4 PERAWATAN KESEHATAN YANG TIDAK DI SADARI OLEH WANITA

4 Perawatan Kesehatan Yang Tidak Di Sadari Oleh Wanita


4, Perawatan, Kesehatan, Yang, Tidak, Di, Sadari, Oleh, Wanita

- Anatomi tubuh wanita yang berbeda dengan pria menjadi faktor utama dalam cara menjaga kesehatan pada wanita terutama perawatan kesehatan yang terkait dengan alat reproduksi. Payudara sebagai salah satu organ intim wanita sangat rentan dengan berbagai macam penyakit, sehingga harus dijaga kesehatannya. Agar terhindar dari kanker, salah satu  penyakit yang menjadi momok para wanita, tips-tips berikut sanga baik untuk di ikuti. 

Menjaga Kestabikan Berat Badan

4, Perawatan, Kesehatan, Yang, Tidak, Di, Sadari, Oleh, Wanita

Obesitas merupakan salah satu pemicu gangguan kesehatan seperti serangan jantung. Berat badan yang tidak terkontrol atau melebihi batas normal juga bisa memicu tumbuhnya kanker payudara. Oleh karena itu kita perlu menjaga berat badan diangka yang normal agar sel-sel kanker tidak muncul yang dapat membahayakan kesehatan payudara. Pertahankan berat badan yang normal dengan mengkonsumsi makanan yang berserat dan rajin berolah raga.

Memeriksakan Diri

Lakukan perawatan rutin dengan memeriksakan kesehatan payudara anda ke dokter atau mengecek sendiri dengan cara meraba. Pastikan tidak ada benjolan yang mencurigakan yang menimbulkan rasa nyeri di daerah payudara dan ketiak. Jika ada benjolan, jangan menunda-nunda untuk berkonsuktasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin. Selain itu, riwayat kesehatan keluarga juga perlu di ketahu. Lakukan general Check up secara rutin karena orang dengan keluarga penderita kanker payudara memiliki resiko yang lebih tinggi.

Menghindari Minuman Beralkohol Dan Makanan Berlemak

4, Perawatan, Kesehatan, Yang, Tidak, Di, Sadari, Oleh, Wanita

Minuman beralkohol dan merokok adalah musuh utama bagi kesehatan, termasuk kesehatan payudara. Jangan abaikan peringatan yang ada pada kemasan rokok, karena nikotin dan zat berbahaya lain pada rokokbisa memicu terjadinya penyakit kanker. Begitu juga dengan mengkonsumsi minuman beralkohol yang melebihi batas, Wanita yang mengkonsumsi minuman beralkohol 2 gelas perhari memiliki resiko gangguan kesehatan payudara hingga 21% lebih tinggi dari yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. 

Wine atau minuman anggur memang lebih minim resiko, tetapi akan jauh lebih baik jika kita tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Konsumsi makanan berlemak yang melebihi batas juga bisa memperbesar resiko kesehatan wanita. Makanan berlemak bisa mengubah zat kimia dalam usus yang terkena bakteri berubah menjadi estrogen yang bisa memicu kanker. Hormon yang tersimpan di jaringan lemak pada payudara bisa menumbuhkan sel kanker yang sangat berbahaya. Maka dari itu, Perawatan Kesehatan Wanita ketiga adalah dengan membatasi konsumsi lemak sekitar 20% dari konsumsi kalori secara keseluruhan.

Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat

4, Perawatan, Kesehatan, Yang, Tidak, Di, Sadari, Oleh, Wanita

Untuk memperkecil peluang timbulnya gangguan penyakit payudara, Konsumsilah makanan sehat seperti sayuran hijau dan ikan. Sayuran hijau seperti selada, bayam dan brokoli karena memiliki kandungan sulforaphane yang bermanfaat dalam mencegah dan memerangi sel kanker. Buah dan sayur yang banyak mengandung serat seperti buncis, jeruk dan pir juga bisa meningkatkan sistem metabolisme serta mengurangi pertumbuhan estrogen pemicu penyakit kanker. Di Jepang, rumput laut telah terbukti sebagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan payudara. Disini kita mengkonsumsinya sebagai kelp atau nori.

Kacang-kacangan, terutama kedelai, menjadi makanan sehat yang baik untuk kesehatan payudara. Kedelai mengandung zat bernama genisten yang bisa mengikat reseptor pada payudara dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Kita juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman dari kedelai seperti misalnya tahu, tempe dan susu kedelai alami. Untuk daging-dagingan, pilih ikan lain seperti tuna, sarden, makarel dan salmon. Ikan laut memiliki omega 3 yang sangat tinggi yang bisa memperkuat sistem imunisasi tubuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Dengan kandungan kaya manfaat tersebut, ikan laut menjadi makanan yang sangat disarankan dalam tips kesehatan wanita. Demikian tips hot ini kami bagikan bagi anda. Jangan lupa selalu update info tipsmu bersama kami.  

Anda kenal dengan dr. Boyke? Pastinya kenal dongg... Nah inilah Video Tips Kesehatan Wanita dari dr.Boyke dalam acara Bukan Empat Mata. 

 



Sumber: DuniaTips Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook