10 IKAN TERBUAS DI DUNIA

10 Ikan Terbuas Di Dunia  


Ikan-ikan ini dianggap sebagai predator paling buas dalam menerkam mangsanya.

Ikan Terbuas Di Dunia

Mahessa83 - Ikan adalah anggota vertebrata poikilopermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia. 

Ikan memiliki bermacam ukuran dari yang paling besar seperti Paus Biru yang berukuran hingga 14 meter hingga Staout Infantfish yang hanya berukuran 7 mm. Serta banyak hewan yang dianggap sebagai Predator atau Ikan Terbuas Di Dunia bagi ikan-ikan lainnya seperti Hiu Putih, Piranha atau Tigerfish Goliath yang bentuknya sangat menakutkan.

Berikut 10 Ikan Terbuas Di Dunia yang kami lansir dari berbagai sumber untuk menambah wawasan kita tentang dunia hewan khususnya Ikan. 

1. Hiu Putih


Hiu Putih

Hiu Putih (Carcharodon Carcharias) adalah hiu lamniform besar yang ada dipesisir perairan di seluruh permukaan lautan utama. Hiu Putih besar dikenal karena ukurannya yang besar bisa mencapai panjang 6 meter (20 kaki) dengan berat  sekitar 2.268 kg. Hiu jenis ini akan mencapai kedewasaan saat berusia 15 tahun dan dapat hidup sekitar 30 tahun.

Hiu Putih ini bisa dibilang sebagai hiu terbesar yang ada di lautan. dan merupakan salah satu Ikan Terbuas Di Dunia atau Predator utama untuk mamalia laut di dunia. Ikan ini dapat memangsa berbagai hewan laut lainnya seperti ikan, Pinnipeds dan juga burung laut dan juga hewan laut pertama yang paling banyak menyerang manusia. 

IUCN memperlakukan ikan Hiu Putih sebagai spesies yang hampir punah walau termasuk dalam Appendix II dari CITES.

 2. Piranha


Piranha

Piranha adalah ikan air tawar karnivora yang hidup di sungai-sungai Hutan Amazon, Amerika Selatan. Hidup mereka berkelompok dan ikan Piranha dikenal memiliki gigi-gigi yang tajam dan pemakan daging tercepat di dunia jika sedang berkelompok. Meskipun banyak orang sering memberikan citra negatif kepada Ikan Piranha, Namun jika dalam keadaan sendiri, hewan ini tidaklah buas dan berbahaya dan mereka sering dibudidayakan di rumah atau di kantor.

3. Lophiiformes


Lophiiformes

Lopiiformes atau Anglerfish atau Ikan Sungut Ganda adalah ordo ikan bertulang sejati yang umumnya hidup di laut dalam. Habitat ikan ini di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. Ikan dari Ordo Lophiiformes terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar.

Lophiiformes adalah ikan karnivora bermulut besar dan bergigi tajam. Ikan ini dapat menyelam ke dasar laut dan bisa menyerang mangsanya dengan sangat cepat. Mulutnya menghadap agak ke atas yang pada bagian mulutnya terdapat antena yang bisa digerak-gerakan sebagai umpan untuk menarik perhatian mangsanya. Lophiiformes juga sering naik keatas permukaan untuk menyerang burung laut.  

 4. Moray Eel


Moray Eel

Moray Eel atau Belut Moray (Muraenidae) banyak hidup di laut dan air payau dan beberapa diantaranya hidup di air tawar. Panjang hewan ini ada yang mencapai 4 meter yaitu Moray Raksasa (Gymnothorax Javanicus) dan bisa mencapai berat 30 kg. Dengan sirip punggung memanjang dari dari kepala belakang hingga kebagian ekor dengan ukuran dada yang sedikit kecil, 

Hewan buas ini mengandalkan penciuman yang tajam untuk mencari mangsa mereka. Dengan mulut kecil dan rongga yang lebar serta gigi yang besar yang mereka gunakan untuk merobek daging atau menangkap mangsa licin.  

Moray Eel dalah hewan karnivora yang banyak memakan ikan kecil, gurita, cumi-cumi, sotong dan krustasea, kerapau, barakuda serta ular laut sebagai mangsa dari Moray Eel salah satu Ikan Terbuas Di Dunia.

5. Tigerfish Goliath


Tigerfish Goliath

Tigerfish Goliath (Hydrocynus Goliath) merupakan salah satu Tigerfish paling terkenal sebagai ikan buas di dunia. Salah satu yang pernah ditemukan ikan ini mencapai berat 70 kg yang ditemukan di Sungai Kongo dan Danau Tanganyika. 

Dalam dunia ikan terbuas, Tigerfish Goliath dianggap setara dengan Ikan Piranha yang hidup di Sungai Amazon, Tigerfish Golith memiliki sebaris gigi-gigi yang tajam dengan tubuh berotot dan sangat agresif dalam memangsa musuhnya.

6. Dragonfish


Dragonfish

Dragonfish cukup dikenal sebagai ikan buas yang memiliki mulut besar dengan gigi taringnya yang menakutkan. Kepalanya seperti hanya di isi dengan rahang dan matanya dapat mengeluarkan cahaya yang indah untuk menarik perhatian calon mangsanya, yang mirip dengan antena yang terdapat pada ikan Anglerfish.

Meskipun ikan ini sedikit indah dengan cahaya yang ada di tubuhnya, namun ikan ini tetap saja dianggap buas yang menakutkan yang seharusnya dihindari oleh calon-calon mangsanya.
 

7. Gulfer Eel


Gulfer Eel

Dengan mulut yang lebih besar dari tubuhnya, Mahluk aneh dan mengerikan ini juga dinamakan Belut Felican. Dengan rahangnya yang besar menjulur ke bawah itu kenapa dinamakan demikian. Mulutnya yang lentur dapat dibuka lebar-lebar untuk melahap mangsanya yang lebih besar dari tubuhnya sendiri. Pencernaannya bisa meregang sehingga bisa menampung mangsa yang lebih besar. Namun meskipun rahang Gulfer Eel ini besar, ukuran giginya relatif kecil. Monster laut ini hidup di laut dalam hingga ribuan meter.

8. Snakehead Fish


Snakehead Fish

Snakehead Fish adalah ikan air tawar dari keluarga Channidae yang hidup di sungai-sungai Afrika dan Asia. Ikan predator ini memiliki tubuh yang panjang, mulut yang besar serta gigi yang mengkilap. Snakehead Fish banyak mengkonsumsi plankton, serangga air, moluska, ikan lainnya dan juga katak.

Snakehead Fish bisa menjadi spesies infasif dan menyebabkan kerusakan ekologi karena tidak adanya mangsa yang alami yang dapat memberi mereka dalam katagori predator kelas atas. Mereka tidak hanya dapat hidup di dalam air tetapi mereka juga dapat hidup di darat selama sekitar 4 hari asalkan mereka tetap berada di tempat yang basah.

9. Viperfish


Viperfish

Viperfish adalah ikan laut dari spesies Chaoliodus yang memiliki gigi panjang seperti jarum dengan engsel rahang yang lebih rendah. Ikan ini dapat tumbuh hingga 30 hingga 60 cm. Ikan ini hidup di laut dalam pada siang hari dan di laut dangkal pada siang hari terutam di perairan tropis dan subtropis. 

Viperfish akan menyerang mangsanya setelah memikat mereka dalam jangkauan dengan organ penghasil cahaya yang disebut Photophores yang terletak disepanjang sisi vertikal tubuhnya. Dan dengan Photophores yang menonjol pada akhir tulang belakang yang panjang di ujung sirip yang bergerak seperti pancing, Viperfish dengan sangat cepat akan menerkam mangsanya.  

10. Fangtooth Fish


Fangtooth Fish

Fangtooth Fish atau Ikan Gigi Taring adalah salah satu ikan buas yang hidup di laut dalam daerah tropis, dingin dan sedang. Ikan yang bisa mencapai panjang 18 cm sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia. Ikan berkepala kecil dengan rahangnya yang besar, rongga besar dan tepian gerigi dengan dua taring besar dari rahang bawah menjadikan Fangtooth Fish menjadi salah satu ikan terbuas di dunia

Semoga 10 Ikan Terbuas Di Dunia ini dapat menambah wawasan kita tentang dunia binatang yang banyak sekali keaekaragamannya.




Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook