6 FAKTA MENARIK TENTANG PERADABAN SUMERIA KUNO

Ilustrasi : Peradaban Sumeria Kuno
sumber: amerlatinoamericano.ru
 
MahessaBlog | Sumeria merupakan sebuah peradaban kuno di Mesopotamia yang telah berkembang ribuan tahun yang lalu diantara Sungai Tigris dan Sungai Efrat, wilayah yang sekarang disebut dengan Irak selatan. Pada saat itu mereka telah mengenal bercocok tanam dan sudah memiliki sistem pengairan. Bangunan-bangunan mereka terbuat dari batu bata dan lumpur.

Pada awalnya, Peradaban Sumeria mengolah lahan pertanian yang subur sebagai mata pencahariannya. Lama-kelamaan bangsa Sumeria dapat membangun sistem pengairan untuk menanggulangi banjir dan menyalurkan air ke lahan-lahan pertanian seperti sistem irigasi dan kanal. Dengan hasil pertanian yang berlimpah, bangsa Sumeria sekitar tahun 3.000 SM dapat membangun 12 kota besar yang diantaranya adalah kota Ur, Uruk, Lagash dan Nippur.
 
Dalam buku The Sumerians karangan Kramer, Diketahui bahwa orang-orang Sumeria Kuno memiliki bakat yang tidak biasa dalam bidang teknologi. Bangsa Sumeria yang oleh orang Yunani disebut sebagai bangsa Mesopotamia banyak menemukan teknologi baru dan menyempurnakannya dalam skala besar seperti mengubah cara manusia dalam mengolah makanan, membangun tempat tinggal, berkomunikasi dan melacak informasi dan waktu.
 
Seperti yang ditulis oleh Kramer dalam bukunya, Mereka memiliki mimpi yang sangat besar dan berpikir dengan cerdik. "Secara spiritual dan psikologis, Mereka memiliki tekanan yang besar pada ambisi dan kesuksesan, keunggulan, martabat, kehormatan dan pengakuan".
 
Inovasi bangsa Sumeria ini secara bertahap menyebar pada perkembangan dunia modern berteknologi maju seperti yang kita jalani saat ini. 
 
Berikut 6 Fakta Menarik Tentang Peradaban Sumeria Kuno yang berdampak hingga sekarang.
 
1. Penemuan Tembikar
 
6 FAKTA MENARIK TENTANG PERADABAN SUMERIA KUNO

 
Sebelum munculnya Peradaban Sumeria Kuno, Orang-orang membuat tembikar dengan menggunakan tangan. Dan orang-orang dari Sumeria Kuno adalah yang pertama membuat tembikar dengan mengembangkan roda belok. sebuah alat yang memungkinkan mereka untuk memproduksi tembikar secara massal.
 
Di lansir dari laman History.com, Dengan roda belok, orang-orang dari Peradaban Sumeria memungkinkan mereka untuk membuat tembikar dalam jumlah banyak untuk ransum pekerja atau semacam pelopor kuno Tupperware kata Reed Goodman, kandidat doktor dalam bidang seni dan arkeologi Mediterania di Universitas Pennsylvania.
 
2. Tulisan
 
6 FAKTA MENARIK TENTANG PERADABAN SUMERIA KUNO

 
Meskipun tidak seluruhnya, Bangsa Sumeria adalah yang pertama mengembangkan sistem penulisan. Mereka telah menggunakan komunikasi tertulis pada 2.800 SM. Mereka tidak menulis literatur atau mencatat sejarahnya melainkan untuk melacak barang-barang yang mereka buat dan jual.
 
Menurut buku World History Societies of the Past, Bangsa Sumeria Kuno menulis dengan sistem piktograf yang pada dasarnya adalah gambar berbagai objek yang kemudian mereka mulai menggabungkan piktograf untuk mengekpresikan gagasan dan gagasan. Piktograf terus berevolusi menjadi simbol yang mewakili kata dan suara.
 
3. Teknik Hidrolik
 
6 FAKTA MENARIK TENTANG PERADABAN SUMERIA KUNO

 
Bangsa Sumeria berhasil menemukan cara untuk mengumpulkan dan menyalurkan limpahan Sungai Trigis dan Sungai Efrat yang kemudian menggunakannya untuk menyirami dan menyuburkan ladang pertanian mereka.
 
Mereka merancang sistem kanal yang rumit, dengan bendungan yang dibangun dari alang-alang, batang pohon palem dan lumpur yang pintu gerbangnya dapat dibuka atau ditutup untuk mengatur aliran air.
 
4. Pabrik Tekstil
 
6 FAKTA MENARIK TENTANG PERADABAN SUMERIA KUNO

 
Sementara peradaban lain di dunia mengumpulkan wol untuk digunakan menenun kain untuk pakaian, Peradaban Sumeria Kuno adalah yang pertama melakukannya untuk Pabrik Tekstil.
 
Inovasi Peradaban Sumeria adalah mengubah kuil-kuil mereka menjadi pabrik tekstil dalam skala besar. Selain itu Peradaban Sumeria adalah yang pertamakali melintasi garis kerabat dan membentuk organisasi kerja yang lebih besar untuk membuat tekstil sebagai pendahulu perusahaan manufaktur modern.
 
5. Produksi Massal Batu Bata
 
6 FAKTA MENARIK TENTANG PERADABAN SUMERIA KUNO

 
Untuk membangun rumah dan kuil dalam skala besar, Bangsa Sumeria menciptakan cetakan untuk membuat batu bata dari tanah dalam skala besar. Walaupun bukan mereka yang pertama menggunakan tanah liat, sebagai bahan bangunan.
 
6. Matematika
 
6 FAKTA MENARIK TENTANG PERADABAN SUMERIA KUNO

 
Saat orang primitif lainnya menghitung dengan menggunakan metode sederhana, seperti meletakkan takik pada tulang, tetapi orang-orang Sumeria Kuno telah mengembangkan sistem penomoran formal berdasarkan unit 60.
 
Yang pada awalnya mereka menggunakan buluh untuk melacak unit, tetapi pada akhirnya mereka menggunakan tanda vertikal pada tablet tanah liat. Sistem mereka membantu meletakan dasar bagi perhitungan matematika pada peradaban berikutnya.  
 
 
Editor: Rey Mahessa
Sumber: National Geograhic
 
     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook