KEUNIKAN PULAU SEGAJAH YANG HANYA ADA DI SIANG HARI

Keunikan Pulau Segajah Yang Hanya Ada Di Siang Hari

Keunikan Pulau Segajah Yang Hanya Ada Di Siang Hari

- Pulau Segajah adalah sebuah pulau yang sangat unik di Dunia. Begitu indah menerawang di siang hari dan akan tenggelam bila malam menjelang. Bagaimana ini bisa terjadi? Ya itulah keunikan dari Pulau Segajah. Pulau yang terletak di Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia yang berjarak sekitar 250 kilometer dari pusat kota Balikpapan. Keunikan pulau ini adalah  akan timbul pada siang hari dan akan tenggelam pada malam hari. 

Hal ini disebabkan adanya pasang surut disiang hari dan ketika air laut pasang di malam hari, pulau ini tidak kelihatan seolah-oleh tenggelam di lautan. 

Keunikan, Pulau, Segajah, Yang, Hanya, Ada, Di, Siang, Hari

Selain memiliki keunikan tersendiri, Pulau Segajah mempunyai pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Hamparan pasir putihnya yang selalu bersih (karena kotoran-kotoran selalu terseret air) dengan kejernihan air lautnya hingga terlihat binatang lautnya dari atas permukaan bahkan kita juga bisa temukan clown fish Dari sekian banyak dominasi bintang laut yang berwarna cokelat dan kemerahan, terdapat sedikit bintang laut berwarna biru. Namun ingat, perlu ekstra hati-hati jika mencoba masuk ke dalam air, disana terdapat karang-karang kecil yang ditempeli  bulu babi.

Saat air laut sedang surut, masyarakat sekitar sering mencari kerang untuk dikonsumsi, lalu diolah menjadi sambal goreng yang begitu lezat. Selain snorkelling dan berenang, pemandangan yang begitu indah ini juga bisa menjadi bidikkan para pecinta fotografi bentang alam.

Keunikan, Pulau, Segajah, Yang, Hanya, Ada, Di, Siang, Hari

Anda yang memiliki hobi menyelam, sangatlah tepat untuk berwisata ke Pulau Segajah dan Anda akan semakin mengagumi keindahan dalam laut yang merupakan ciptaan Tuhan. Anda bisa menjumpai keanekaragaman hayati yang ada di laut ini. Jika Anda bisa merasakan kedekatan dengan makhluk di dasar laut, pastinya Anda lebih bisa menjaga kelestarian laut dan penghuninya.

Sayangnya anda tidak bisa berlama-lama berada di pulau ini, karena jika malam akan tiba pulau ini akan tenggelam dengan sendirinya.

Untuk menuju pulau ini, sebaiknya anda melalui Balikpapan, Dari Bandara Sepinggan Balikpapan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan bus AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi) dengan tujuan ke Bontang Kuala. Dari sini anda bisa menyewa perahu atau kapal motor dengan jarak tempuh sekitar 20-30 menit perjalanan.


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook