INGGRIS SIAP BANGUN PESAWAT HYPERSONIC SABRE 25 KALI KECEPATAN SUARA

Inggris Siap Bangun Pesawat Hypersonic Sabre 25 Kali Kecepatan Suara


Pesawat ini nantinya dapat terbang dari Inggris ke Australia hanya dalam waktu 4 jam atau penerbangan dari London ke New York kurang dari 2 jam.

Pesawat Hypersonic Sabre

Mahessa83 -Badan Antariksa Eropa telah menginvestasikan dana sebesar $ 11.000.000 untuk membuat Pesawat Hypersonic Sabre yang bisa terbang kemana saja di dunia dalam waktu 4 jam. Mesin reaksi berbasis Oxfordshire untuk membuat turbin yang menggabungkan teknologi jet dan roket diperkirakan dapat mencapai kecepatan 5 kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Menurut perusahaan, perjanjian baru antara ESA dengan Badan Antariksa Inggris yang tergabung dalam kemitraan BAE System akan mulai melakukan pengujian ini pada tahun 2020. Saat ini mereka telah memperoleh bantuan dana sebesar $ 66 juta dari pemerintah Inggris dengan lebih dari $ 55 juta nya didapat dari Badan Antariksa Inggris dan ESA bertindak pada bagian akhir.


Mesin Pesawat Hypersonic Sabre

Revolusi Pesawat Hypersonic Sabre ini bisa memungkinkan pesawat untuk lepas landas dari landasan pacu dengan mempercepat kecepatan hingga lima kali kecepatan suara sebelum beralih ke model roket untuk sampai ke orbit.

Pesawat Hypersonic Sabre ini juga dapat membawa satelit ke luar angkasa dari sebagian kecil dari biaya ini. "Kami sudah mendapat dukungan yang berharga dari ESA dan UKSA, Kesepakatan ini membuat kepercayaan dari kami bertambah untuk menciptakan revolusi dalam teknologi pesawat," kata Mark Thomas, Chief Executive Officer of Reaction Engines Ltd.

"Kami sekarang memasuki fase yang menarik dimana kita dapat mempercepat laju pembangunan untuk mendapatkan Sabre untuk beroperasi," kata Thomas lebih lanjut.

Pada saat ini, roket harus membawa oksigen cair dan hidrogen cair untuk daya mereka dan memerlukan biaya yang sangat mahal.

Namun pada mesin baru ini dapat menciptakan oksigen cair sendiri dengan pendingin udara yang masuk mesin dari 1000 ° C sampai minus 150 ° C dalam seperatus detik dalam sekejap mata tanpa membuat penyumbatan es.

Hal ini memungkinkan mesin berjalan dengan aman pada daya jauh dan tinggi daripada yang ada sekarang, tanpa resiko panas dan pecah.


Pesawat Supersonic Sabre

Desain mesin pesawat dikenal dengan nama Sabre. Bisa dipasang pada pesawat penumpang dengan jet Mach 5 yang sering disebut Lapcat yang bisa mengurangi jam terbang secara dramatis.

Mach 5 adalah sekitar dua setengah kali lebih cepat dari kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh pesawat Corcode dan ini bisa menjadi lompatan besar dalam dunia penerbangan lebih cepat untuk masa-masa mendatang.

Sementara pada pesawat normal yang ada saat ini jarak jauh penerbangan sekitar 35.000. Tetapi Lapcat bisa terbang setinggi 92.000ft dengan kecepatan hingga 4.000mph. Ini berarti pesawat dapat melakukan perjalanan ke orbit selama sekitar 36 jam yang digunakan untuk meluncurkan satalit misalnya.

"Kami ingin Inggris menjadi tempat terbaik di Eropa untuk berinovasi dan mesin Sabre memiliki potensi untuk mengubah perjalanan udara dan ruang ankasa," kata Catherine Courtney, Chief Executive Officer, UK Space Agency.

Bagaimmana Pesawat Hypersonic Sabre Bekerja?

Roket Sabre

Revolusi Mesin Sabre bisa memungkinkan pesawat untuk lepas landas dari landasan pacu dengan kecepatan 5 kali lebih cepat dari kecepartan suara.

Mesin Sabre bekerja dengan membakar udara atsmosfer di ruang pembakaran. Ia kemudian menggunakan panas untuk turbo mesin.

Pada saat ini roket harus membawa oksigen cair dan hidrogen cair untuk daya mereka dan itu membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Mesin Pesawat Supersonic Sabre

Mesin Sabre menciptakan oksigen cair sendiri oleh pendingin udara yang masuk ke mesin dari 1000 ° C hingga minus 150 ° C dalam seperatus detik. 

Ini mesin kelas baru dalam kedirgantaraan yang dirancang untuk membuat pesawat beroperasi dan berhenti dilandasan pacu dengan kecepatan lebih dari lima kecepatan suara  di atsmosfer.

Hal ini kemudian dapat transisi ke mode operasi roket, yang memungkinkan pesawat bisa mencapai kecepatan tertinggi yang setara dengan 25 kali lebih cepat dari kecepatan suara


Pesawat Supersonic Sabre

Tim berencana untuk memproduksi model akhir Pesawat Hypersonic Sabre  pada akhir dekade ini, walaupun untuk desain pesawat penumpang masih membutuhkan waktu 20 tahun lagi. 

Sumber: DaliyMail


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook