12 PENYEBAB KEHANCURAN BUMI MENURUT ILMUWAN

12 Penyebab Kehancuran Bumi Menurut Ilmuwan


- Sebuah tim dari Universitas Oxford Future of Humanity Institute dan Tantangan Global Foundation mengkaji kejadian ilmiah yang serius pertama dari resiko kehancuran bumi (apokaliptik) yang akan kita hadapi.

Beberapa skenerio muncul dari peristiwa di luar kendali kita seperti asteroid menabrak bumi atau letusan gunung supervolcano tetapi yang akan terjadi justru akibat kemajuan manusia.

12, Penyebab, Kehancuran, Bumi, Menurut, Ilmuwan
Bahaya Supervolcano - satu mampu menghasilkan letusan 1.000 kali lebih besar dari normal - adalah jumlah aerosol dan debu yang dikirim ke atmosfer karena mereka bisa menciptakan sebuah 'musim dingin vulkanik'

Beberapa perkembangan teknologi yang memiliki potensi untuk membawa manfaat besar bagi manusia tetapi juga dapat menyebabkan kematian bagi kita.

Berikut 12 Penyebab Kehancuran Bumi Menurut Ilmuwan seperti yang di lansir dari Daily Mail.

1. Wabah Penyakit Global

12, Penyebab, Kehancuran, Bumi, Menurut, Ilmuwan

Wabah penyakit akan dapat disembuhkan (seperti Ebola), penyakit yang fatal (seperti rabies), penyakit yang sangat menular (seperti filek) dan memiliki masa inkubasi lama (seperti HIV).

Jika penyakit yang menhancurkan yang terjadi pada Patogen Tunggal - Influenza sudah mampu menggabungkan fitur dari virus yang berbeda, maka jumlah korban tewas akan menjadi banyak.

Sementara sumber daya untuk mengadakan penelitian secara medis untuk memerangi penyakit, transportasi modern, populasi yang padat memungkinkan virus akan menyebar dengan cepat.

2. Supervolcano

Bahaya Supervolcano - salah satu letusan gunung berapi yang mampu menghasilkan 1.000 kali lebih besar dari normal akan mampu menghasilkan aerosol dan debu dalam jumlah besar ke atsmofer.

Debu ini akan menyerap sinar matahari yang akan menyebabkan "musim dingin vulkanik" di dunia. Efek ini juga serupa dengan terjadinya asteroid atau perang nuklir.

Dengan teknologi yang ada hingga saat ini, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan tersebut?

3. Kecerdasan Buatan

12, Penyebab, Kehancuran, Bumi, Menurut, Ilmuwan
Kecerdasan buatan mungkin ancaman buat kehancuran bumi yang perlu di bahas, hal ini mengacu pada perkembangan mesin dan perangkat lunak dengan tingkat kecerdasan manusia.

Kecerdasan tersebut tidak dapat dengan mudah dikendalikan baik oleh penciptanya sendiri atau badan internasional dan mungkin akan mampu meningkatkan kecerdasan mereka sendiri.

Dan jika mereka memutuskan manusia tidak ada nilainya, mereka bisa saja membangun dunia tanpa manusia.

Saat ini tidak ada yang tahu apakah ada resiko nyata tentang kecerdasan mesin yang membahayakan. Oleh karena itu para peneliti memberikan perkiraan bahwa peluang itu bisa saja terjadi.

4. Perubahan Iklim Yang Ekstrim

Para ilmuwan saat ini mempredisksi perubahan iklim akibat ulah manusia.  Menambahkan karbondioksida ke atsmofer yang dapat menyebabkan suhu meningkat sekitar 4C secara global. Tetpi para ilmuwan juga tidak bisa memastikan bahwa bisa saja terjai pemanasan global terjadi lebih ekstrim lagi dari yang diperkirakan dan suhu bisa meningkat sampai 6C.

Dampaknya akan terasa pada negara-negara miskin akan menyebabkan kematian massal, kelaparan dan migrasi massal.

5. Biologi Sintetis

Rekayasa genetika super-organisme dapat bermanfaat bagi kemanusiaan. Namun penciptaan super-organisme yang menargetkan manusia atau bagian penting dari ekosistem bisa berakhir dengan bencana. Dan dampaknya bisa lebih buruk dari Wabah Penyakit Global.

6. Dampak Asteroid

12, Penyebab, Kehancuran, Bumi, Menurut, Ilmuwan
Akhir dunia: tabrakan asteroid besar - dengan obyek 5 km atau lebih dalam ukuran - terjadi sekitar sekali setiap 20 juta tahun dan akan memiliki energi 100.000 kali lebih besar dari bom terbesar yang pernah diledakkan


Dampak asteroid jika menabrak bumi akan menyebabkan kerusakan oleh debu yang menyebar ke atsmofer dan dapat mempengaruhi perubahan iklim secara global, persediaan makanan yang menipis dan ketidak stabilan politik.

7. Runtuhnya Ekologi

Sebuah rincian lengkap dari ekosistem global yang bisa menimbulkan kepunahan massal. Hal ini bisa terjadi tergantung kemampuan manusia pada ekosistem. Beberapa gaya hidup, misalnya bisa dipertahankan jika mereka terpisah dari kelompok.

Apakah hal ini dapat dicapai dalam skala besar dalam prakteknya terutama selama keruntuhan. Hal ini menjadi sebuah tantangan dalam bidang teknologi untuk sesuatu yang di inginkan adalah suatu pertanyaan yang wajar.

8. NanoTeknologi

Pelepasan super-organisme yang menargetkan pada manusia atau bagian penting dalam ekosistem bisa saja berakhir dengan bencana.

Manufaktur super-tepat pada tingkat atom bisa membuat bahan dengan sifat baru - seperti menjadi sangat tangguh atau 'pintar' - yang akan sangat bermanfaat.

Teknologi-teknologi manufaktur bisa menawarkan beberapa masalah terbesar di dunia - termasuk menipisnya sumber daya alam, polusi, perubahan iklim, air bersih dan bahkan kemiskinan.

Tapi juga bisa mengarah pada penciptaan persenjataan besar senjata baru konvensional atau lebih dimungkinkan oleh manufaktur atom.

9. Perang Nuklir

12, Penyebab, Kehancuran, Bumi, Menurut, Ilmuwan
Ancaman perang nuklir mungkin telah berkurang, tetapi potensi konflik nuklir yang disengaja atau tidak disengaja belum berkurang, dengan beberapa perkiraan menempatkan risiko pada abad berikutnya  sekitar 10 persen
 

Ketakutan perang nuklir yang bisa menghancurkan bumi antara Amerika Serikat dengan Rusia mencekeram ketakutan masyarakat dunia dalam beberapa dekade.

Ancaman itu mulai berkurang, tetapi potensi konflik perang nuklir yang disengaja ataupun tidak disengaja belum berkurang. Dengan beberapa perkiraan yang menempatkan resiko ini pada abad berikutnya sekitar 10%.

Apakah perang memiliki dampak yang lebih besar akan tergantung pada apakah itu memicu "perang dingin nuklir" yang bisa menciptakan awan asap yang tinggi sampai ke atsmofer yang akan menghalangi sinar matahari, suhu menjadi dibawah titik beku dan mungkin juga bisa merusak lapisan azon.

Efek lainnya adalah akan mengarah pada pemasokan pangan yang akan menyebabkan kelaparan secara global serta runtuhnya sebuah negara.

10. Pemerintahan Yang Buruk

Hal ini mengacu pada dua kategori utama bencana pemerintah - gagal untuk memecahkan masalah dipecahkan utama dan aktif menyebabkan hasil yang lebih buruk.

Contoh pertama akan gagal untuk mengurangi kemiskinan absolut; kedua, membangun negara totaliter global.

Perubahan teknologi, politik dan masyarakat bisa mengarah pada penciptaan pemerintahan yang lebih baik, tetapi juga bisa memberi kita orang-orang yang jauh lebih buruk.

11. Runtuhnya Sistem Dunia

Istilah yang luas ini mengacu pada keruntuhan ekonomi atau sosial pada skala global yang melibatkan kerusuhan sipil dan rincian dari hukum dan ketertiban yang membuat kelangsungan hidup manusia tidak mungkin di Bumi.

Ada terlalu banyak faktor yang tidak diketahui untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan hasil ini akan tetapi efek tersebut telah diamati dalam sistem rumit-terhubung seperti ekologi dan keuangan.

Kemungkinan runtuhnya lebih akut ketika beberapa jaringan bergantung satu sama lain.

12. Konsekwensi yang tidak diketahui

Kategori ini untuk menjaga hal-hal yang belum diketahui. Dampak dan resiko yang belum kita ketahui yang mungkin saja akan terjadi.

Dan semoga 12 Penyebab Kehancuran Bumi Menurut Ilmuwan ini dapat bermanfaat dan lebih berhati-hati lagi dalam bertindak. Marilah kita bersama-sama menjaga bumi ini dari kehancuran.   


Sumber: Daily Mail

 

 


    

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook