PENDUDUK ASLI AMERIKA MASIH MENYIMPAN MISTERI

Penduduk Asli Amerika Masih Menyimpan Misteri


Penduduk Asli Amerika Masih Menyimpan Misteri

Mahessa83-Menurut para peneliti hingga saat ini penduduk asli hutan hujan Amazon mungkin keturunan masyarakat Pasifik. Tetapi hal ini tetap menjadi misteri kapan dan bagaimana keturunan Australasia di Pasifik bisa sampai ke Amazon.

Menurut penelitian secara genetik menunjukkan bahwa semua penduduk asli Amerika berasal dari Eurasia yang berimigrasi ke Amerika lebih dari 15.000 tahun yang lalu. Ketika permukaan laut lebih rendah terkena Bering yaitu Jembatan Tanah yang dikenal sebagai Beringia yang menghubungkan benua. Beberapa penduduk asli Amerika dari Amerika Utara dan Kutub Utara mungkin juga berimigrasi pada gelombang yang lebih baru.

Namun dalam sebuah studi pada penemuan bentuk tengkorak di Brasil mengisyaratkan bahwa dua kelompok yang berbeda memasuki Benua Amerika. Satu jenis Asia yang mirip dengan penduduk asli Amerika modern dari Australasia wilayah yang mencakup Australia, Selandia Baru, New Guinea dan Kepulauan Pasifik bahkan beberapa kelompok dari Afrika.

Untuk menjelaskan misteri ini, Para ilmuwan menganalisis DNA dari 30 kelompok penduduk asli Amerika dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan 197 populasi non-Amerika di seluruh dunia.

Para peneliti menemukan bahwa beberapa kelompok penduduk asli Amerika dari Hutan Hujan Amazon yang dikenal sebagai Amazonia berasal dari populasi yang lebih dekat dengan Onge dari Kepulauan Andaman di Teluk Benggala, New Guinea, Papua dan penduduk asli Australia daripada berasal dari Eurasia atau penduduk asli Amerika.

Penduduk Asli Amerika Masih Menyimpan Misteri

Para peneliti mengusulkan bahwa kelompok yang mereka sebut "Penduduk Y" nama untuk Ypykuera yang berarti "Leluhur" atau dalam bahasa Brasilnya Tupi. Tanda genetik ini meneruskan Kelompok Australasian ke Amazonians. Penduduk Y sudah bercampur dengan genetik dengan garis keturunan yang berhubungan dengan penduduk asli Amerika pada saat itu mencapai Amazonia.

Para peneliti belum dapat memastikan kapan dan bagaimana Penduduk Y bisa mencapai Amerika Selatan. "Kita tidak bisa mengatakan banyak tentang cerita bagaimana hubungan genetik ini terjadi," kata Skoglund kepada LiveScience. "Temuan ini hanya menimbulkan lebih banyak pertanyaan tentang Sejarah Amerika".

Temuan ini adalah salah satu penemuan genetik yang mengejutkan yang menunjukkan hubungan antara Amazonia dan Pasifik . Sedangkan pada tahun 2013, Para ilmuwan di Brasil menemukan sebuah DNA Polinesia di Butocudo, Brasil. Namun menurut Skoglund bahwa genetik yang ditemukan di Butocudo berbeda dengan DNA Amazonians.

Hingga saat ini para peneliti menyarankan untuk menganalisis DNA dari sisa-sisa manusia kuno di seluruh Amerika untuk membantu memecahkan Misteri Penduduk Asli Amerika.  

Sumber: LiveScience

     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook