SAMBAL TUMPANG, LEGENDA KULINER KOTA KEDIRI

Sambal Tumpang, Legenda Kuliner Kota Kediri


Sambal, Tumpang, Legenda, Kuliner, Kota, Kediri

- Sambal Tumpang adalah masakan khas dari kota Kediri. Masakan ini terbuat dari bahan tempe yang sudah di fermentasi (baca:tempe busuk atau bosok) dan hanya dari daerah tertentu yang dapat menghasilkan tempe yang dapat basi sesuai dengan yang di inginkan, ditambah dengan beberapa bumbu pendukung lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan sebagainya.

Cara penyajiannya hampir sama dengan yang ada pada sambal pecel. Dalam satu piring terdapat sayuran, tauge dan disiram dengan Sambal Tumpang. Biasanya makanan ini dipadukan dengan rempeyek kacang, tahu goreng atau tempe. Tetapi anda bisa juga menambahkan ayam goreng, telur goreng, ikan lele atau sesuai dengan selera anda.

Di daerah kediri, Selain dikonsumsi sebagai sarapan pagi, Sambal Tumpang juga dijual diwarung-warung dengan seporsi Sambal Tumpang dengan lauk standart (rempeyek, tahu atau tempe) plus teh manis hangat bisa didapat dengan merogoh kocek 7 ribu saja. Di Kediri penjual Sambal Tumpang ada dimana-mana, salah satunya adalah di jalan Doho, Malioboronya kota Kediri. 

Pada malam hari toko-toko yang berjejer disepanjang jalan Doho mulai banyak pendagang Sambal Tumpang yang menyajikan makanannya. Selain menjadi kuliner khas kota Kediri, Sambal Tumpang juga merupakan sumber penghasilan yang lumayan bagi para pedagangnya. Karena tak jarang paa wisatawan dari kota lain atau dari mancanegara yang mampir ke tempat ini hanya untuk mencicipi masakan khas kota Kediri ini.

Andaikata masakan Sambal Tumpang bisa bertahan lama, bisa saja masakan ini di ekspor ke luar negeri agar lebih dikenal luas di dunia.  Selain rasanya yang nikmat juga harganya relatif murah. Bagaimana dengan anda? Dijamin pasti ketagihan...
     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook