INILAH 10 KOTA TERTUA DAN PALING MENARIK DI DUNIA

Inilah 10 Kota Tertua Dan Paling Menarik Di Dunia


- Kota dengan sejarah millenium dapat menawarkan lebih dari sekedar arsitektur yang indah atau artefak yang unik. Mereka menyandang tanda-tanda zaman dan  peradaban sebelumnya. Mereka menampilkan perkembangan umat manusia dari sisi positif dan negatif. Kota-kota ini penuh dengan cerita yang luar biasa dan melengenda.

Berikut 10 Kota Tertua Dan Paling Menarik Di Dunia yang berhasil kami rangkum,

1. Damaskus, Syria

Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

Damaskus merupakan ibukota negara Syria dengan populasi penduduk sekitar 4,5 juta jiwa. Kota yang didirikan sekitar 10.000 - 8.000 SM, Menjadikan Damaskus diakui sebagai salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia. 

Terletak diantara benua Asia dan Afrika, kota ini memiliki lokasi geografis yang menguntungkan dipersimpangan orientasi bagi dunia barat.

Sejak zaman dahulu, Damaskus adalah kota budaya, komersial dan administrasi yang penting. Kota ini adalah tempat tujuan para pedagang dan pengrajin baik lokal maupun luar negeri.  Kota ini telah menciptakan beberapa peradaban seperti Helenistik, Romawi, Bizantium dan Islam. 

Kota tua dengan dinding menakjubkan dengan arsitektur kunonya, gang-gang sempit, halaman hijau dan rumah-rumah putih yang dapat mendatangakn para wisatawan dari penjuru dunia untuk melihat kota yang menakjubkan ini.

2. Athena, Yunani

Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

Athena adalah kota tempat lahir peradaban barat. Athena yang merupakan ibukota Yunani dengan populasi penduduk sekitar 3 juta orang telah dihuni selama dari 7.000 tahun dengan ditandai adanya desain kota sejak peradaban Utsmani, Bizantium dan peradaban Romawi. Di tempat ini juga banyak lahir filsuf yang luar biasa, penulis, dramawan, seniman serta gaya klasik.

Sekarang Athena adalah kota Kosmopolitan, budaya, media pendidikan, pusat politik dan industri Yunani. 

Pusat sejarah kota yang terdiri dari Acropolis (kota tinggi), sebuah bukit besar dengan bangunan-bangunan kuno dan Parthenon. Bukit ini memiliki pemandangan yang sangat luar biasa. Karenanya Athena diakui menjadi pusat penelitian arkeologi dunia. Di kota ini juga banyak terdapat museum sejarah seperti Museum Arkeologi Nasional, Museum Bizantium dan Kristen dan Museum New Acropolis.

Ketika anda mengunjungi Athena, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pelabuhan Piraeus yang telah menjadikan pelabuhan terpenting sejak dari zaman Mediterania selama berabad-abad karena tempatnya yang sangat strategis.

3. Byblos, Lebanon

Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

Byblos adalah salah satu kota tertua di Phoenicia, Lebanon dan telah dihuni secara terus menerus sejak 5.000 tahun yang lalu. 

Saat ini Byblos adalah kota tujuan wisata yang indah. memiliki banyak peninggalan dari peradaban kuno seperti benteng dan kuil-kuil kuno. Pemandangan yang indah yang menghadap Mediterania, reruntuhan kuno di pelabuhan.

4. Jerusalem, Israel

Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

Jerusalem adalah salah satu kota yang sering di kunjungi untuk tujuan agama yang paling penting di dunia. Jerusalem dikenal sebagai kota tempat suci bagi Yahudi, Kristen dan Islam.

Menurut Alkitab, Jerusalem didirikan sebagai ibukota kerajaan Israel oleh David. Saat Jerusalem dihuni oleh 800.000 warga Yahudi yang terdiri dari 60% dari populasi.

Selama bertahun-tahun Jerusalem telah mengalami beberapa kejadian tragis. Seperti berbagai macam serangan, pengepungan dan penghancuran. Kota tua Jerusalem didirikan sekitar 4.000 tahun yang lalu yang dibagi menjadi empat Quardral yang lebih dikenal sebagai Quartel Kristen, Muslim Quarter, Armenia Quarter dan Yahudi.

Pada tahun 1981, kota ini ditambahkan ke Daftar Situs Warisan Dunia.

5. Varanasi, India

Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

India adalah tempat kelahiran terkenal peradaban kuno, agama, spiritualitas dan juga salah satu kota tertua di dunia. Kota suci India, Varanasi terletak ditepi sungai Gangga. Orang-orang Hindu percaya didirikan oleh Shiwa pada tahun 12 SM.

Varanasi juga dikenal sebagai Benares, Yang menjadi tujuan khusus para penziarah. Varanasi merupakan pusat budaya dan agama yang luar biasa dengan banyak melahirkan penyair terkenal, penulis dan musisi.

Saat ini Varanasi merupakan pusat seni dan kerajinan seperti sutra brokat, karpet tenun, mainan, kaca, karya dari gading, parfum dan beberapa aksesoris serta perhiasan. 

6. Cholula, Mexico

Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

Kota Cholula dikembangkan dari penyatuan beberapa desa yang tersebar dan telah menjadi tempat tinggal bagi berbagai budaya di Amerika Latin seperti Olmec, Toltecs dan Aztec sejak 2.500 tahun yang lalu.

Cholula yang berarti "Tempat Penerbangan" yang juga sering disebut Acholollan. Kota yang pernah  ditaklukan oleh Spanyol itu kini menjadi kota yang berkembang. Cortez pernah disebut Cholulla yang berarti "Kota paling indah di luar Spanyol".

Dengan populasi penduduk 60.000 orang saat ini. Kota Cholulla mempunyai daya tarik yang paling menonjol yaitu adanya Piramida Besar Cholulla yang dikenal sebagai monumen terbesar yang pernah dibuat manusia.

7. Jericho, Palestina

Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

Penggalian arkeologi telah membuktikan dengan ditemukannya tempat tinggal manusia sejak 11.000 dengan 20 pemukiman. Namun saat ini Jericho adalah kota kecil dengan penduduk 20.000 orang. Dalam Alkitab Ibrani kota ini di sebut Pohon Palem.

Jericho terletak dipusat Palestina, yang sangat ideal sebagai rute tempat perdagangan. Selain itu keindahan dan sumber daya Jericho menjadi penyebab berbagai invasi ke Palestina Kuno. 

Pada abad pertama kota ini dihancurkan oleh orang-orang Romawi. Di bangun kembali oleh Bizantium dan hancur lagi. Kota Jericho telah ditinggalkan selama berabad-abad lamanya. Selama abad ke-20 wilayah Jericho telah di duduki oleh negara Jordania dan Israel.

Pada tahun 1994 wilayah ini menjadi bagian dari Palestina. Situs yang paling terkenal di kota ini adalah Tell es-Sultan, Istana Hisham dan Shalom al Yisrael Synagogue Mozaik Floor.

8. Aleppo, Syria

Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

Kota Aleppo adalah kota terbesar Di Syria yang dihuni oleh sekitar 2 juta penduduk. Aleppo memiliki lokasi geografis yang sangat menguntungkan. Terletak dipusat Jalur Sutra yang menggabungkan Asia dengan Mediterania.  

Wilayah ini telah dihuni sejak 8.000 tahun yang lalu, tetapi para arkeologi telah menemukan adanya tempat tinggal di Aleppo sejak 13.000 tahun yang lalu. Dari berbagai zaman, kota Aleppo telah dikuasai oleh bangsa Romawi, Bizantium, Ottoman yang buktinya disini banyak terdapat gaya arsiktur. Kota Aleppo juga sering disebut "Jiwa Suriah"

9. Plovdiv, Bulgaria


Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

Sejarah kota Plovdiv yang didirkan sejak 4.000 SM telah dibuktikan dengan banyak ditemukannya artefak dari zaman Neolitik. Selama beabad-abad kota Plovdiv telah diperintah oleh banyak kerajaan. Meskipun pada awalnya bernama kota Thracian yang kemudian ditaklukan oleh Roma. Pada abad pertengahan kota Plovdiv merupakat wilayah yang sangat memikat di Bulgaria, Bizantium dan Kekaisaran Ottoman. Dan pada tahun 1885 kota ini menjadi bagian dari negara Bulgaria yang saat itu menjadi kota terbesar kedua di Bulgaria. 

10. Luoyang, China

Inilah, 10, Kota, Tertua, Dan, Paling, Menarik, Di, Dunia

Sebagian kota-kota tua terletak di  Mediterania, Luoyang berdiri secara terus menerus dan merupakan kota tertua di Asia. Kota ini juga dianggap sebagai pusat Geografis China dan tempat lahir kebudayaan serta sejarah Tiongkok. Tidak ada kota lain di China yang telah dihuni oleh beberapa Dinasti dan Kaisar di Luoyang. Kota ini telah dihuni selama kurang lebih 4.000 tahun yang saat ini di huni oleh sekitar 7.000.000 penduduk. 
Dengan sejarahnya yang panjang dan menarik seperti di Luoyang yang telah banyak menawarkan Longmen Grottoes yang termasuk pada Daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 2000. Yang banyak terdapat kuil Budha yang sangat bersejarah untuk diperlihatkan kepada para wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Luoyang juga terkenal karena adanya Kuil Kuda Putih, Kuil pertama yang didirikan di China.

Ini adalah 10 kota tertua Dan Paling Menarik Di Dunia yang saya sarankan untuk mengunjunginya. Apakah anda pernah mengunjungi salah satu dari kota-kota tertua di dunia?
       

Sumber: womantely.com          

        

   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook