CABAI TERNYATA DAPAT MEMBUNUH SEL KANKER

Cabai Ternyata Dapat Membunuh Sel Kanker



Cabai Ternyata Dapat Membunuh Sel Kanker


Mahessa83-Cabai adalah tumbuhan dari jenis Genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu. Cabai merah Besar (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi  dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung.

Cabai yang juga mengandung Zat Capsaicin yang membuat cabai terasa pedas ternyata tak hanya mampu membakar lemak saja tetapi juga dapat Membunuh Sel Kanker dan memperpanjang usia Pasien Kanker.

Menurut beberapa penelitian mengkonsumsi makanan pedas bisa menurunkan tekanan darah, Mengurangi kolesterol dalam darah serta mencegah penggumpalan dalam darah. Zat yang menyebabkan rasa pedas ini juga dapat membuat Sel Kanker "bunuh diri". Selain itu Cabai juga bisa mencegah Penyakit Kanker.

Penelitian yang dilakukan pada tikus mengungkapkan bahwa capsaicin bisa membunuh sel tumor dan memperpanjang usia tikus hingga 30%. Hal ini bisa saja memiliki efek yang sama dengan manusia. Namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui efeknya lebih jelas lagi.

Peneltian yanng diterbitkan oleh Journal of Clinical Investigation menjelaskan bahwa Capsaicin bisa membunuh sel tumor dan mencegah Kanker Usus. Para peneliti menemukan bahwa reseptor TRPVIbisa menekan pertumbuhan sel tumor dan mencegah kanker.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda harus mengkonsumsi Cabai secara berlebihan. Sebab mengkonsumsi cabai secara berlebihan juga dapat memberikan efek buruk pada sistim pencernaan.  


Sumber:tipssehatbebasdarikanker.com

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook