MENGENAL JENIS KANKER PALING BERBAHAYA PADA PRIA

Mengenal Jenis Kanker Paling Berbahaya Pada Pria


Mengenal, Jenis, Kanker, Paling, Berbahaya, Pada, Pria

- Hari Kanker sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai cara untuk mengingatkan kembali pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari ancaman penyakit kanker. Karena hingga saat ini penyakit Kanker masih merupakan penyakit yang paling menakutkan diseluruh dunia dan salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian.

World Cancer Research Fund Internasional (WCRF) melansir data bahwa pada tahun 2012 ada sekitar 14,1 juta kasus penyakit Kanker yang terjadi di seluruh dunia. 7,4 juta kasus Kanker yang terjadi pada pria dan sebanyak 6,7 juta kasus kanker terjadi pada wanita. WCRF juga memprediksi total kasus Kanker akan terus bertambah hingga 24 juta kasus di tahun 2015.

Berikut ini jenis-jenis Kanker Paling Berbahaya Yang Mengancam Para Pria dan bagaimana cara mencegahnya. 

Kanker Paru-Paru


Kanker Paru-Paru adalah sejenis Kanker yang paling banyak di derita pria. Sekitar 80-90% jenis kanker Paru-Paru menyerang para pria. Hal ini disebabkan karena rokok aktif maupun pasif. Penyakit ini juga bisa disebabkan karena paparan polutan seperti asbestos dan arsenik. 

Apabila anda mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh hingga mengeluarkan darah, dada nyeri serta leher yang membengkak segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Karena hal ini menjadi indikasi awal Kanker Paru-Paru. 

Kanker ini sering tidak di sadari, dan diketahui setelah dalam keadaan stadium lanjut. Menghindari rokok menjadi cara terbaik untuk mencegah Kanker Paru-Paru.

Kanker Prostat


Kanker Prostat sulit untuk di deteksi karena tidak ada tanda khusus. Namun biasanya ditemukan gejala seperti pembengkakan prostat, peningkatan frekuensi buang air kecil dimalam hari. Setelah itu mulai sulit buang air kecil dan adanya darah pada urine. 

Perkembangan jenis kanker ini tergolong lambat. Namun tetap sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian mendadak. 

Pencegahan pada Kanker Prostat bisa dilakukan dengan menghindari rokok, Menjaga berat badan ideal, Mengatur pola makan sehat, Mengurangi mengkonsumsi makanan berlemak dan daging olahan serta Menambah aktifitas fisik.

Kanker Kolekteral


Kanker Kolekteral adalah kanker yang terjadi pada jaringan usus besar atau rektum (bagian kecil dari usus besar sebelum anus) . 

Kanker ini telah menyerang 71.000 pria pada tahun 2014. Kanker jenis ini biasanya menyerang pria diatas 50 tahun. Adapun gejala terkena Kanker Kolekteral meliputi perubahan kebiasaan buang air besar seperti Diare atau Konstipasi, BAB berdarah atau Kram Perut.

Untuk mencegah terjadinya Kanker Kolekteral pada pria sebaiknya anda melakukan aktifitas fisik dengan rajin berolah raga, menghindari alkohol, membatasi daging merah dan melakukan pola hidup sehat.

Kehadiran sel kanker sering tidak dirasakan dan diketahui dan baru diketahui pada stadium lanjut. Untuk itu anda harus tetap waspada dan selalu menjaga pola hidup sehat, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan hindari rokok agar anda terhindar dari penyakit berbahaya.



Sumber: Tips Kesehatan Untuk Keluarga       
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook