5 FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG LAUT INDONESIA

5 Fakta Menakjubkan Tentang Laut Indonesia


5, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Laut, Indonesia
- Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas dan banyak menyimpan kekayaan alam dengan luas lautan hampir 70% dari total keseluruhan luas negara Indonesia.  

Berikut 5 Fakta Menakjubkan Tentang Laut Inonesia yang pelu kita ketahui, 

  1. Laut Indonesia juga merupakan jalur lalulintas penting bagi  mamalia laut dunia. Sebanyak 32 jenis mamalia laut dari kelompok Paus, Lumba-lumba danDugong dapat dijumpai di perairan laut Indonesia, termasuk Paus Biru yang kini terancam punah menurut laporan dari IUCN Redlist. 
  2. Laut Indonesia menjadi pusat penting keanekaragaman ikan hiu dan pari dunia. dari 596 jenis hiu dan pari yang ada di dunia, 157 jenis diantaranya berada di laut Indonesia.termasuk jenis Hiu yang dikenal sebagai satwa laut terbesar di dunia yaitu Hiu Paus dan juga dua jenis Pari kharismatik yaitu Pari Manta Oseanik dan Pari Manta Koral.
  3. Laut Indonesia mempunyai 6 dari 7 jenis penyu dilautan dunia. Termasuk diantaranya Penyu Belimbing yang dikenal sebagi jenis Replika Laut penjelajah samudera.
  4. Laut Indonesia mempunyai habitat terumbu karang dengan tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Luas terumbu karang di Laut Indonesia mencapai 70 ribu kilometer persegi atau sekitar 14% dari luas karang dunia. Dari 132 jenis ikan yang bernilai ekonomi di Indonesia, 32 jenis diantaranya hidup di Terumbu Karang serta terumbu karang yang sehat (pada suatu kawasan bentang laut) dapat menghasilkan 3-10 ton ikan per kilometer persegi per tahun
  5. Laut Indonesia terdiri dari bentang perairan kepulauan, teritorial dan zona ekonomi ekslusif yang luas mencapai 5,8 juta kilometer persegi serta didukung dengan kekayaan hayati terumbu karang dan mangrove yang merupakan lumbung pangan ikan nasional yang dapat menyumbang sekitar 57-60% sumber asupan protein hewani bagi rakyat Indonesia.
Sekarang tugas kita adalah menjaga dan membela kekayaan hayati laut Indonesia. Kamu juga bisa terus bersuara dan mengambil tindakan untuk mendesak Presiden Indonesia terpilih 2014-2019  untuk bersungguh-sungguh menjalankan amanah agenda pemulihan laut Indonesia 2015 dengan bergabung bersama Greenpeace Indonesia. 
Sumber: Grenpeace Indonesia 100% Indonesia 


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook