7 PRESIDEN TERTUA DALAM SEJARAH

MahessaBlog | Ketika para delegasi Konvesi Konstitusi 1787 mengajukan pertanyaan tentang berapa usia seorang presiden seharusnya, perhatian utamanya bukanlah tentang pemegang jabatan yang terlalu tua, tetapi terlalu muda. Akibatnya pasal II dalam Konstitusi AS menetapkan usia minimum 35 tahun tetapi tidak menetapkan usia maksimum. Dalam banyak kasus hal itu memungkinkan para pemilih untuk memilih calon presiden berusia enam puluhan dan bahkan tujuh puluhan, sebuah usia ketika banyak warga negara biasa telah pensiun.

Sementara bagi beberapa pengamat, Tidak adanya batasan usia untuk jabatan tertinggi negara meningkatkan resiko mendapatkan presiden yang tidak mampu melakukan pekerjaan yang berat. Meski begitu dengan beberapa pengecualian, sebagian besar Presiden AS yang lebih tua tampaknya sangat kuat dan cakap.

Berikut 7 presiden paling tua dalam sejarah ketika mereka meninggalkan gedung kepresidenan.

1. Ronald Reagen

7 PRESIDEN TERTUA DALAM SEJARAH
Presiden Ronald Reagen pada tahun 1980 di Los Angeles, California
Sumber gambar : Harry Langdon

Lahir pada 6 Februari 1911, Presiden ke-40 Amerika Serikat ini telah berusia 77 tahun dan 349 hari ketika meninggalkan Gedung Putih. saat menyelesaikan masa jabatan keduanya pada Januari 1989. Saat berkampanye pada tahun 1980, Reagen mencoba untuk menjawab pertanyaan tentang usianya dengan berjanji akan mengundurkan diri jika dokter Gedung Putih mendeteksi tanda-tanda kemunduran mental.

Namun ketika menjabat, salah satu presiden tertua dalam sejarah ini sangat tangguh dan selamat dari upaya pembunuhan pada tahun 1981 serta operasi pada tahun 1985 untuk menghilangkan polip kanker di usus besarnya. Reagen selalu tampak sebagai gambaran presiden yang sangat kuat yang sebagiannya karena ia rajin berolahragasecara teratur dengan beban dan menikmati menunggang kuda serta melakukan pekerjaan manual di peternakannya di California.


2. Donald Trump

7 PRESIDEN TERTUA DALAM SEJARAH
Presiden Donal Trump pada potret resmi pertamanya setelah memenangkan pemilihan presiden 2016.
Sumber gambar : David Hume Kinerly

Terlahir pada tanggal 14 Juni 1946, Donald Trump telah berusia 70 tahun ketika dia memenangkan pemilihan Presiden Amerika ketika mengalahkan kandidat lainnya Hillary Clinton. Pada Januari 2021, Presiden AS ke-45 ini akan berusia 74 tahun 200 hari. Trump yang dilaporkan menghindari olahraga selain Golf karena menurutnya itu tidak sehat dan hanya tidur empat atau lima jam semalam, baru-baru ini membual dalam senuah wawancara tentang kemampuannya untuk mengingat urutan lima kata pada tes yang dirancang untuk melihat penurunan kognitif.

3. Dwight Eisenhower

7 PRESIDEN TERTUA DALAM SEJARAH
Presiden Eisenhower di mejanya di Gedung Putih, 1956.
Sumber gambar : Arsip Bettmann

Lahir pada 14 Oktoner 1890, Dwight Eisenhower yang merupakan Presiden AS ke-34 ini berusia 70 tahun dan 98 hari ketika meninggalkan Gedung Putih pada Januari 1961. Pahlawan Perang Dunia II ini adalah seorang olahragawan biasa yang beratnya hanya tujuh pon lebih banyak daripada ketika dia lulus dari West Point. Namun demikian, Dia hampir tidak berhasil di masa jabatan pertamanya.

Pada tahun 1955, Saat sedang berlibur ke Denver, Eisenhower terbangun dengan nyeri dada. Awalnya, dokternya tidak menyadari keseriusan kondisinya dan berjam-jam berlalu sebelum spesialis jantung dipanggil dari rumah sakit militer terdekat untuk memberinya elektrokardiogram yang mengungakpkan bahwa presiden yang pada saat itu telah berusia 64 tahun menderita penyakit yang sangat parah, serangan jantung. 

Eeisenhower harus menghabiskan waktu 6 minggu untuk memulihkan diri di rumah sakit, tetapi meskipun kesehatannya sangat buruk, popularitasnya begitu besar sehingga dia dengan mudah memenangkan pemeilihan presiden AS kemblai pada musim gugur berikutnya.


4. Andrew Jackson

7 PRESIDEN TERTUA DALAM SEJARAH
Presiden Andrew Jackson
Sumber gambar : Arsip Bettmann

Lahir pada 15 Maret 1767, Presiden ke-7 AS berusia 69 tahun 354 hari ketika dia meletakkan jabatan keduanya pada Maret 1837 ini memiliki "Old Hickory" dengan reputasinya yang tinggi sebagai mantan tentara yang tangguh yang pada saat ia mulai memasuki Gedung Putih, Dia sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengatasi berbagai penyakit.

Menurut penulis biografi H.W Merek, sampel rambutnya menunjukkan bahwa dia sudah keracunan timbal dari sebuah luka bekas peluru. Jackson juga telah berjuang melawan  Diare kronis dari penyakit yang di deritanya saat melawan orang India pada tahun 1810-an. Kebiasaan merokok dan mengunyah tembakau juga makin memperburuk kesehatannya. 

Menurut penulis biografi Sean Wilentz, Jackson sesekali jatuh sakit selama dua masa jabatannya sehingga tampaknya dia mungkin tidak dapat bertahan hidup lama.

Andrew Jackson berhasi mencapai dua masa jabatannya sebagai Presiden Tertua Dalam Sejarah tetapi ketika kembali ke Hermitage, Tennessee, Mantan presiden Amerika Ke-7 berambut putih ini secara fisik menderita sakit kepala yang membutakan, insomnia, sakit parah di sisi tubuhnya dan batuk kronis.

5. James Buchanan

7 PRESIDEN TERTUA DALAM SEJARAH
James Buchanan, Presiden AS ke-15
Sumber gambar : Arsip Bettmann

Lahir pada 23 April 1791, Presiden Amerika ke-15 berusia 69 tahun 315 hari ketika masa jabatannya berakhir pada Maret 1861, Buchanan kelebihan berat badan 50 pon dan rambutnya sudah memutih saat ia menjabat pada 1857. Kesehatannya terus memburuk akibat tekanan pekerjaannya, menurut penulis biografi Jean H. Baker.

Buchanan kesulitan mengingat perintah yang sudah ia berikandan dia menjadi sangat lelah secara fisik dan mental sehingga dia tidak bisa bangun dari tempat tidur beberapa haridan membuat penasehatnya datang ke perpustakaan lantai atas di Gedung Putih untuk menemuinya. James Buchanan juga menderita tremor tangan.

Mengingat banyaknya gangguan kesehatan yang ia hadapi, Tidak menherankan jika dia gagal dalam satu masa jabatannya untuk menyembuhkan keretakan antara budak dan negara bagian bebas yang menyebabkan terjadinya Perang Saudara.


6. Harry S. Truman

7 PRESIDEN TERTUA DALAM SEJARAH
Presiden Harry S. Truman, 1948
Sumber gambar : Arsip Bettmann

Terlahir pada tanggal 8 Mei 1884, Harry S, Truman adalah Presiden Amerika ke-33 berusia 68 tahun 257 hari ketika dia mengakhiri jabatannya sebagai Presiden Amerika pada Januari 1953. Truman naik sebagai Presiden Amerika setelah Presiden Amerika ke-32, Franklin D. Rooselvelt meninggal dunia pada tahun 1945. 

Harry S. Truman adalah seorang yang rajin berolahraga yang bahkan ketika berusia 60_an mampu berjalan 1,5 km setiap hari dengan kecepatan 120 langkah per menit yang sama seperti yang dia gunakan saat berbaris di Angkatan Darat AS.

Menurut jurnal CNN pada tahun 2016, Dia dalam kondisi yang baik tetapi pebuh dengan tekanan saat terjadinya Perang Korea dan kebiasaan buruk Truman bekerja hingga 18 jam sehari dengan mengabaikan penyakit yang di deritanya. Dokter menemukan bahwa Truman menderita tiga penyakit secara bersamaan dari tiga infeksi bakteri yang berbeda. Menurut sebuah artikel dari situs Arsip Nasional, Penyakit Harry S. Truman yang sangat serius ini disembunyikan dari publik.

7. George H.W Bush

7 PRESIDEN TERTUA DALAM SEJARAH
Presiden George H.W Bush, Berdiri di kantor Oval, 1990
Sumber gambar : Dirck Galstead / Koleksi Gambar Live

Lahir pada 12 Juni 1924, Presiden Amerika Serikat ke-41 ini telah mencapai usia 68 tahun 222 hari ketika meletakkan jabatannya sebagai Presiden Amerika pada Januari 1993. Setelah karirnya yang sangat penjang di pemerintahan dari tugas sebagai Direktur Central Intelligence Agency dan delapan tahun sebagai wakil presiden AS, Bush memiliki banyak pengalaman saat dia sampai pada titik Oval Office. Olahraga selama hidupnya telah membuat mantan bintang Bisbol Universitas Yale yang energik untuk pria berusia 60-an tahun.

Bush memang memiliki beberapa kendala yang beberapa ditafsirkan sebagai tanda-tanda lelah termasuk saat dia memeriksa arlojinya saat debat tahun 1992 dan kemudian mengalami kesulitan menjawab pertanyaan tentang bagaimana resesi telah mempengaruhinya.

Meskipun kalah dalam pemilihan, para sejarahwan menghargai keberhasilannya sebagai presiden termasuk penangannya di akhir masa Perang Dingin.


Nah itulah 7 presiden tertua dalam sejarah yang perlu Anda ketahui, dan sudah menjadi rahasia umum bahwa stres menjadi presiden cenderung mempercepat penuaan seseorang. Tetapi dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011oleh S. Jay Olshanky, seorang profesor di School of Public Health di University of Illionis di Chicagomenemukan bahwa Presiden AS sebenarnya cenderung hidup lebih lama daripada laki-laki Amerika pada umumnya yang sezaman dengan mereka.


Editor : Rey Mahessa
Sumber :History.com

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook