7 GUA TERINDAH DI DUNIA

7 Gua Terindah Di Dunia


- Gua adalah sebuah lubang alami di tanah yang cukup besar dan dalam. Kata gua berasal dari bahasa Sanskerta "guha".

Gua memegang peranan penting bagi manusia sejak zaman neanderthal saat seniman perupa purba melukis dinding batu gua hingga kisah-kisah dalam kitab suci yang juga sering melibatkan keberadaan gua.  

Selain sebagai tempat berlindung, gua juga menjadi situs penting dalam kebudayaan seperti 7 Gua Terindah di Dunia berikut ini.

1. Petra, Yordania


7, Gua, Terindah, Di, Dunia

Gua Petra, merupakan salah satu keajaiban dunia memiliki arsitektur yang sangat indah. Tak heran jika tempat ini pernah menjadi lokasi pembuatan film Indiana Jones.

Gua yang berada dilereng gunung Hor, Petra berkembang selama zaman Romawi, Tetapi tidak diketahui oleh dunia barat hingga sampai tahun 1812 ketika seorang penjelajah Swiss yang bernama Johann Ludwig Burckhardt. Lebih dari 800 monumen terdapat di Petra termasuk tempat makam, kamar mandi, ruang pemakaman dan kuil

2. Al-Hijr, Saudi Arabia


7, Gua, Terindah, Di, Dunia

Situs arkeologi Al-Hijr yang terletak di Al-Ula, Madinah, Arab Saudi sebagai Situs Warisan Dunia bagi Arab. Gua Al-Hijr atau dikenal juga sebagai Gua Mada'in Saleh menjadi Gua terbesar kedua setelah Petra.

Gua ini disebutkan sebagai tempat Tsamud dan kaumnya yang menyembah berhala yang ingin membunuh Nabi Saleh, Sehingga Tsamud dihukum oleh Allah SWT.

Pada tahun 2008 Al-Hijr atau Mada'un Saleh masuk sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. 

3. Rock-Hewn Churches of Lalibela, Ethiopia


7, Gua, Terindah, Di, Dunia

Rock-Hewn Churches of Lalibela terletak di Semien Wollo Zona divisi etnis Amhara (atau kilil) di sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut. disini sebagai kota utama di Lasta woreda, yang dulunya merupakan bagian dari Bugna woreda.
 
Struktur Gua yang di ukir pada batu ini sangat menakjubkan adalah tempat gereja-gereja Lalibela, Ethiopia. Sebelas batu di pahat masing-masing dengan atap dipermukaan tanah.

Pada abad ke-12 Raja Lalibela ditugaskan gereja-gereja dengan tujuan menciptakan Yerusalem Baru bagi mereka yang tidak bisa melaksanakan ziarah ke kota aslinya. Yang terbesar dari antara batu ukiran tersebut berdiri setinggi 40 meter.

4. Abu Simbel Nubian Monuments, Mesir


7, Gua, Terindah, Di, Dunia

Gua ini merupakan kuil Abu Simbel di Nubia. Terletak di tepi barat Danau Nasser, sekitar 230 km sebelah barat daya dari Aswan. Kompleks gua kuil ini bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO yang dikenal sebagai "Monumen Nubia,"

Dibuat pada masa pemerintahan Firaun Ramses II di abad ke-13 SM, sebagai monumen abadi untuk dirinya dan Ratu Nefertari. Selain sebagai peringatan kemenangan dalam pertempuran Kadesh (menurut versi Firaun), juga untuk mengintimdasi negara tetangganya, Nubia.

Pada tahun 1968, kompleks kuil dipindahkan agar tak terendam selama proses pembuatan waduk Nasser setelah dibangunnya Bendungan Aswan. Sebagai satu dari situs warisan dunia, gua kuil ini jadi daya tarik bagi wisatawan.

5. Cappadocia Cave Houses, Turki

7, Gua, Terindah, Di, Dunia
Pada masa Herodotus, Cappadocia menduduki wilayah Gunung Taurus hingga Euxine (Laut Hitam). Pada masa pra-helenistik, wilayah ini jadi tempat bermukim orang Persia, Asyur (Siria) dan Yunani. Barulah saat kesultanan Bizantium berkuasa, orang Turki menjadi penduduk mayoritas di wilayah ini.

Cappadocia memiliki pemandangan paling aneh dan menarik di dunia. Tanah, batu kerdil fitur formasi batuan tufa 'vulkanik aneh disebut sebagai 'Fairy Chimneys' serta kota-kota bawah tanah.

6. Ancient Rock City, Italia

7, Gua, Terindah, Di, Dunia
Matera mungkin jadi salah satu kota kuno yang penuh pesona di dunia. Terletak di wilayah Basilicata di tenggara Italia. Matera adalah contoh yang unik dari tradisi budaya dan peradaban zaman Neolitik. Kota tua yang diciptakan dari jurang berbatu.

Gua-gua alam banyak terdapat Matera, dan menjadi rumah saat jaman Neolitik. Kemudian, Matera dikembangkan oleh penduduknya selama berabad-abad dengan gaya arsitektur yang mengikuti kondisi alam.

7. Yungang Grottoes, China

7, Gua, Terindah, Di, Dunia
Gua yang terletak sekitar 16 Km sebelah barat dari kota Datong, Propinsi Shanxi dilembah sungai Shi Li didasar pegunungan Wuzhou Shan Gua ini erupakan salah satu dari tiga situs patung Budha yang paling terkenal di China. Yang lainnya adalah Longmen dan Logao. Dimulai pada tahun 450 M pada zaman Dinasti Wei Utara, Gua Yungang memiliki 252 gua dan 51.000 patung berciri khas agama Budha dari abad ke-6 dan ke-6 masehi. Pada tahun 2001 Gua Yungang Grottoes masuk sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.
Gua ini memiliki sejarah yang panjang, Mulai dibangun setelah Dinasti Jin turun tahta, maka kota Datong (dulu dikenal sebagai Pingcheng) maka Northem Wey (Wey Utara) mengambil alih dan mulai membangun gua ini.
Namun gua-gua pasir ini mengalami pelapukan berat sehingga pada masa Dinasti Liao mengadakan pembaharuan. Walaupun akhirnya hancur lagi oleh api 60 tahun kemudian. Pada tahun 1621 selama pemerintahan Dinasti Qing beberapa kontruksi kayu tersisa di selamatkan. Kini Anda bisa lihat sendiri pada gua ke-5 dan gua ke-6.
Sumber: Wikipedia    
  
  

     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook