CARA MENGETAHUI GEJALA AWAL PENYAKIT KANKER DAN PENCEGAHANNYA

Cara Mengetahui Gejala Awal Penyakit Kanker Dan Pencegahannya


Cara, Mengetahui, Gejala, Awal, Penyakit, Kanker, Dan, Pencegahannya

- Kanker atau Neoplasma Ganas adalah penyakit yang di tandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel umtuk:
  • Tumbuh tidak terkendalai (pembelahan sel melebihi batas normasl)
  • Menyerang jaringan biologis di dekatnya
  • Bermigrasi kejaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistim limfatik yang disebut metastasis.
Sebagian besar kanker membentuk tumor. Tetapi ada juga yang tidak seperti Leukimia. Kanker dapat menyebabkan banyak gejala tergantung pada lokasi dan keganasan serta adanya metastasis Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Kebanyakan penyakit Kanker dapat menyebabkan kematian terutama pada negara berkembang. Kanker dapat dirawat dan disembuhkan jika kita mengetahui perawatan di mulai dari awal. Banyak bentuk kanker yang berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa di hindari. Dan merokok adalah salah satu yang menyebabkan banyak penyakit kanker daripada faktor lingkungan lainnya.  Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa "ganas" (bersifat kanker) atau "jinak" (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.
  
Riset kanker

Riset kanker merupakan usaha ilmiah yang banyak ditekuni untuk memahami proses penyakit dan menemukan terapi yang memungkinkan. Meskipun pemahaman kanker memiliki tumbuh secara eksponen sejak dekade terakhir dari abad ke-20, terapi baru yang radikal hanya ditemukan dan diperkenalkan secara bertahap.

Penghambat tirosin kinase (imatinib dan gefitinib) pada akhir 1990-an dianggap sebuah terobosan utama. Antibodi monoklonal telah terbukti sebuah langkah besar dalam perawatan kanker. Di Indonesia sendiri yang kaya akan keanekaragaman hayati, riset tanaman yang berpotensi anti kanker, seperti: keladi tikus, temulawak, temu putih, dll sangat menjanjikan. 

David Porter, onkolog dari University of Pennsylvania Medical Center di Philadelphia, melaporkan pertama kali setelah upaya 20 tahun terapi sel GM modifikasi gen sel-T berhasil menghancurkan tumor kanker leukemia

Menemukan cara untuk memprediksi tumor yang akan menyebar menjadi salah satu target paling penting dalam penelitian kanker. Sehyo Choe, fisikawan dari University of Heidelberg di Jerman, dan rekannya membangun model matematika bagaimana tumor berkembang Markus Gusenbauer di St. Poelten University of Applied Sciences, Austria, dan rekannnya mengembangkan sebuah model bagaimana darah mengalir melalui manik-manik magnetik

Jenis-jenis kanker


  • Kanker leher rahim (kanker serviks)
  • Kanker payudara
  • Penyakit Otak
  • Kanker kulit
  • Kanker hati
  • Kanker kelenjar getah bening (Limfoma Malignum)
  • Kanker darah (Leukemia)
Hal inilah yang mendasari dibuatnya artikel tentang Cara Mengetahui Gejala Awal Penyakit Kanker. Simak Cara Mengetahui Tanda-tanda Penyakit Kanker pada tubuh kita sejak awal seperti berikut ini:

Kanker Serviks

Cara, Mengetahui, Gejala, Awal, Penyakit, Kanker, Dan, Pencegahannya

Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim adalah adalah penyakit kanker yang 99,7% disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV) yang menyerang leher rahim. Gejala ini tidak dapat terlihat sampai kanker memasuki stadium yang lebih jauh. Penting sekali mendeteksi kanker Serviks sejak dini.

Bagaimana mengetahui Kanker Serviks sejak dini?

Kita dapat mendeteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan pap smear. Pap smear adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisa untuk mendeteksi dini kanker leher rahim. Pada tes ini kita juga bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker sehingga kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan.

Tes pap smear ini sederhana dan prosesnya cepat, serta biasanya tidak sakit. Anda akan dipersilakan mempersiapkan diri dan berbaring seperti saat akan dilakukan pemeriksaan dalam. Dokter akan membuka liang vagina menggunakan alat yang biasa disebut cocor bebek. Ketika leher rahim sudah tampak, dengan bantuan alat yang disebut dengan spatula atau semacam sikat halus, dokter akan mengusap sekeliling leher rahim untuk mendapatkan getah atau lendirnya. Getah yang banyak mengandung sel itu dioleskan pada gelas obyek, lalu dibawa untuk dianalisa di laboratorium.

Pap smear sebaiknya dilakukan sekitar 5 hari setelah haid, atau 10-20 hari setelah hari pertama haid agar leher rahim bersih dari sisa-sisa darah haid. Dalam dua hari sebelum pap smear, Anda sebaiknya menghindari membersihkan vagina dengan krim atau sabun apa pun, menggunakan tampon atau obat-obatan yang dimasukkan ke dalam vagina, misalnya jeli untuk KB dan menghindari dahulu hubungan intim suami istri.

Kanker Darah (Leukimia)

Cara, Mengetahui, Gejala, Awal, Penyakit, Kanker, Dan, Pencegahannya

Pada kanker darah, sel-sel kanker akan merusak sistem peredaran darah di dalam tubuh, mempengaruhi produksi darah, sirkulasi darah dan pemurnian darah. Alhasil, pada beberapa kasus sampai mempengaruhi kondisi sumsum tulang.

Kanker darah sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, seperti dilansir Boldsky.com:

Kanker darah - Leukimia
Adalah jenis kanker darah di mana pembentukan sel darah merah berkurang 

Kanker darah - Limfoma
Adalah kanker darah di mana pembentukan sel darah putih berkurang

Kanker darah - Myeloma
Adalah kanker darah di mana pembentukan plasma terhambat oleh sel-sel kanker.
Semuanya punya empat tahapan yang berbeda-beda dan berbeda pula gejalanya. Ketika masuk pada tahapan yang lebih serius dan parah, sel kanker akan mulai muncul pada kelenjar getah bening, tersebar di hati dan limpa, adanya penurunan trombosit yang sangat drastis di dalam darah. Pada akhirnya kematianlah yang menutupnya.
Karena kanker darah merupakan penyakit yang sangat berbahaya, ketahui gejala-gejala awalnya agar bisa segera dicegah dan diobati.

Lemah dan sering lelah
Kelelahan dan tubuh yang lemah adalah salah satu gejala kanker darah. Sebenarnya hal ini bisa disebabkan oleh komplikasi kesehatan lainnya, tetapi bila hal ini terlalu sering terjadi, maka sebaiknya Anda melakukan check darah untuk mendeteksi kanker secara dini.

Penurunan berat badan drastis
Gejala awal kanker darah adalah ketika tiba-tiba ada penurunan berat badan yang drastis. Penurunan berat badan ini bisa terjadi karena penyakit lain, tetapi apabila Anda kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan yang Anda alami mencurigakan, sebaiknya segera hubungi dokter.

Laporan darah yang abnormal
Jika ada laporan sel darah yang jumlahnya abnormal, baik sel darah merah atau sel darah putih, maka sebaiknya Anda segera kunjungi onkologi. Laporan jumlah abnormal darah tak boleh diabaikan karena merupakan gejala awal dari kanker darah yang harus ditanggapi dengan serius.

Pembengkakan kelenjar getah bening
Tanda awal kanker darah termasuk pembengkakan kelenjar getah bening disertai dengan demam, lemas, mual, dan nafsu makan hilang. Pembengkakan kelenjar getah bening tidak mudah terdeteksi, namun gejala tersebut disertai pembengkakan lainnya yang harus ditanggapi serius.

Infeksi
Gejala awal kanker darah adalah tubuh rentan terkena infeksi, di mana sistem immune tubuh akan menurun sehingga penyakit mudah menginfeksi.
Jangan abaikan setiap gejala kecil yang Anda curigai. Pastikan untuk mengeceknya pada dokter terlebih dahulu agar meyakinkan bahwa Anda bebas dari kanker darah.

Kanker Payudara

Cara, Mengetahui, Gejala, Awal, Penyakit, Kanker, Dan, Pencegahannya

Penyakit ini kebanyakan menyerang perempuan, tetapi laki-laki juga bisa terkena. Ciri Ciri Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak nomor dua di dunia.
Sedangkan dari tingkat kematian, jenis kangker ini menyebabkan kematian nomor lima terbesar di dunia.
Tanda awal dari kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa berbeda pada payudara. Jika ditekan, benjolan ini tidak terasa nyeri. Awalnya benjolan ini berukuran kecil, tapi lama kelamaan membesar dan akhirnya melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu.

Berikut antara lain hal-hal yang harus Anda perhatikan yang merupakan gejala kanker payudara:

- benjolan pada payudara anda berubah bentuk / ukuran
- kulit payudara berubah warna: dari merah muda menjadi coklat hingga seperti kulit jeruk
- puting susu masuk ke dalam (retraksi)
- salah satu puting susu tiba-tiba lepas / hilang
- bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang-timbul
- kulit payudara terasa seperti terbakar
- payudara mengeluarkan darah atau cairan yang lain, padahal Anda tidak menyusui
-Tanda kanker payudara yang paling jelas adalah adanya borok (ulkus) pada payudara. 
-Seiring dengan berjalannya waktu, borok ini akan menjadi semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. 
- Gejala lainnya adalah payudara sering berbau busuk dan mudah berdarah.

Kanker Hati

Cara, Mengetahui, Gejala, Awal, Penyakit, Kanker, Dan, Pencegahannya

Berikut ini adalah beberapa gejala awal orang terkena penyakit liver atau kanker hati yang paling umum dan sering terjadi sebelum pada tahap kronis:
  • Tanda awal seseorang mengidap penyakit liver yaitu peradangan pada hati.
  • Perubahan pada air urine menjadi kekuningan atau kecokelatan.
  • Sering mengalami rasa mual ingin muntah, Sering mengalami diare.
  • Mengalami perubahan selera makan yang semakin menurun
  • Tubuh mudah merasa capek, letih, lesu, Perubahan feses menjadi pucat.
  • Mengalami penurunan semangat dalam melakukan aktivitas karena lemas
  • Sering mengalami perubahan pada sistem imunitas tubuh, terkadang naik/turun
  • Sering mengalami nyeri pada perut bagian kanan atas dan gangguan pencernaan
  • Mengalami penurunan berat badan yang cepat karena tidak nafsu makan.
  • Terjadinya pembesaran pada pembuluh darah, Kadar gula darah tergolong rendah.
  • Menurunnya gairah seksual dan libido seksual, Mengalami anemia (kurang darah).
  • Sering mengalami rasa nyeri, linu dan pegal pada persendian
  • Terjadi perubahan pada warna mata dan kulit menjadi kuning.
  • Menimbulkan bau mulut dan bau badan yang kurang sedap.
  • Tubuh mudah memar bila terbentur atau jatuh dan perdarahan pada hidung yang disebabkan tubuh kekurangan protein.
  • Terkadang pada sebagian kecil penderita penyakit hati atau liver, terutama bila menyerang wanita akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan masalah keputihan yang tidak normal.
  • Sering terjadi rasa nyeri pada perut sehingga perut membusung seperti orang busung lapar. Hal ini diakibatkan hati mengalami pembengkakan yang kemudian naik ke rongga perut bagian atas dan membuat penderita sulit untuk bernapas.
Kenali dan waspada Ciri Ciri Penyakit Kanker Hati diatas agar terhindar dari resiko bahaya yang mungkin terjadi, apabila anda sekarang sering merasakan gejala diatas maka segera secepat mungkin lakukan pencegahan sejak dini sebelum terlambat, tetapi apabila sudah positif mengidap penyakit liver atau hati maka cegah dan obati dari sekarang untuk menghindari serangan kanker hati yang lebih berbahaya selain itu carilah pengobatan yang alami tanpa efek samping.
 

Kanker Otak

Cara, Mengetahui, Gejala, Awal, Penyakit, Kanker, Dan, Pencegahannya

Penyakit Kanker otak merupakan salah satu penyakit kronis yang menyerang organ otak. Inilah penyebab kanker otak sangat patut untuk diwaspadai karena dengan adanya serangan terhadap otak sebagai bagian paling vital dan paling berhubungan dengan tubuh, maka kinerja organ lain akan terganggu, sehingga kesembuhan akan sangat jarang terjadi.

Yang lebih buruk adalah, penyakit kanker otak ini tidak pandang bulu, karena berbeda dengan jenis kanker lain yang biasa terjadi akibat gaya hidup tidak sehat atau karena usia yang telah lanjut, kanker otak justru dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak dan remaja. Maka sangat penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri penyakit kanker otak sebagai upaya pencegahan, sekaligus untuk mengetahui alternatif cara pengobatannya.

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Otak
 
Ciri-ciri penyakit kanker otak yang pertama adalah rasa nyeri yang dalam pada kepala. Hal ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel kanker di dalam otak, yang memberikan tekanan abnormal di dalam tengkorak. Jika dibiarkan, tekanan ini dapat menyebar hingga ke syaraf sehingga dapat memicu suatu bentuk kerusakan saraf, yang kemudian akan memunculkan gejala kanker otak seperti berikut ini:

1. Sakit kepala
Sakit kepala pada penderita kanker otak bukanlah jenis sakit kepala biasa. Tanda-tandanya adalah rasa sakit kepala yang terjadi di tempat yang tidak biasa, seperti misalnya di bagian kepala belakang, atau di bagian belakang telinga. Sakit kepala ini biasanya juga akan terasa semakin sering terjadi hingga kadang menyebabkan rasa mual.

2. Gangguan penglihatan
Gangguan ini dapat terjadi akibat rasa sakit kepala yang hebat Namun di samping itu, pandangan yang berbayang, kabur, atau ganda adalah beberapa ciri kanker otak yang paling sering dialami.

3. Mati rasa
Ada beberapa anggota tubuh yang tidak dapat bebas digerakkan, seperti misalnya kaki dan tangan. Lebih jauh Anda akan sering merasa kejang tanpa adanya gangguan epilepsi, dan sulit untuk menjaga keseimbangan tubuh.

4. Perubahan perilaku
Serangan kanker otak juga dapat ditandai dengan adanya perubahan kepribadian, dan respon yang berkurang terhadap persoalan sehari-hari.

Kanker Kulit

Cara, Mengetahui, Gejala, Awal, Penyakit, Kanker, Dan, Pencegahannya

Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit) sehingga kanker kulit merupakan kanker yang stadium awalnya paling mudah dideteksi. Kanker jenis ini lebih banyak menyerang kulit putih dibandingkan kulit berwarna.

Secara umum, kanker kulit dibagi menjadi dua kelompok yaitu non-melanotik dan melanotik (melanoma). Non-melanotik terbagi menjadi basalioma (karsinoma sel basal) dan karsinoma sel skuamosa. Basalioma  paling sering terjadi tetapi pertumbuhannya lambat.

Biasanya tumor ini timbul di kulit muka (hidung, kelopak mata, kulit bibir dan dahi). Pertumbuhannya dimulai dengan nodul kecil dengan warna kelabu merah berkilat, kadang berwarna kehitam-hitaman karena adanya pigmen. Jenis kanker ini jarang melakukan metastatis.

Sedangkan karsinoma sel skuamosa dapat tumbuh dimana saja. Tetapi lebih banyak timbul di pipi, daun telinga, punggung, tangan dan kaki. Jenis kanker ini tumbuh progresif tetapi lambat, menginvasi pada jaringan di sekitarnya, dan dapat melakukan metastatis. Pertumbuhannya dimulai dari bentuk seperti kutil yang berkelompok, kemudian berbentuk tidak teratur, berbenjol-benjol dan mudah berdarah.

Kanker kulit jenis melanoma merupakan tumor paling ganas pada kulit yang berasal dari melanosit yaitu sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin. Biasanya terjadi pada leher, kaki, dan punggung. Gejala pertumbuhan melanoma dapat dilihat dari perubahan tahi lalat yang membesar dengan cepat, gatal, menjadi radang, perdarahan, serta terjadi perubahan warna dan tekstur.

Faktor Penyebab Kanker Kulit dan Pencegahan Kanker Kulit

Penyebab kanker kulit belum dapat diketahui secara pasti tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker kulit, antara lain: paparan sinar matahari yang berlebihan, bahan kimia yang bersifat karsinogen pada kulit, kulit kurang pigmen seperti albino dan tipe kulit putih halus dengan rambut pirang dan mata biru lebih tidak tahan pada sinar matahari, riwayat keluarga (turunan), radiasi ionisasi.

Beberapa langkah praktis bisa mencegah seseorang dari serangan kanker kulit. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengindari paparan sinar matahari secara langsung yang berlebihan (gunakan tabir surya, topi, payung), menghindari bahan kimia yang bersifat karsinogen pada kulit, dan hindari radiasi ionisasi seperti sinar X yang berlebihan.

Kanker Prostat

Cara, Mengetahui, Gejala, Awal, Penyakit, Kanker, Dan, Pencegahannya

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh pria yang berusia di atas 50 tahun. Dan bagi anda yang saat ini mempunyai umur sekitar itu, tidak ada salahnya mulai Mendeteksi Kanker Prostat apakah terjadi pada anda atau tidak. Kanker ini menyerang kelenjar prostat yang berfungsi untuk menghasilkan semen yang bercampur dengan keluarnya cairan sperma. Kanker prostat di stadium akhir sangat berbahaya karena biasanya telah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Di Amerika Serikat, jenis kanker ini menjadi penyebab kematian terbesar kedua diantara jenis kanker lain pada pria.



Sampai saat ini para ahli belum mengetahui penyebab pasti dari kanker prostat tersebut. Namun, terdapat faktor-faktor seperti usia dan riwayat kesehatan keluarga, diketahui berpengaruh terhadap pertumbuhan kanker prostat pada pria lanjut usia tersebut. Adapun untuk gejala awal kanker prostat adalah:



  • Sulit buang air kecil, yang meliputi: Tidak bisa Kencing sama sekali, Sulit saat memulai kencing dan Sulit untuk berhenti kencing, Sering kencing, terutama pada malam hari dan Merasakan sakit atau rasa panas pada kemaluan saat kencing.
  • Ada kandungan darah dalam air kencing atau cairan sperma.
  • Sulit untuk ereksi dan mempertahankan ereksi.
  •  Sering merasa sakit terutama di bagian perut, punggung bawah, pinggul, atau panggul.


Apabila anda mengalami ciri-ciri tersebut, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Namun sebelumnya anda juga bisa mendeteksi sendiri kemungkinan terkena Kanker Prostat dengan menggunakan Jari. Cara ini cukup sederhana dan bisa menjadi referensi untuk anda, sebelum pergi ke Dokter.
Ada 7 gejala yang perlu diperhatikan dan diperiksakan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya kanker, yaitu:

  1. Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
  2. Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
  3. Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh
  4. Payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).
  5. Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin besar dan gatal.
  6. Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh
  7. Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.
Pencegahan

Sebagian besar jenis kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat sejak usia muda dan menghindari faktor-faktor penyebab kanker.

Meskipun penyebab kanker secara pasti belum diketahui, setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dengan cara hidup sehat dan menghindari penyebab kanker:

  1. Mengenai makanan: 
    • Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan
    • Lebih banyak makan makanan berserat.
    • Lebih banyak makan sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan, beberapa kali sehari
    • Lebih banyak makan makanan segar
    • Mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama
    • Membatasi minuman alkohol
     
  2. Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual
  3. Hindari kebiasaan merokok. Bagi perokok: berhenti merokok.
  4. Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress
  5. Periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.
Faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker

Bahan Kimia
Zat-zat yang terdapat pada asap rokok dapat menyebabkan berbagai jenis kanker pada perokok dan perokok pasif (orang bukan perokok yang tidak sengaja menghirup asap rokok orang lain) dalam jangka waktu yang lama. Bahan kimia untuk industri serta asap yang mengandung senyawa karbon dapat meningkatkan kemungkinan seorang pekerja industri menderita kanker.


Penyinaran yang berlebihan
Sinar ultra violet yang berasal dari matahari dapat menimbulkan kanker kulit. Sinar radio aktif, sinar X yang berlebihan atau sinar radiasi dapat menimbulkan kanker kulit dan leukemia.


Virus
Beberapa jenis virus berhubungan erat dengan perubahan sel normal menjadi sel kanker. Jenis virus ini disebut virus penyebab kanker atau virus onkogenik.


Hormon
Hormon adalah zat yang dihasilkan kelenjar tubuh yang fungsinya adalah mengatur kegiatan alat-alat tubuh dari selaput tertentu. Pada beberapa penelitian diketahui bahwa pemberian hormon tertentu secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan terjadinya beberapa jenis kanker seperti payudara, rahim, indung telur dan prostat (kelenjar kelamin pria).


Makanan
Zat atau bahan kimia yang terdapat pada makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya kanker misalnya makanan yang lama tersimpan dan berjamur dapat tercemar oleh aflatoxin. Aflatoxin adalah zat yang dihasilkan jamur Aspergillus Flavus yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker hati.
Pemeriksaan dan Pengobatan Kanker
Bagi yang ada kecurigaan, maka pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah:

  • Pemeriksaan sitologi dan patologi anatomi
  • Tes-tes pertanda kanker dalam darah
  • Rontgen
  • Mamografi (rontgen khusus untuk payudara)
  • Ultrasonografi / USG (memotret alat tubuh bagian dalam)
  • Endoskopi (peneropongan alat tubuh bagian dalam)
  • Kolposkopi (peneropongan leher rahim)
  • Laparoskopi (peneropongan rongga perut)
  • Pemotretan lapisan-lapisan tubuh dengan alat CT Scan, MRI (Magnetic Resonance Imaging)
Pengobatan kanker terdiri dari salah satu atau kombinasi dari beberapa prosedur berikut:

  • Pembedahan (operasi)
  • Penyinaran (Radio-terapi)
  • Pemakaian obat-obat pembunuh sel kanker (sitostatika/kemoterapi)
  • Peningkatan daya tahan tubuh (imunoterapi)
  • Pengobatan dengan hormon
  • Transplantasi organ.
  • Stem Cell
Hasil pengobatan terutama tergantung pada stadium atau tingkatan kanker

Buah-buahan Pencegah Kanker:


Cara, Mengetahui, Gejala, Awal, Penyakit, Kanker, Dan, Pencegahannya

1. Tomat

Tomat bukan hanya mengandung lycopene  phytochemical antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung, tetapi merupakan sumber yang baik untuk vitamin A, C dan E semuanya menentukan radikal-radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker di dalam tubuh.

2. Semangka

Semangka mengandung antioksidan sekitar 80% dari vitamin C dan 20% dari Vitamin A atau Betakarotin. Semangka juga mengandung lycopene, senyawa pencegah kanker. Mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan menurunkan resiko penyakit kanker. 

3. Kol dan wortel

Kol termasuk sayuran cruciferous, yang membRDantu menurunkan resiko kanker kolon, dan kanker rectal. Kol juga kaya serat dan mengandung hampir 50% Angka Kecukupan Gizi (AKG) atau RDA (Recommended Daily Allowance) Vit C.  Wortel sumber istimewa dari serat dan betakaroten, dan mengandung 308% RDA Vit A.  

4. Blueberry dan Strawberry

Kedua buah-buahan ini kaya akan vitamin C dan serat. 

5. Paprika

Irisan Paprika mengandung semua nutrien yang diperlukan untuk menurunkan resiko kanker seperti lycopene, betakaroten dan vitamin C.

6. Aprikot dan Biji Bunga Matahari

Aprikot yang dikeringkan kaya akan betakaroten dan bisa disimpan sebagai alternatif cemilan non lemak. Biji bunga matahari mengandung selenium, salah satu penghancur kanker.

7. Salad Pasta, Bean dan Brokoli

1/4 cup kidney bean mengandung serat dan protein yang sama dengan 2 ons daging merah. Pasta gandum juga sumber serat yang baik. Brokoli mengandung vit C. Campur ketiganya dan beri Italian dressing untuk menu makan malam anda sebagai pencegah kanker.

Semoga  Cara mengetahui Gejala Awal Penyakit Kanker ini dapat bermanfaat buat kita semua. Semoga kita semua terhindar dari penyakit berbahaya ini. Amin

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati  


Dari berbagai sumber





 
  
 



  





Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook