INILAH BUKTI OPIUM TELAH DI GUNAKAN SEJAK ZAMAN PRASEJARAH

Inilah Bukti Opium Telah Di Gunakan Sejak Zaman Prasejarah


Inilah, Bukti, Opium, Telah, Di, Gunakan, Sejak, Zaman, Prasejarah

- Opium yang terdapat dalam Jamur 'Ajaib" dan zat psikoaktif lainnya telah digunakan oleh manusia sejak zaman prasejarah di seluruh dunia.

"Bukti-bukti yang menunjukkan bahwa orang telah mengkonsumsi zat psikoaktif selama berabad-abad atau bahkan ribuan tahun itu di banyak negara di dunia," ungkap Elissa Guerra-Doce seorang Profesor Prasejarah di University of Valladolid, Spanyol.

Penelitian Guerra-Doce sebelumnya menunjukkan penggunaan zat psikoaktif dalam prasejarah Eurasia. Tinjauan baru "menyatukan data yang terkait dengan penggunaan awal tanaman obat dan minuman fermentasi di seluruh dunia," seperti di kutip dari Live Science.

Bukti-bukti orang telah mengkonsumsi Zat Psikoaktif

Misalanya bukti-bukti orang yang mengkonsumsi daun sirih setidaknya sejak tahun 2660 SM. Tanaman mengandung bahan kimia yang memiliki sifat stimulant- dan euforia-inducing, yang  sebagian besar dikonsumsi di Asia.

Para peneliti telah menemukan sisa-sisa gigi manusia yang memiliki karakteristik kemerahan, bloodlike "sirih noda" dalam lubang pemakaman di Duyong Gua di Pulau Palawan di Filipina selatan.

Para peneliti juga menemukan noda kemerahan pada gigi manusia tetap antara 2400 dan 2000 SM, dan yang digali dari situs Zaman Perunggu dari Nui Nap di Vietnam. Dalam hal ini, gigi bernoda oleh pinang, dan ada kemungkinan bahwa itu digunakan untuk alasan estetika, sebagai lawan yang digunakan karena sifat psikoaktif. 

Kaktus San Pedro

San Pedro kaktus - yang mengandung bahan kimia dengan sifat halusinogen - digunakan dalam penyembuhan upacara oleh orang-orang yang tinggal di pegunungan Andes di Amerika Selatan, terutama di Peru utara, menurut laporan Guerra-Doce itu. Tapi bukti awal San Pedro kaktus usewas ditemukan di Guitarrero Gua, di Peru dan lembah Callejón de Huaylas. Peneliti menemukan serbuk sari dan jejak kaktus di bagian gua yang ditempati  antara tahun 8.600 dan 5.600 SM

Bukti lain menunjukkan bahwa sampel yang lebih besar  bahan dari kaktus ditemukan di gua pada 6.800-6.200 SM.

"Jamur Ajaib"

Penggunaan Jamur Halusinohen di Mesoamerika telah didokumentasikan berkat penemuan batu jamur yang merupakan patung kecil yang menyerupai jamur. Patung-patung yang berasal dari tahun 500 SM dan AD 900 di Guatemala, Mexico, Honduras dan El Salvador.

Menurut Guerra-Doce, Tidak diketahui keberadaan penggunaan di Eropa dan Afrika pada Jamur. Namun ada jamur pictrografis yang terdapat dalam lukisan dinding prasejarah yang ditemukan di Villar del Humo di Cuenca, Spanyol.

Opium Bunga Poppy

Bukti awal penggunaan opium poppy di Eropa berasal dari situs Neolitik dari La Marmotta di Italia, pada pertengahan enam milenium SM, menurut penelitian ini. Domestikasi tanaman di Eropa kemungkinan dimulai sekitar waktu itu, di Mediterania Barat, dan kemudian menyebar ke Eropa barat laut pada akhir milenium itu.

 "Selain penggunaannya sebagai tanaman pangan, juga ada bukti yang tidak terbantahkan untuk eksploitasi sifat narkotika yang," tulis Guerra-Doce. Misalnya, jejak kapsul opium poppy ditemukan pada gigi dari kerangka pria dimakamkan di sebuah lokasi tambang dekat Barcelona pada SM fourth millennium Jejak opiat juga ditemukan dalam tulang laki-laki lain dimakamkan di situs tersebut.

Tembakau

Tidak jelas kapan manusia mulai menggunakan tembakau. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Para peneliti juga telah menemukan pipa pipa untuk merokok di situs arkeologi barat laut Argentina yang berasal dari tahun 2100 SM.

Para peneliti menduga bahwa pipa tembakau ini juga digunakan untuk tanaman halusinogen lainnya.

Nikotin jyga telah terdeteksi pada rambut sebuah mumi dari masa Pra Hispanik di Amerika Selatan. Pipa rokok tertua dari millenium kedua SM di Amerika Utara. 

Nah itulah bukti-bukti bahwa opium telah digunakan sejak Zaman Prasejarah. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan kita semua.

Sumber: LiveScience      

   

    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook