5 FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG DANAU

5 Fakta Mengejutkan Tentang Danau


- Danau adalah sumber air tawar atau asin yang tersedia secara bebas di bumi. Yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, sisa air tawar terkurung dalam lapisan es atau mata air yang berada dibawah tanah. 

Namun masih banyak fakta tentang danau yang merupakan sumber air ini yang masih sangat misterius untuk diteliti.

Berikut ini 5 Fakta Mengejutkan Tentang Danau seperti yang dilansir dari jurnal Geophysical Research Letters.

5. Kecil Tapi Sangat Penting 

5, Fakta, Mengejutkan, Tentang, Danau

Sedikitnya ada 117 juta danau di Bumi yang terbesar di banyak negara yang mencakup 3,7 persen dari luas daratan di bumi (ini tidak termasuk antartika, greenland atau laut kaspia) dan sekitar 90 juta danau diantaranya seluas dua lapangan sepak bola atau 0,5 - 2,5 hektar.

4. Garis Tepi Danau

5, Fakta, Mengejutkan, Tentang, Danau

Ditambahkan bahwa garis tepi danau dari semua danau yang ada di dunia sekitar 250 kali panjang garis khatulistiwa. Sedangkan panjang garis khatulistiwa itu sendiri adalah 7.926 mil atau 12.756 Km.

3. Selamat Datang Utara

5, Fakta, Mengejutkan, Tentang, Danau

Sebagian besar danau di dunia berada di Kanada, Rusia, Alaska, Swediadan Finlandia. Meskipun dinegara tropis juga banyak terdapat danau. Tetapi bagian utara lebih banyak terdapat danau. Sedangkan bagian selatan hanya ada sedikit danau.

2. Dampak Zaman Es

5, Fakta, Mengejutkan, Tentang, Danau

85 persen danau-danau tersebut berada pada ketinggian kurang dari 1.600 kaki (500 meter) di atas permukaan laut. Hal ini mempunyai dua alasan. Pertama, daerah pegunungan membatasi ukuran danau, kedua negara-negara yang memiliki banyak danau dikarenakan tergesernya gletser selama zaman es berakhir.

1. Muncul dan Menghilang  Pada Waktunya

5, Fakta, Mengejutkan, Tentang, Danau

Banyak juga danau yang muncul dan menghilang di bumi, Sebuah danau tiba-tiba muncul di dekat Gafsa, Tuniasia pada bulan Agustus 2014 yang disebabkan karena pelepasan tanah yang tiba-tiba atau penyatuan dari air hujan. Di daerah lapisan es Rusia dan Alaska, danau-danau kecil mengering karena suhu yang tinggi. Di Mongolia lebih dari 100 danau menghilang selama tahun 2000-an dari kekeringan dan pembuatan irigasi.  


Sumber: LiveScience    

 


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook