik alabio adalah penyangga ekonomi rakyat.
Sekurangnya 14.000 keluarga bergantung kepada rantai bisnis 1,2 juta ekor itik.


Itik Alabio Desa Mawar

Pada kecamatan Amuntai Selatan yakni di desa Mamar sering mendapat kunjungan khususnya bagi mereka yang berkepentingan dengan kegiatan pengembangan dan perdagangan hasil-hasil ternak itik. 
 
Bagi kabupaten Hulu Sungai Utara yang memiliki ternak itik yang khas daerah yakni itik Alabio, maka adanya sentra ternak itik Alabio di desa Mamar ini menjadi trade mark yang dikenal oleh daerah lainnya. 

Titian Panjang Desa Pasar Senin
 
Titian panjang dan wisata memancing yang terdapat di desa Pasar Senin merupakan titian yang dibangun untuk menghubungkan desa Mawar Sari dengan jalan utama agar dapat menggerakkan roda perekonomiannya serta membuka isolasi akibat sulitnya sarana transportasi ke desa ini sebelumnya. Karena bentuknya yang memanjang sampai puluhan kilometer serta melalui wilayah genangan rawa yang merupakan tempat hidup ikan-ikan perairan rawa, maka daerah ini ramai didatangi khususnya bagi mereka yang gemar memancing. 


Kerajinan Sulaman Bordir Desa Teluk Betung
Kerajinan sulaman bordir yang turun-temurun di desa Teluk Betung kecamatan Sungai Pandan menjadi ciri khas daerah ini yang sering dikunjungi.

Lapangan Golf Air Tawar Indah

Di kecamatan Amuntai Utara ini yakni di desa Tayur terdapat lapangan golf Air Tawar Indah yang dibangun oleh pemerintah daerah sebagai tempat rekreasi dan olahraga yang sering dikunjungi khususnya yang memiliki kegemaran golf. 


Wisata Religius 
Masjid Jami Sungai Banar

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios
Masjid Jami Sungai Banar terletak di tepi Sungai Banar, sekitar 3 km dari Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Tepatnya, di perbatasan Desa Jarang Kuantan dan Desa Ujung Murung (sebelumnya masuk Desa Ilir Masjid). 
 
Masjid pertama di Amuntai ini berdiri pada tahun 1804 M (1218 H). Terdokumentasi dalam catatan pahatan pada bedug yang masih dimanfaatkan.

Masjid Raya Amuntai 

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios


Masjid Raya Amuntai terletak di Kota Amuntai, Ibukota Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).Masjid megah berpintu gerbang tinggi ini didominasi warna cokelat. Beda dengan kebanyakan masjid pada umumnya yang bercat putih.
 
Keunikan lainnya, terlihat dari atap masjid ini yang menggunakan atap rumah adat Kalimantan Selatan. Masjid ini dikeililingi taman yang luas dan hijau. Kondisi itu membuatnya semakin enak dipandang mata. Tak berlebihan, kalau masjid ini menjadi kebanggaan warga Kota Amuntai.

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios
Daihatsu New Terios

Bertualang bersama Daihatsu New Terios memang sangat mengasyikan. Selain penampilannya yang lebih stylish dan sporty serta sangat nyaman dan aman digunakan dijalanan yang terjal dan berlumpur. Karena Daihatsu New Terios ini sudah ditunjang dari steering wheel dengan audio switch dan one touch tumble pada kursi baris kedua yang memudahkan penumpang keluar masuk dari kursi baris ketiga.

Dari sisi keamanan New Terios ini juga dilengkapi Windows Jamp Protection yang dapat mengurangi resiko pengemudi tidak terjepit kaca pintu mobil. Immobilizer, fitur yang memberikan rasa aman dari tindak pencurian dan side impact beam, fitur yang melindungi pengemudi dan penumpang dari tabrakan samping.

Pokoknya Daihatsu New Terios sangat cocok bagi mereka yang berjiwa muda dan menyukai pertualangan serta dapat dipakai untuk menunjang berbagai kegiatan para eksekutif muda.  



Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios

Borneo Wild Adventure Amuntai Bersama Sahabatku Daihatsu Terrios










http://forum.viva.co.id/showthread.php?p=5080842#post5080842
 

    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook