8 JENIS TANAMAN BERACUN PALING BERBAHAYA DI DUNIA

8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia


Mahessa83-Pada artikel sebelumnya saya telah mengulas tentang 8 Hewan Beracun Paling Mematikan Di Dunia, Kali ini saya akan mengulas 8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia yang kami ambil dari berbagai sumber.

Beberapa tanaman baik tanaman buah, tanaman bunga atau tanaman liar ternyata banyak memiliki sesuatu hal yang sangat luar biasa. Beberapa diantara banyak memberikan manfaat bagi mahluk hidup lainnya namun dibeberapa jenis lainnya juga sangat berbahaya bila di konsumsi oleh mahluk hidup lainnya.

Berikut 8 Jenis Tanaman Paling Beracun Di Dunia  

1. Tanaman Castor


8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia

Tanaman Castor atau Pohon Jarak (Ricinus Communis) adalah tumbuhan liar yang biasanya terdapat di hutan-hutan, tanah kosong, daerah pantai dan sering juga dikembangbiakan dalam perkebunan. 

Tanaman ini merupakan sumber minyak jarak yang mengandung zat ricin, sejenis racun paling mematikan di dunia dan diakui oleh Rekor Dunia Guinness pada tahun 2007. 

Pohon Jarak merupakan satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan asam lemak hidroksi yaitu asam ricinoleat sehingga minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu tinggi sehingga dipakai sebagai campuran pelumas. 

2. Water Hemlock


8 Jenis Tanaman  Beracun Paling Berbahaya Di Dunia

Cicuta atau umumnya dikenal Water Hemlock adalah genus kecil dari empat spesies tanaman yang sangat beracun dalam keluarga Apiaceae. Tanaman dengan bunga berwarna hijau atau putih ini yang berbentuk payung dikenal juga dengan nama Combane atau Racun Ubi.

Tanaman ini banyak tumbuh di belahan bumi utara terutama di Amerika Utara dan Eropa dengan banyak lahan basah dan berawa. 

Water Hemlock dianggap salah satu tanaman paling beracun di Amerika Utara dan sangat berbahaya untuk di konsumsi oleh manusia.  Tanaman ini banyak mengandung racun dari jenis cicutoxin yang dapat menyebabkan rusaknya sistim saraf manusia dan kejang-kejang.  

3. Atropa Belladonna


8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia

Atropa Belladonna atau Atropa Bella-Donna atau Nightshade adalah salah satu tanaman paling beracun di dunia. Tanaman dengan nama latin (Solanaceae) ini banyak tumbuh di Eropa, Afrika Utara, Asia Barat dan beberapa tempat di Amerika Serikat dan Kanada.

Daun dan buah dari pohon Atropa Belladonna ini mengandung alkaloid tropane. Racun ini termasuk skopolamin dan hyoscyamine yang apabila di konsumsi manusia akan menyebabkan prilaku aneh serta halusinasi.

Pohon ini memiliki sejarah panjang digunakan sebagai obat, kosmetik, dan racun. Sebelum Abad Pertengahan, itu digunakan sebagai anestesi untuk operasi; Romawi kuno yang digunakan sebagai racun (istri Kaisar Augustus dan istri Claudius keduanya dikabarkan telah digunakan untuk pembunuhan), dan sebelumnya racun ini digunakan untuk membuat racun-tipped panah. Nama genus Atropa berasal dari Atropos, salah satu dari tiga Nasib dalam mitologi Yunani, dan nama "bella donna" berasal dari Italia dan berarti "wanita cantik" karena rempah digunakan dalam tetes mata oleh perempuan untuk melebarkan pupil mata agar mereka tampil menggoda.    

4. The Rosary Pea


8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia

The Rosary Pea atau Abrus Precatorius adalah tanaman yang berasal dari India ini banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis di dunia. Tumbuhan ini juga salah satu tumbuhan endemik di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Saga Rambat.  Bijinya banyak digunakan sebagai manik-manik dan instrumen perkusi. Tanaman ini menjadi sangat berbahaya karena mengandung sejenis racun berbahaya yang disebut abrin.




Gejala keracunan termasuk mual, muntah, kejang-kejang, gagal hati, dan kematian, biasanya setelah beberapa hari. Benih telah digunakan sebagai manik-manik dalam perhiasan, yang berbahaya; debu yang dihirup adalah racun dan titik-titik bisa berakibat fatal. 

Uniknya di Indonesia The Rosary Pea atau Saga Rambat ini diolah menjadi obat sariawan yang digabungkan dengan daun sirih.

5. Cerbera Odollam 


8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia

Cerbera Odollam (angiosperma dikotil) sebuah spesies tanaman dari keluarga Apocynaceae yang dikenal sebagai tanaman bunuh diri. Tanaman yang berasal dari India dan Asia Selatan ini banyak tumbuh dirawa-rawa yang banyak mengandung garam di pantai dan juga ditanam sebagai tanaman pagar. 

Tumbuhan ini mengandung racun yang sangat kuat yang telah banyak digunakan untuk bunuh diri dan pembunuhan.

6. Nerium Oleander


8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia

Nerium Oleander adalah tanaman semak dari keluarga dogbane Apocynaceae yang sangat beracun dari semua bagiannya. 

Saat ini Nerium Oleander adalah satu-satunya spesies dalam genus Nerium atau yang dikenal juga dengan sebutan Oleander.

7. Pohon Strychnine


8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia

Strychnine, lebih dikenal sebagai kacang racun atau tombol quaker, yaitu pohon berukuran tengah, asli india serta asia tenggara. Benih kecil didalam pohon ‘hijau serupa buah jeruk, amat beracun, dipenuhi dengan alkaloid beracun’ strychnine serta brucine. 30 mg racun ini cukup fatal untuk orang dewasa, serta dapat mengakibatkan kematian yang menyakitkan dengan kejang-kejang hebat dikarenakan stimulasi simultan dari ganglia sensoris di tulang belakang.

8. Aconitum


8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia

Aconitum (Runuculaceae) adalah tanaman herba tahunan yang berasal dari bagian pegunungan di belahan bumi utara. Tanaman ini merupakan salah satu spesies paling beracun bila tidak di tangani dengan hati-hati.

Gejala keracunan aconite pada manusia menanggung sebagian lewat kesamaan dengan orang-orang dari rabies: air liur berbusa, gangguan penglihatan, vertigo, dan akhirnya koma..

Nah itulah 8 Jenis Tanaman Beracun Paling Berbahaya Di Dunia. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.



Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook