HEWAN INI DAPAT BERUMUR PANJANG HINGGA 11.000 TAHUN

Hewan Ini Dapat Berumur Panjang Hingga 11.000 Tahun 


Spesies Spons di laut dalam Monorhaphis Chuni dapat berumur panjang hingga 11.000 tahun lamanya. 

Paus Kepala Busur

Mahessa83 -Di dunia ini banyak sekali mahluk hidup yang berusia sangat panjang. Jika hidup rata-rata dari manusia secara global adalah 71 tahun itu belumlah seberapa jika di bandingkan dengan hewan-hewan Berumur Panjang di bawah ini yang bisa hidup hingga usia 11.000 tahun lamanya.

Menurut Marah J. Hardt penulis buku Sex in the Sea: Our Intimate Connection With Sex-Changing Fish, Romantic Lobsters, Kinky Squid and Older Salty Erotica of the Deep menyatakan bahwa Spons juga adalah hewan, dan dari sebagian mereka dapat berumur panjang. Perkiraan usia Spons sangat bervariasi, tetapi seringkali hingga berusia ribuan tahun. 

Spons

Study yang dilakukan Journal Aging Research Review mencatat bahwa spesies Spons di laut dalam Monorhaphis Chuni dapat berumur panjang hingga 11.000 tahun lamanya.

Sementara itu Ming, Kerang Quahog dapat hidup hingga 507 tahun ketika para peneliti mencoba mengangkatnya dari sebuah perairan di Islandia. Rentang hidup Kerang Quahog bisanya hanya dapat bertahan hidup selama 225 tahun. 

Beberapa ikan laut dalam lainnya seperti Orange Roughy menurut buku Sexuality in Fishes dapat bertahan hidup hingga 175 tahun.

Sedangkan pada hewan mamalia, Paus Kepala Busur tanpaknya merupakan mamalia laut yang dapat berumur panjang. Hewan ini diperkirakan dapat hidup hingga 200 tahun lamanya.

Menurut Don More, Direktur Kebun Binatang Oregon di Portland negara bagian Oregan menjelaskan bahwa hal demikian bisa terjadi karena mamalia laut ini hidup dilaut dalam yang bersuhu dingin. Lingkungan dingin menyebabkan suhu tubuh menjadi rendah yang artinya dapat membuat metabolisme tubuh melambat sehingga kerusakan terhadap jaringan tubuh menjadi berkurang.

Hewan Darat Berumur Panjang


Kura-kura Aldabra Raksasa

Saat ini Hewan Darat Berumur Panjang yang diketahui adalah Jontahan, Kura-Kura Aldabra Raksasa berumur 183 tahun yang hidup di St. Helena, Sebuah pulau yang berada di lepas pantai Afrika Barat.

Menurut Kurator Burung Museum Burke di Seattle, John Klicka mengatakan bahwa Burung Liar yang diketahui adalah Wisdom, Burung Albatros Lysan yang telah berusia 65 tahun. Umur panjang Wisdom ini mematahkan argumentasi para ilmuwan yang menyakini bahwa spesies burung hanya mampu bertahan hidup hingga usia 40 tahun saja, Bukan hanya itu di usia yang lebih dari setengah abad, Wisdom masih mampu bertelur dan membesarkan anak-anaknya.

"Burung-burung besar seperti Albartos cenderung dapat bertahan hidup lebih lama sehingga mereka agak lambat untuk cepat menjadi dewasa dan juga berkembang biak menjadi lebih jarang,"  kata Klicka. Sedangkan pada burung-burung kecil bisa dikatakan lebih beruntung walaupun hanya mampu bertahan hidup selama 5 tahun di alam liar tetapi mereka lebih cepat untuk menjadi dewasa dan berkembang biak untuk menghasilkan keturunan sebanyak mungkin.


sumber:national geograhic      


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook