INILAH 8 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

Inilah 8 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia


- Apakah anda seorang pecinta olahraga Sepakbola? Memiliki stadion sepakbola dengan skala besar dan megah merupakan impian banyak negara dan klub-klub sepakbola di dunia ini. Dari sekian banyaknya stadion-stadion sepakbola yang ada di dunia saat ini berikut 8 Stadion Sepakbola Terbesar Dan Termegah Di Dunia yang kami dapat rangkum,

1. International Stadion Yokohama Jepang


Inilah, 8, Stadion, Sepakbola, Terbesar, Dan, Termegah, Di, Dunia

Stadion Nissan atau juga dikenal sebagai Stadion Internasional Yokohama dibangun dengan  biaya mencapai 60,3  milliar Yen Jepang ini mampu menampung 70.000 tempat duduk. Memiliki 824 lampu dengan 2 layar raksasa serta jaringan pipa air panas raksasa menjadi pelengkap tambahan pada stadion Yokohama ini.

Stadion ini selesai dibangun pada bulan Maret 1998 dan dipakai sebagai tempat pertandingan Piala Dunia FIFA 2002 dalam 3 pertandingan penyisihan group serta partai Final.


2. Marancana Rio De Janeiro, Brasil


Inilah, 8, Stadion, Sepakbola, Terbesar, Dan, Termegah, Di, Dunia

Stadion Jornalista Mário Filho atau biasanya dipanggil Stadion Maracanã merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Stadion ini merupakan stadion terbesar di Amerika Selatan dan Brasil yang diresmikan pada 16 Juni 1050 memiliki kapasitas 95.000 kursi. 

Stadion ini dipakai untuk pertandingan final Piala Dunia FIFA 1950 dan Piala Dunia FIFA 2014. Stadion ini direnovasi untuk Piala Dunia FIFA 2014, Piala Konfederasi FIFA 2013, Olimpiade Musim Panas 2016, dan Praolimpiade Musim Panas 2016
Stadion ini merupakan markas klub CR Flamengo dan Fluminense FC

3. Estadio Santiago Bernabeu Madrid, Spanyol


Inilah, 8, Stadion, Sepakbola, Terbesar, Dan, Termegah, Di, Dunia

Kesebelasan sepak bola tertua di Eropa yaitu Madrid, didirikan pada tahun 1902, diusianya yang sangat tua, namun Madrid sendiri belum mempunyai kandang pribadi di Negaranya. Hingga pada tahun 1924 sebuah stadion yang secara resmi didirikan sebagai kandang Madrid ini di bangun. 

Stadion Charmatin begitulah nama stadion pertama yang didirikan oleh Madrid di Wilayahnya tersebut. Namun sangat disayangkan, Stadion megah sekaligus stadion pertama sebagai pencatat sejarah berdirinya diMadrid harus musnah akibat perang sipil di Negara tersebut. namun selang beberapa tahun kemudian tepatnya pada 14 Desember 1947 di tanah yang sama pemerintah setempat membangun stadion baru yang hingga saat ini masih berdiri dengan sangat megah. Estado Santiao Bernabeu itulah nama stadion pengganti Stadion Charmatin. Stadion Estado pernah dijadikan penyelengara piala dunia pada tahun 1982.  

4. Stadion Olimpico Roma, Italia


Inilah, 8, Stadion, Sepakbola, Terbesar, Dan, Termegah, Di, Dunia

Stadion Olimpiade Roma adalah stadion serbaguna yang terletak di Roma, Italia. Dibangun pada tahun 1937 dan diperbesar pada tahun 1990. Stadion ini memiliki kapasitas 82.307 kursi. Stadion ini merupakan kandang dari dua klub sepak bola asal kota Roma yaitu S.S. Lazio dan AS Roma.

Stadion ini pernah digunakan untuk Olimpiade Musim Panas 1960, Universiade Musim Panas 1975, dan Kejuaraan Dunia Atletik IAAF 1987. Dalam ajang piala dunia, stadion ini menjadi tempat pertandingan final Piala Dunia FIFA 1990.

5. San Siro Milan, Italia


Inilah, 8, Stadion, Sepakbola, Terbesar, Dan, Termegah, Di, Dunia
Stadion Giuseppe Meazza juga dikenal dengan nama San Siro, adalah stadion sepak bola di Milan, Italia. Stadion ini adalah kandang bagi dua tim Liga Italia dari Serie A: A.C. Milan dan Internazionale.

Stadion Giuseppe Meazza mulai dibangun oleh Piero Pirelli, presiden AC Milan saat itu, pada 1 Agustus 1925 dan selesai pada 15 September 1926 dengan nama Nuovo stadio Calcistico San Siro. Pembangunan tersebut menghabiskan dana sekitar 5 juta lira. Stadion ini dibuka secara resmi pada tanggal 19 September 1926 dengan pertandingan derby antara AC Milan melawan Inter Milan, yang dimenangkan oleh Inter Milan dengan skor 6 - 3.

Pada awalnya Stadion ini adalah Stadion kandang bagi AC Milan, hingga pada tahun 1935 AC Milan mengalami kebangkrutan dan harus menjual stadion tersebut pada Pemerintah kota Milan. Inter Milan kemudian menyewa Stadion ini dari Pemerintah kota Milan pada tahun 1947, sejak saat itu stadion ini digunakan sebagai kandang bagi Inter Milan dan AC Milan. Jauh sebelum menggunakan Stadion Giuseppe Meazza, Inter selalu menggunakan Stadion Arena.

Nama Giuseppe Meazza dipilih sebagai nama Stadion pada 3 Maret 1980 untuk menghormati pemain sepak bola legendaris yang membawa Italia menjuarai Piala Dunia 1934 dan 1938, sekaligus mantan pemain Inter dan Milan. Suporter AC Milan lebih suka menggunakan nama "San Siro" untuk menyebut nama stadion ini, karena Giuseppe Meazza lebih identik sebagai ikon Inter Milan walaupun pernah bermain untuk AC Milan.

Pada tahun 1987 dalam persiapan untuk Piala Dunia pemerintah Italia memberikan dewan kota Milan $30 juta untuk memodernisasikan stadion tersebut, namun akhirnya ongkosnya membengkak dua kali lipat.


Pada tahun 1990, stadion ini menjadi tempat pertandingan final Piala Dunia antara Jerman Barat dan Argentina.

6. Stadion Azahdi Teheran, Iran


Inilah, 8, Stadion, Sepakbola, Terbesar, Dan, Termegah, Di, Dunia

Stadion Azadi adalah stadion nasional utama Iran yang terletak di Teheran, dan berkapasitas 100.000 tempat duduk untuk penonton dan menjadi stadion kebanggaan penduduk Iran. Stadion ini merupakan stadion sepak bola terbesar di Iran dan sering digunakan untuk pertandingan-pertandingan resmi maupun persahabatan oleh tim nasional sepak bola Iran. Stadion ini merupakan bagian dari Kompleks Olahraga Azadi.

Stadion ini dibangun pertama kali tahun 1973 dan diresmikan pada tahun itu juga untuk penyelenggaraan Asian Games 1974 di Iran. Pada tahun 2002 stadion ini direnovasi untuk mengurangi kapasitas tempat duduk penontonnya dari 100.000 menjadi 90.000 tempat duduk. Stadion ini pernah diberi nama Stadion Aryamehr sebagai penghargaan dari anggota Shah Iran namun beberapa waktu kemudian kembali menjadi Stadion Azadi setelah Revolusi Iran tahun 1979.

Stadion Azadi pernah menjadi saksi sejarah sepak bola Iran saat tim nasional sepak bola Iran melawan tim nasional sepak bola Australia yang berakhir imbang 0-0 dan imbang 2-2 di kandang Australia dan meloloskan Iran ke Piala Dunia 1998 di Perancis karena unggul agregat gol di kandang lawan.

7. Stadion Old Tafford Manchester, Inggris


Inilah, 8, Stadion, Sepakbola, Terbesar, Dan, Termegah, Di, Dunia

Old Trafford adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Old Trafford, Manchester Raya, Inggris dan merupakan stadion milik Manchester United F.C. Stadion ini menjadi milik permanen Manchester United sejak tahun 1910 dan diberi julukan The Theatre of Dreams oleh Sir Bobby Charlton. Stadion ini diarsiteki oleh Sir Archibald Leitch yang juga mengarsiteki markas Charlton Athletic, Chelsea, Everton, Middlesbrough, Tottenham Hotspur, Rangers F.C. serta Southampton.

Stadion ini mempunyai sejarah yang sangat panjang, Stadion milik manchester united ini dibangun sekitar 32 tahun setelah klub manchester berdiri. Pada awalnya Para pemain Manchester united hanya bermain di lapangan kecil di North Road di dekat stasiun kereta api Piccadily, kemudian pindah ke lapangan Bank Street, Dan barulah setelah 32 tahun atau tepatnya setelah mendapat trophi divisi 1 pertama mereka, mereka baru memakai stadion kebanggan ini. Partai Manchester United pertama yang dilakoni di Stadion ini adalah saat melawan Liverpool 19 Februari 1910.

"The Theatre of Dreams", begitulah sir Bobby Charlton menyebut stadion ini. Stadion kebanggan milik tim sepak bola Manchester United ini memang bagaikan sebuah lapangan panggung drama yang sudah menyajikan beribu-ribu bahkan berjuta-juta aksi manchester united dalam mengarungi ketatnya dunia persepakbolaan. Sudah tak terhitung sudah berapa ratus bintang yang terlahir di Sini.

Stadion yang dinobatkan sebagai stadion klub terbesar di Inggris ini merupakan salah satu stadion sepakbola bersejarah di Dunia.Stadion yang diresmikan pada 19 Februari 1910 ini merupakan stadion yang megah dan sangat besar di masanya. Hal ini menjadikanya stadion terkemuka di Inggris sebagai stadion yang menggelar pertandingan-pertandingan penting, apalagi saat itu stadion nasional Inggris Wembley belum dibangun. Stadion ini kemudian menjadi impian setiap pemain sepakbola untuk dapat tampil di sana

Stadion ini selalu menyuguhkan drama hebat di hampir setiap pertandingan. Impian-impian sepak bola melambung dan berkecamuk di arena ini. Bagi MU, Old Trafford bagaikan taman impian. Karena itu pula, Bobby Charlton menyebutnya teater impian,Meski begitu, Old Trafford juga menjadi simbol kepedihan Manchester, juga rakyat Inggris. Pada Perang Dunia II, stadion ini termasuk menjadi sasaran bom oleh Jerman. Tepatnya 11 Maret 1941.Kontan saja, stadion itu berantakan dan tak bisa dipakai. Markas MU pun akhirnya pindah, menumpang markas Manchester City, di Maine Road Stadion Old Trafford terletak kira-kira setengah mil dari Lapangan Kriket dan Manchester Metrolink.. Parahnya, perang juga diikuti inflasi, hingga MU kesulitan membangun kembali stadion kebesarannya.Butuh waktu nyaris 9 tahun untuk kembali menghidupkan kembali Old Trafford. Praktis, dalam delapan musim Liga Utama Inggris absen di Old Trafford. Berkat semangat keluarga Edwards (pemilik klub), stadion itu terbangun juga.Sejak itu, renovasi terus dilakukan. Kapasitas stadion pun naik turun. Setelah kasus tragedi di Stadion Hillsborough, 1989, kapastias dikurangi menjadi 45.000, bahkan kemudian 43.000. Kapasitas tersedikit sepanjang sejarah Old Trafford.


Stadion ini pernah menjadi tuan rumah pertandingan semi-final Piala FA (sebagai tempat netral), dan menjadi markas Tim nasional Inggris ketika Stadion Wembley dalam proses renovasi. Stadion ini juga menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 1966 dan Euro 96, dan juga final Liga Champions 2003.

Pada saat London menjadi tuan rumah Olimpiade 2012, stadion ini juga digunakan untuk beberapa pertandingan penyisihan sepak bola pria dan wanita. Di samping sepak bola, Old Trafford pernah menjadi tempat penyelenggaraan Grand Final Liga Super Rugby dan juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia Liga Rugby 2000.

Old Trafford memiliki kapasitas 75,765 tempat duduk, dan merupakan stadion sepak bola terbesar kedua di Inggris setelah Stadion Wembley. Bersama dengan Stadion Wembley, merupakan stadion di Inggris yang memiliki rating 5 bintang UEFA.

8. Nou Camp Barcelona, Spanyol


Inilah, 8, Stadion, Sepakbola, Terbesar, Dan, Termegah, Di, Dunia

Stadion Sepak Bola termegah selanjutnya berada di Barcelona Spanyol. Stadion Nou Campbegitulah nama stadion termegah di spanyol ini, Stadion yang dibangun pada tahun 1957 ini menghabiskan dana sebanyak US$ 3 Juta. Nou Camp juga pernah dinobatkan sebagai stadion sepak bola terbesar di eropa. Nou Cham dapat menampung hingga kapasitas penonton sebanyak 120.000 penonton. Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah piala dunia pada tahun 1982 lalu.  

Nah itulah 8 Stadion Sepakbola Terbesar dan Termegah Di Dunia yang dapat kami rangkum. Mungkin ada pilihan yang lain dari anda?


Sumber: Wikipedia 


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook